Minggu, 21 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Polres Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Kerawanan Terorisme

Libatkan Masyarakat dan Seluruh Fungsi Satuan Untuk Deteksi Dini

Angga Purwanda

Rabu, 13 Desember 2017 - 22:37 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KEPOLSIAN Resor (Polres) Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur. Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, kepada wartawan, belum lama ini.

Soliyah menyebutkan, berbagai upaya antisipasi dan pencegahan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur terus dimaksimalkan. Karena, ucap orang nomor satu di Polres Cianjur itu, Kabupaten Cianjur merupakan satu di antara daerah yang memiliki catatan terkait aksi maupun pelaku terorisme.

Sejumlah upaya antisipasi dan pencegehan itu, jelas Soliyah, di antaranya berkoordinasi dengan Detasemen Khusus (Densus)  88 Mabes Polri dan membentuk jaringan intelijen di sejumlah titik atau daerah yang memiliki kerawanan adanya sel-sel teroris.

“Kami tetap melakukan koordinasi dengan Densus 88 Mabes Polri, untuk mendapatkan informasi akurat terkait keberadaan sel teroris di wilayah Cianjur. Dan yang lebih utama kami juga memaksimalkan seluruh fungsi  dan satuan di lingkungan Polres Cianjur dalam melakukan deteksi dini terkait jaringan tersebut,” jelas Kapolres perempuan pertama di lingkungan Polda Jawa Barat itu.

Upaya peningkatan antisipasi dan pengawasan itu, kata Soliyah, juga dilakukan dengan mengimbau masyarakat untuk ikut terlibat dalam meningkatkan deteksi dini dan antisipasi setiap gerakan yang dicurigai bagian dari jaringan terorisme.

“Masyarakat pun, kami imbau untuk ikut bersama mengantisipasi, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap setiap gerakan yang mengarah pada aksi terorisme di wilayah Kabupaten Cianjur,” katanya.

Dengan berbagai upaya itu, sambung Soliyah, hingga kini jajarannya belum mendapatkan adanya laporan kerawanan terorisme yang kemungkinan terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur.

“Untuk tingkat kerawanan terorisme hingga kini belum ada laporan, namun kami tak akan diam dan akan terus memastikan jika jaringan terorisme di Cianjur sudah benar-benar tidak ada. Jangan sampai, seperti api dalam sekam,” ucapnya.

Sebelumnya, ratusan personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Salah satu fokus pengamanan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang, adalah Gereja Lembah Karmel di Kecamatan Sukaresmi.

“Kami akan fokuskan pengamanan gereja-gerja yang ada di wilayah hukum Cianjur, pada malam Natal, meskipun tingkat kerawanan di wilayah tersebut selama ini kecil terjadi,” kata Soliyah.

Namun berdasarkan pendataan pihaknya, jemaat terbanyak akan memenuhi kawasan Lembah Karmel dengan jumlah jemaat mencapai ribuan orang yang akan datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek dan luar pulau.

"Kami akan tempatkan anggota di masing-masing gereja yang akan menggelar natal, meskipun fokus pengamanan akan dilakukan di Gereja Lembah Karmel. Termasuk kami juga akan berkordinasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan," katanya.

Dia menjelaskan, untuk pengamanan jalur selama pelaksanaan Natal dan Tahun Baru, pihaknya pun, akan menyiagakan sejumlah pos pam di beberapa titik rawan kemacetan, guna mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi macet total.

"Termasuk juga posko di lokasi wisata yang banyak dikunjungi pendatang dan wisatawan yang akan menghabiskan libur panjang hari raya di wilayah Puncak-Cipanas. Kami juga akan memanmtau kantong parkir yang selama ini menjadi faktor terjadinya antrian," katanya.

Ditanya terkait isu intolerasi yang marak menyebar belakangan ini, pihaknya menyebutkan tidak ada di Cianjur. Namun pihaknya tetap menyebar anggota untuk memantau tingkat kerawanan yang dapat menyebabkan perpecahan ditengah warga.

"Kami sudah menyebar anggota untuk memantau dan mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi dan jangan sampai terjadi. Disetiap pertemuan saya selalu meminta anggota dan warga untuk tidak terpancing dengan berbagai isu yang menyesatkan," katanya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Aktualita 18/01/2018 08:10 WIB

BPLHD dan Penyidik Polda Jabar Datangi RSUD, Ada Apa?

SEGUDANG masalah terjadi di RSUD Sayang Cianjur. Tak hanya soal limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dibiarkan menumpuk di ruangan terbuka, namun juga terdapat dua masalah besar lainnya yang hingga…

Aktualita 18/01/2018 08:05 WIB

Ini Pembohongan Publik, Wajib Diusut Tuntas

TERUNGKAPNYA kebohongan pernyataan pihak RSUD melalui Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menyebutkan permasalahan menumpuknya limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) itu gara-gara kesalahan…

Aktualita 18/01/2018 08:00 WIB

Soal Limbah RSUD, Wabup Bohong

TUDINGAN pihak RSUD Sayang Cianjur melalui Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menyebutkan permasalahan menumpuknya limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) itu gara-gara kesalahan pihak…

Cianjur Euy 18/01/2018 00:01 WIB

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 17/01/2018 21:12 WIB

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 17/01/2018 21:11 WIB

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…