Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

Angga Purwanda

Jumat, 15 Desember 2017 - 16:22 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.

Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH di Mapolres Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Kapolres perempuan pertama di lingkungan Polda Jawa Barat itu menyebutkan peningkatan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba itu dilakukan agar perayaan Tahun Baru 2018 di wilayah hukum Polres Cianjur dapat berjalan kondusif.

"Tak hanya peredaran dan penggunaan narkoba yang menjadi fokus kami, tapi berbagai potensi yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru kami lakukan antisipasi," ungkap Soliyah.

Soliyah menuturkan, jajarannya juga telah berhasil mengamankan empat orang pengguna dan narkoba jenis sabu-sabu di lokasi berbeda.

Tiga diantaranya, jelas Soliyah melakukan transaksi narkoba bernilai jutaan rupiah dengan sistem transfer kepada pelanggan mereka di Cianjur.

"Ketiga pelaku pertama yakni IH (18), RB (25), dan AS (42) ditangkap setelah adanya pengembangan kasus di hari yang sama. Ketiganya berada dalam satu jaringan yang sama dalam pengedaran narkoba di wilayah hukum Polres Cianjur," katanya.

Ia menjelaskan, tersangka IH menjadi yang pertama kali ditangkap di kontrakannya. Bersama penangkapan tersebut, ditemukan 1 paket plastik bening berisi narkoba sebanyak 17,81 gram dan 1 unit ponsel.

Di hari yang sama, kepolisian melakukan pengembangan dan berhasil menangkap RB tidak jauh dari lokasi pertama. Ditemukan barang bukti narkoba sebanyak 21,79 gram yang sudah dikemas dalam plastik bening, total keseluruhan narkoba tersebut mencapai 36 paket.

”Kalau satu lagi AS, ditangkap setelah pengembangan lanjutan tidak jauh dari dua lokasi sebelumnya. Dia punya 4 paket shabu yang dibungkus plastik bening sebanyak 1,34 gram. Modus transaksinya sama, karena mereka satu komplotan,” ujarnya.

Soliyah mengatakan, ketiganya merupakan pemain lama yang kerap mengedarkan narkoba setelah transfer pembayaran selesai. Menurut dia, barang akan disimpan di suatu tempat yang dijanjikan, untuk kemudian diambil oleh pembeli. Ia juga menegaskan, jika ketiganya sudah masuk dalam daftar target pengejaran polisi.

Atas tindakan tersebut, ketiganya akan dikenakan Pasal 114 gram ayat 2 jo 112 ayat 2 UU Narkoba dengan maksimal kurungan seumur hidup atau hukuman mati.

Sementara itu, satu orang pelaku perseorangan juga berhasil diamankan, yakni ASS. Dalam penangkapan, ditemukan barang bukti berupa narkoba sebanyak 0,25 gram.

Soliyah mengungkapkan, bahwa ASS bukan merupakan bagian dari komplotan tiga pelaku sebelumnya.

”Kalau kasus ASS, kami akan memperdalam lebih jauh lagi. Apakah ada jaringan yang lebih besar lagi,” katanya.

Rata-rata satu gram shabu dijual seharga Rp 1,2 juta, maka jika diuangkan, 40 gram shabu yang diamankan setara dengan lebih dari Rp 40 juta.

Ia juga mengatakan, atas tindakan ASS, pelaku dikenakan Pasal 114 ayat 1 UU Narkoba karena kepemilikan narkoba di bawah 5 gram.

Satnarkoba sendiri, akan terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap jaringan-jaringan yang lain berdasarkan temuan-temuan terdahulu.

"Jajaran kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin, untuk mencari dan mendapatkan lagi pelaku-pelaku penyalahgunaan narkoba. Karena pastinya di luar ada bandar yang lebih besar lagi,” ujarnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…