Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Ratusan Umat Islam Cianjur Ikuti Aksi Bela Palestina

Mengencam Pernyataan Donald Trump dan Dukungan Untuk Palestina

Angga Purwanda

Minggu, 17 Desember 2017 - 23:12 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - RATUSAN Umat Islam di Kabupaten Cianjur berangkat mengikuti aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (17/12/2017). Mereka yang berangkat merupakan umat Islam dari berbagai kelompok dan organisasi yang ada di Tatar Santri.

Pantauan BeritaCianjur, ratusan Umat Islam yang mengikuti aksi Bela Palestina itu berangkat dengan menggunakan sejumlah bus dan kendaraan pribadi. Mereka berkumpul di beberapa titik, di antaranya seputaran perempatan BLK, Jalan KH Abdulah bin Nuh, dan Jalan Dr Muwadi (Bypass), Minggu (17/12/2017) dini hari.

Tak hanya, kaum laki-laki yang ikut dalam rombongan itu, sejumlah ibu-ibu majelis taklim pun ikut untuk dapat menyuarakan penolakan terkait kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Anggota Konsorsium Ormas Islam (KOI) Cianjur, Jamaludin, mengatakan, aksi yang diikuti bersama ratusan Umat Islam di Kabupaten Cianjur itu untuk mengecam pernyataan Donald Trump.

Pernyataan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan berencana untuk memindahkan kantor Kedutaan Besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, adalah pernyataan yang tidak bisa diterima.

“Kami berangkat dengan menggunakan sejumlah bus carteran, dan beberapa kendaraan pribadi. Dalam rombongan ini juga ikut Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur, Ahmad Yani,” kata Jamaludin, kepada wartawan, Minggu (17/12/2017) dini hari.

Jamaludin menyebutkan, aksi di Tugu Monas, Jakarta yang diikuti jutaan ribu Umat Islam dari seluruh Indonesia itu juga merupakan dukungan terhadap penjajahan Palestina oleh Israel.

“Agenda utama kami, untuk ikut menyerukan penolakan terhadap kebijakan Donald Trump yang menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan membela Palestina dari jajahan Israel,” ucapnya.

Sebelumnya, ribuan Umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017). Kegiatan itu digelar sebagai aksi protes terhadap kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang telah menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan dukungan untuk Palestina.

Sebelum menggelar istighosah, ribuan umat Islam di Cianjur itu berkumpul di Halaman Masjid Agung, Cianjur, Jalan Siti Jenab dan melakukan longmarch hingga ke lokasi istighosah dibawah pengawalan personel Kepolisian dari Polres Cianjur.

Sesampai di lokasi istighosah, ribuan massa itu langsung melakukan doa bersama untuk kelancaran aksi, dan kemerdekaan Palestina.

Fauzi (30), seorang massa aksi, mengatakan, ia dan ribuan umat Islam di Cianjur dan dunia mengutuk kebijakan yang telah diambil oleh Presiden negara adidaya tersebut.

"Kebijakan yang telah diambil Donald Trump telah menyakiti umat Islam di seluruh dunia," kata Fauzi kepada wartawan, saat ditemui disela-sela aksi.
Fauzi mendesak, agar Presiden Amerika Serikat itu dapat kembali mencabut kebijakan yang dinilai telah membuat ketegangan dunia.

"Dampak yang diambil tersebut, tentu sangat berdampak pada munculnya ketegangan dunia. Kami juga meminta kemerdekaan Palestina yang seutuhnya," ucapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…