Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Cegah Difteri dengan Imunisasi

Antisipasi Penularan dari Penderita, Wartawan di Cianjur Divaksin DTP

Angga Purwanda

Kamis, 14 Desember 2017 - 06:22 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah menegaskan, warga Cianjur harus meningkatkan kesadaran imunisasi anaknya secara lengkap.

Efa mengatakan, temuan difteri tahun ini didominasi dari wilayah yang masyarakatnya belum sadar imunisasi. Menurutnya, dengan imunisasi penyakit berbahaya seperti difteri bisa diantisipasi.

Selain mengimbau kepada masyarakat umum, Dinkes Cianjur pun merangkul para jurnalis di Cianjur untuk melakukan vaksin difteri, tetanus dan pertusis (DTP) secara gratis, di Klinik Citra Medika, Jalan KH Hasyim Ashari, Warujajar, Cianjur, Rabu (13/12/2017).

Pemberian fasilitas terhadap para wartawan cetak dan elektronik di Cianjur tersebut, sambung Efa, dilakukan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para jurnalis, serta menjadikan jurnalis di Cianjur sebagai contoh positif dalam meningkatkan kesehatan.

"Tentunya ini jadi langkah baik, jurnalis menjadi contoh dan penggerak masyarakat untuk sadar vaksin,terutama untuk anak-anaknya. Mereka yang berada di lingkungan dimana ditemukan difteri,sangat perlu supaya mencegah penularan,"  kata Efa yang juga pemilik klinik itu.

Sementara itu, Ikbal Slamet, seorang wartawan media cetak lokal di Cianjur mengaku, ia beserta rekan-rekan lainnya menjalani vaksin setelah dianjurkan oleh petugas Dinkes Cianjur. Terlbih belakangan ini, para awak media tengah gencar melakukan peliputan kasus difteri, yakni virus yang mudah menular.

"Ini sebagai langkah antisipasi, mengingat wartawan di Cianjur melakukan peliputan dengan korban dan keluarga korban difteri. Kebetulan dari pihak medis yang juga Kabid di Dinkes Cianjur terbuka dan memfasilitasi wartawan untuk divaksin," kata Ikbal di sela-sela kegiatan vaksin.

Menurutnya, tidak jarang wartawan yang kurang mengantisipasi atau menjaga diri dari dampak liputan.Oleh karena itu, wartawan di Cianjur mulai didorong untuk sadar mencegah kemungkinan buruk tersebut.

"Makanya ketika ada kesempatan ini kami langsung mengiyakan, setidaknya bisa mencegah penularan setelah melakukan kontak dengan keluarga atau melakukan peliputan di lingkungan korban difteri," tutupnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Muhammad Zimaam Hanya Bisa Berbaring Diatas Tempat Tidur

Muhammad Zimaam (2) putra pasangan suami istri (pasutri) Ririn Saprina (33) dan Irawan Kusuma Atmaja (34) warga Jalan Mayor Harun Kabir No. 4, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur hanya bisa tergolek…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan…

Cianjur Euy 6 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

KAPOLRES Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, memimpin upacara serah terima jabatan dan kenal pamit Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Cianjur, Rabu (17/1/2018) pagi. Kegiatan yang digelar di Aula Amanah, Primkopol…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:47 WIB

Pekan Depan, Trayek Angkum Baru Diterapkan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur, pekan depan akan mulai memberlakukan sistem satu arah di sejumlah ruas jalan di dalam kota Cianjur dan trayek angkutan umum (Angkum, red) baru. Hal itu dilakukan…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:45 WIB

30 Persen DD Dialokasikan Untuk Padat Karya

UNTUK meningkatkan perekonomian masyarakat, sebesar 30 persen Dana Desa (DD) tahun ini harus dialokasikan untuk program padat karya. Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa…

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.