Minggu, 21 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Waduh, Jumlah Penderita Difteri Terus Bertambah

Setelah 9 Orang Terjangkit dan Dua Anak Tewas, Dua Remaja Dinyatakan Positif

Angga Purwanda

Rabu, 13 Desember 2017 - 07:23 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - PENYAKIT difteri masih menghantui warga Cianjur. Terbaru, dua orang remaja harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi Anggrek, RSUD Sayang Cianjur, setelah dinyatakan positif difteri.

Mereka adalah Via (17) warga asal Kampung Cisarua Cibodas Pacet yang mulai dirawat sejak Sabtu (9/12/2017) lalu, dan Sandi (16) warga Cikalongkulon yang mulai dirawat Senin (11/12/2017) malam.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Neneng Efa Fatimah mengatakan, temuan tersebut menambah catatan kasus difteri di Cianjur. Sebelumnya, terungkap tiga kasus difteri dengan sembilan orang yang terjangkit. Bahkan dua di antaranya meninggal dunia.

"Dengan ini, total ada 11 orang yang terjangkit dengan lima lokasi berbeda. Untuk yang di Cikadu itu paling banyak yang terjangkit, karena satu keluarga. Dua orang juga meninggal dan diduga karena difteri, sehingga kami masukan ke data kasus tersebut," ujar Neneng kepada wartawan, Selasa (12/12/2017).

Selain kasus tersebut, sambung Neneng, diduga ada anak usia tujuh tahun di Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur yang terjangkit difteri. Informasi tersebut didapat dari salah seorang dokter yang mendapati pasiennya memiliki gejala difteri.

"Untuk anak tersebut baru diperiksa dan kemungkinan difteri. Tapi sampai sekarang belum datang ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan atau pemeriksaan lebih lanjut," ungkapnya.

Menurutnya, gejala yang terlihat jika seseorang terkena difteri yakni adanya selaput putih di tenggorokan, serta flu yang berubah-ubah warna ingusnya. Bahkan lama-kelamaan, selaput dan ingus itupun berganti dengan darah.

"Kalau gejala awal kan demam, batuk dan flu. Tapi itu juga belum bisa dipastikan, sebab penyakit lain pun begitu. Makanya bisa dilihat pasti dari selaput dan ingus saat flu," katanya.

Neneng menuturkan, penularan difteri sangat cepat termasuk sekadar mengobrol dan lainnya. Oleh karena itu, jika ada keluarga yang anggotanya terjangkit difteri, maka harus menjalani penyuntikan vaksin sebab dikhawatirkan ikut tertular.

Dengan banyaknya kasus tersebut, baik di nasional termasuk di Cianjur, pihaknya mendorong warga untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat. "Selain sehat tubuh, perlu dijaga juga diperhatikan kesehatan lingkungannya. Dengan begitu, bisa dicegah penyebaran difteri,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia menyebutkan, temuan kasus difteri keempat di 2017 ini, diketahui setelah dua orang warga dari beda kecamatan datang ke RSUD Cianjur, beberapa hari lalu. Setelah diperiksa, keduanya menunjukkan gejala difteri dan langsung ditangani secara serius di ruang isolasi Anggrek.

"Sekarang sudah di ruang isolasi, dengan penanganan serius dan ditempatkan dokter khusus," ujar Ratu kemarin.

Menurutnya, sudah ada beberapa pasien difteri yang ditangani di RSUD Cianjur. Rata-rata mereka bisa dinyatakan sembuh setelah lima sampai sepekan ditangani. Namun secara berkala, mereka melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Penyembuhan tergantung dari tingkat daya tahan tubuh pasien, kalau baik biasanya lima hari sudah bisa sembuh,” tutupnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:50 WIB

Bulan Ini, Pasien Difteri Capai 15 Orang

PASIEN Difteri yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Cianjur jumlahnya terus bertambah. Sejak awal 2018, jumlah pasien penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi di selaput lendir hidung…

Aktualita 18/01/2018 08:00 WIB

Soal Limbah RSUD, Wabup Bohong

TUDINGAN pihak RSUD Sayang Cianjur melalui Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menyebutkan permasalahan menumpuknya limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) itu gara-gara kesalahan pihak…

Cianjur Euy 18/01/2018 00:01 WIB

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 17/01/2018 21:12 WIB

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 17/01/2018 21:11 WIB

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…