Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Warga Gotongroyong Bangun Pagar Kecamatan

Apip Samlawi

Kamis, 14 Desember 2017 - 22:02 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

Beritacianjur.com - DIJAMAN kiwari, gotongroyong masyarakat membangun fasilitas untuk pemerintahan di daerah setingkat Kecamatan atau Desa, bisa dikatakan sangat jarang terjadi.

Terlebih setelah banyak kucuran dana  bantuan dari pihak pemerintah Pusat, Provinsi mapun dari Pemerintahan kabupaten.

Tapi tidak begitu dengan wilayah Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Warga di sekitar kantor Kecamatan Ciranjang didapati kemarin ini menggelar giat gotong royong membangun pagar depan kantor Kecamatan Ciranjang.

Ya, pembangunan pagar dengan ukuran 30 meter, lebar 40 Cm dan tinggi 1,2 meter, itu  dikerjakan dengan cara gotongroyong warga Kampung Pasir Honje, Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang. Tentu saja hal itu membuat heran warga sekitar karena, Kantor Kecamatan merupakan kantor milik pemerintah.

Tokoh masyarakat Kampung Pasir Honje, yang akrab disapa Kang Oyeng menerangkan, pembangunan pagar depan Kantor Kecamatan Ciranjang dengan ukuran 30 meter, lebar 40 Cm dan tinggi 1,2 meter, itu seluruhnya dibiayai pihaknya dan dikerjakan dengan cara gotong royong.

Secara kebetulan, jelasnya, Kantor Kecamatan Ciranjang tersebut berlokasi di perbatasan Kampung Pasir Honje dengan Kampung Andir Desa Cibiuk, hingga warga Kampung Pasir Honje rasa memiliki terhadap Kantor tersebut cukup tinggi juga sekaligus memberikan suatu kenangan terhadap Camat Ciranjang, Saepul Anwar yang konon katanya sebentar lagi akan pindah.

"Dana untuk pemagaran dan pembangunan drainase di depan Kantor Kecamatan Ciranjang, itu sebahagian besar dari saya, ditambah donatur warga setempat,"aku Kang Oyeng kepada wartawan kemarin, Selasa (12/12).

Sementara itu, Camat Ciranjang Saepul Anwar saat dkonfirmasi soal ini mengaku pihaknya sama sekali tidak mengetahui dari mana sumber dana yang digunakan warga untuk membangun pagar kantor Kecamatan tersebut.

"Tidak tahu mereka dapat dari mana. Hanya saja sebelum pembangunan dilakukan Kang Oyeng sempat datang ke kantor,  mohon izin akan membangun pagar beserta  drainase kantor Kecamatan,"ujar Saepul Anwar.

Dengan adanya itu, ia berucap terimakasih pada kang Oyeng beserta seluruh warga Kampung Pasir Honje dan sekitarnya yang telah peduli membangun pagar dan drainase depan Kantor Kecamatan Ciranjang.

"Semoga saja semua itu bermanfaat dan bisa menjadi motifasi untuk seluruh warga Kecamatan Ciranjang, hingga mampu melaksanakan gotongroyong, "ucapnya (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 15 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 15 jam yang lalu

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.