Selasa, 19 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Waspada, Rampas Motor Ngaku Polisi

Dua Pelaku Berhasil Diciduk, Satu Orang Lagi Masih Buron

Angga Purwanda

Jumat, 15 Desember 2017 - 08:22 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - MENGAKU sebagai anggota polisi dalam setiap aksinya, dua pelaku perampasan sepeda motor berinisial T dan DR akhirnya berhasil diciduk jajaran Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polsek Pacet.Sedangkan satu orang lagi berinisial D, hingga saat ini masih dalam pengejaran.

Berdasarkan informasi, penangkapan dua dari tiga orang tersangka itu, berawal dari adanya laporan masyarakat tentang adanya aksi perampasan satu unit sepeda motor  jenis matik, di Jalan Raya Sindanglaya, Kampung Babakan Cisarua, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Senin (14/11/2017) lalu.

Diketahui, para pelaku merupakan residivis dengan kasus serupa. Pelaku berinisial T dan DR berhasil diciduk pada Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 16.30 Wib, sementara D masih buron.

Panit Reskrim Polsek Pacet, Ipda Yosua Farin mengatakan, penangkapan para pelaku berawal dari adanya laporan pada November 2017, dimana sepeda motor milik salah seorang warga Cipanas dirampas oleh sejumlah orang.

Dijelaskan Yosua, ketika korban melintas Jalan Raya Sindanglaya, tiba-tiba sebuah angkutan umum (angkum) jurusan Cianjur-Cipanas bernomor polisi F-1942-ZF memepet dan menghentikan korban.

Kemudian dua pelaku berinisial D dan DR yang berada dalam angkum menghampiri korban. Salah seorang pelaku pun mengaku sebagai aparat kepolisian, namun tidak mengenakan seragam.

"Jadi dari dua pelaku yang menghampiri korban, salah satunya mengaku sebagai aparat dan menanyakan surat-surat kendaraan milik korban," jelas Yosua, kepada wartawan, Kamis (14/12/2017).

Korban yang curiga jika pelaku bukan aparat, terlebih karena tidak mengenakan seragam atau berpakaian preman itupun menolak memberikan surat kendaraannya. Hal tersebut memicu cekcok antara korban dengan pelaku, hingga akhirnya kedua pelaku memukuli korban.

Namun, pelaku lainnya yang berinisial T menghentikan pemukulan tersebut dan mengatakan jika urusan tersebut lebih baik diselesaikan di pos. Pelaku pun meminta kunci sepeda motor korban secara paksa.

"Setelah diminta, pelaku membawa sepeda motor korban dan kabur beserta angkumnya. Sementara korban ditinggal di lokasi kejadian," ucap Yosua.

Mendapat laporan tersebut, jajaran Polsek Pacet pun melakukan penyelidikan dan berhasil membekuk T pada bulan November. Tidak sampai di situ, dari hasil pengembangan, tersangka lainnya yakni DR juga berhasil diamankan pada 13 Desember 2017 lalu di wilayah Cugenang.

"Untuk seorang pelaku lagi, yakni D saat ini masih buron. Kami masih terus melakukan pencarian," tutupnya.

Ditanya terkait kendaraan yang digunakan pelaku saat beraksi, Yosua menerangkan, angkum tersebut merupakan milik orang lain, di mana saat kejadian pelaku tengah menjadi sopir tembak dari sopir aslinya. "Untuk pasal yang dikenakan ialah 365 sub 368 KUHP," tutupnya.(*)

KRONOLOGIS:

  • November lalu, korban yang tengah mengendarai sepeda motor di Jalan Raya Sindanglaya, tiba-tiba dikagetkan dengan angkutan umum (angkum) jurusan Cianjur-Cipanas, bernomor polisi F-1942-ZF memepet dan menghentikan kendaraannya.
  • Dua pelaku berinisial D dan DR yang berada dalam angkum, langsung menghampiri korban. Salah seorang pelaku yang mengaku sebagai aparat kepolisian, berpura-pura menanyakan surat-surat kendaraan milik korban.
  • Korban yang curiga karena pelaku tak berseragam polisi, menolak memberikan surat kendaraannya. Akhirnya terjadilah cekcok dan kedua pelaku memukuli korban.
  • Saat cekcok, tiba-tiba pelaku lainnya berinisial T menghentikan pemukulan tersebut dan mengatakan jika urusan tersebut lebih baik diselesaikan di pos. Pelaku pun meminta kunci sepeda motor korban secara paksa.
  • Setelah diminta, pelaku membawa sepeda motor korban dan kabur beserta angkumnya. Sementara korban ditinggal di lokasi kejadian.
  • Setelah kejadian, kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan berhasil membekuk T pada November.
  • Pelaku berinisial DR berhasil diringkus pada 13 Desember 2017 lalu di wilayah Cugenang. Sedangkan T hingga saat ini masih buron.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…