Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Polres Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Kerawanan Terorisme

Libatkan Masyarakat dan Seluruh Fungsi Satuan Untuk Deteksi Dini

Angga Purwanda

Rabu, 13 Desember 2017 - 22:37 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KEPOLSIAN Resor (Polres) Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur. Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, kepada wartawan, belum lama ini.

Soliyah menyebutkan, berbagai upaya antisipasi dan pencegahan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur terus dimaksimalkan. Karena, ucap orang nomor satu di Polres Cianjur itu, Kabupaten Cianjur merupakan satu di antara daerah yang memiliki catatan terkait aksi maupun pelaku terorisme.

Sejumlah upaya antisipasi dan pencegehan itu, jelas Soliyah, di antaranya berkoordinasi dengan Detasemen Khusus (Densus)  88 Mabes Polri dan membentuk jaringan intelijen di sejumlah titik atau daerah yang memiliki kerawanan adanya sel-sel teroris.

“Kami tetap melakukan koordinasi dengan Densus 88 Mabes Polri, untuk mendapatkan informasi akurat terkait keberadaan sel teroris di wilayah Cianjur. Dan yang lebih utama kami juga memaksimalkan seluruh fungsi  dan satuan di lingkungan Polres Cianjur dalam melakukan deteksi dini terkait jaringan tersebut,” jelas Kapolres perempuan pertama di lingkungan Polda Jawa Barat itu.

Upaya peningkatan antisipasi dan pengawasan itu, kata Soliyah, juga dilakukan dengan mengimbau masyarakat untuk ikut terlibat dalam meningkatkan deteksi dini dan antisipasi setiap gerakan yang dicurigai bagian dari jaringan terorisme.

“Masyarakat pun, kami imbau untuk ikut bersama mengantisipasi, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap setiap gerakan yang mengarah pada aksi terorisme di wilayah Kabupaten Cianjur,” katanya.

Dengan berbagai upaya itu, sambung Soliyah, hingga kini jajarannya belum mendapatkan adanya laporan kerawanan terorisme yang kemungkinan terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur.

“Untuk tingkat kerawanan terorisme hingga kini belum ada laporan, namun kami tak akan diam dan akan terus memastikan jika jaringan terorisme di Cianjur sudah benar-benar tidak ada. Jangan sampai, seperti api dalam sekam,” ucapnya.

Sebelumnya, ratusan personel dari Kepolisian Resor (Polres) Cianjur akan disiagakan di setiap gereja di Kabupaten Cianjur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Salah satu fokus pengamanan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang, adalah Gereja Lembah Karmel di Kecamatan Sukaresmi.

“Kami akan fokuskan pengamanan gereja-gerja yang ada di wilayah hukum Cianjur, pada malam Natal, meskipun tingkat kerawanan di wilayah tersebut selama ini kecil terjadi,” kata Soliyah.

Namun berdasarkan pendataan pihaknya, jemaat terbanyak akan memenuhi kawasan Lembah Karmel dengan jumlah jemaat mencapai ribuan orang yang akan datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek dan luar pulau.

"Kami akan tempatkan anggota di masing-masing gereja yang akan menggelar natal, meskipun fokus pengamanan akan dilakukan di Gereja Lembah Karmel. Termasuk kami juga akan berkordinasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan," katanya.

Dia menjelaskan, untuk pengamanan jalur selama pelaksanaan Natal dan Tahun Baru, pihaknya pun, akan menyiagakan sejumlah pos pam di beberapa titik rawan kemacetan, guna mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi macet total.

"Termasuk juga posko di lokasi wisata yang banyak dikunjungi pendatang dan wisatawan yang akan menghabiskan libur panjang hari raya di wilayah Puncak-Cipanas. Kami juga akan memanmtau kantong parkir yang selama ini menjadi faktor terjadinya antrian," katanya.

Ditanya terkait isu intolerasi yang marak menyebar belakangan ini, pihaknya menyebutkan tidak ada di Cianjur. Namun pihaknya tetap menyebar anggota untuk memantau tingkat kerawanan yang dapat menyebabkan perpecahan ditengah warga.

"Kami sudah menyebar anggota untuk memantau dan mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi dan jangan sampai terjadi. Disetiap pertemuan saya selalu meminta anggota dan warga untuk tidak terpancing dengan berbagai isu yang menyesatkan," katanya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…