Rabu, 22 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Jelang Tahun Baru Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan Peredaran dan Penggunaan Narkoba

Angga Purwanda

Jumat, 15 Desember 2017 - 16:22 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur meningkatkan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mendatang.

Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH di Mapolres Cianjur, Jumat (15/12/2017).

Kapolres perempuan pertama di lingkungan Polda Jawa Barat itu menyebutkan peningkatan pengawasan peredaran dan penggunaan narkoba itu dilakukan agar perayaan Tahun Baru 2018 di wilayah hukum Polres Cianjur dapat berjalan kondusif.

"Tak hanya peredaran dan penggunaan narkoba yang menjadi fokus kami, tapi berbagai potensi yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru kami lakukan antisipasi," ungkap Soliyah.

Soliyah menuturkan, jajarannya juga telah berhasil mengamankan empat orang pengguna dan narkoba jenis sabu-sabu di lokasi berbeda.

Tiga diantaranya, jelas Soliyah melakukan transaksi narkoba bernilai jutaan rupiah dengan sistem transfer kepada pelanggan mereka di Cianjur.

"Ketiga pelaku pertama yakni IH (18), RB (25), dan AS (42) ditangkap setelah adanya pengembangan kasus di hari yang sama. Ketiganya berada dalam satu jaringan yang sama dalam pengedaran narkoba di wilayah hukum Polres Cianjur," katanya.

Ia menjelaskan, tersangka IH menjadi yang pertama kali ditangkap di kontrakannya. Bersama penangkapan tersebut, ditemukan 1 paket plastik bening berisi narkoba sebanyak 17,81 gram dan 1 unit ponsel.

Di hari yang sama, kepolisian melakukan pengembangan dan berhasil menangkap RB tidak jauh dari lokasi pertama. Ditemukan barang bukti narkoba sebanyak 21,79 gram yang sudah dikemas dalam plastik bening, total keseluruhan narkoba tersebut mencapai 36 paket.

”Kalau satu lagi AS, ditangkap setelah pengembangan lanjutan tidak jauh dari dua lokasi sebelumnya. Dia punya 4 paket shabu yang dibungkus plastik bening sebanyak 1,34 gram. Modus transaksinya sama, karena mereka satu komplotan,” ujarnya.

Soliyah mengatakan, ketiganya merupakan pemain lama yang kerap mengedarkan narkoba setelah transfer pembayaran selesai. Menurut dia, barang akan disimpan di suatu tempat yang dijanjikan, untuk kemudian diambil oleh pembeli. Ia juga menegaskan, jika ketiganya sudah masuk dalam daftar target pengejaran polisi.

Atas tindakan tersebut, ketiganya akan dikenakan Pasal 114 gram ayat 2 jo 112 ayat 2 UU Narkoba dengan maksimal kurungan seumur hidup atau hukuman mati.

Sementara itu, satu orang pelaku perseorangan juga berhasil diamankan, yakni ASS. Dalam penangkapan, ditemukan barang bukti berupa narkoba sebanyak 0,25 gram.

Soliyah mengungkapkan, bahwa ASS bukan merupakan bagian dari komplotan tiga pelaku sebelumnya.

”Kalau kasus ASS, kami akan memperdalam lebih jauh lagi. Apakah ada jaringan yang lebih besar lagi,” katanya.

Rata-rata satu gram shabu dijual seharga Rp 1,2 juta, maka jika diuangkan, 40 gram shabu yang diamankan setara dengan lebih dari Rp 40 juta.

Ia juga mengatakan, atas tindakan ASS, pelaku dikenakan Pasal 114 ayat 1 UU Narkoba karena kepemilikan narkoba di bawah 5 gram.

Satnarkoba sendiri, akan terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap jaringan-jaringan yang lain berdasarkan temuan-temuan terdahulu.

"Jajaran kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin, untuk mencari dan mendapatkan lagi pelaku-pelaku penyalahgunaan narkoba. Karena pastinya di luar ada bandar yang lebih besar lagi,” ujarnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…