Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ratusan Umat Islam Cianjur Ikuti Aksi Bela Palestina

Mengencam Pernyataan Donald Trump dan Dukungan Untuk Palestina

Angga Purwanda

Minggu, 17 Desember 2017 - 23:12 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - RATUSAN Umat Islam di Kabupaten Cianjur berangkat mengikuti aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (17/12/2017). Mereka yang berangkat merupakan umat Islam dari berbagai kelompok dan organisasi yang ada di Tatar Santri.

Pantauan BeritaCianjur, ratusan Umat Islam yang mengikuti aksi Bela Palestina itu berangkat dengan menggunakan sejumlah bus dan kendaraan pribadi. Mereka berkumpul di beberapa titik, di antaranya seputaran perempatan BLK, Jalan KH Abdulah bin Nuh, dan Jalan Dr Muwadi (Bypass), Minggu (17/12/2017) dini hari.

Tak hanya, kaum laki-laki yang ikut dalam rombongan itu, sejumlah ibu-ibu majelis taklim pun ikut untuk dapat menyuarakan penolakan terkait kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Anggota Konsorsium Ormas Islam (KOI) Cianjur, Jamaludin, mengatakan, aksi yang diikuti bersama ratusan Umat Islam di Kabupaten Cianjur itu untuk mengecam pernyataan Donald Trump.

Pernyataan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan berencana untuk memindahkan kantor Kedutaan Besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, adalah pernyataan yang tidak bisa diterima.

“Kami berangkat dengan menggunakan sejumlah bus carteran, dan beberapa kendaraan pribadi. Dalam rombongan ini juga ikut Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur, Ahmad Yani,” kata Jamaludin, kepada wartawan, Minggu (17/12/2017) dini hari.

Jamaludin menyebutkan, aksi di Tugu Monas, Jakarta yang diikuti jutaan ribu Umat Islam dari seluruh Indonesia itu juga merupakan dukungan terhadap penjajahan Palestina oleh Israel.

“Agenda utama kami, untuk ikut menyerukan penolakan terhadap kebijakan Donald Trump yang menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan membela Palestina dari jajahan Israel,” ucapnya.

Sebelumnya, ribuan Umat Islam di Kabupaten Cianjur menggelar istighosah di Lapangan Parkir Hypermart, Jumat (15/12/2017). Kegiatan itu digelar sebagai aksi protes terhadap kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang telah menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan dukungan untuk Palestina.

Sebelum menggelar istighosah, ribuan umat Islam di Cianjur itu berkumpul di Halaman Masjid Agung, Cianjur, Jalan Siti Jenab dan melakukan longmarch hingga ke lokasi istighosah dibawah pengawalan personel Kepolisian dari Polres Cianjur.

Sesampai di lokasi istighosah, ribuan massa itu langsung melakukan doa bersama untuk kelancaran aksi, dan kemerdekaan Palestina.

Fauzi (30), seorang massa aksi, mengatakan, ia dan ribuan umat Islam di Cianjur dan dunia mengutuk kebijakan yang telah diambil oleh Presiden negara adidaya tersebut.

"Kebijakan yang telah diambil Donald Trump telah menyakiti umat Islam di seluruh dunia," kata Fauzi kepada wartawan, saat ditemui disela-sela aksi.
Fauzi mendesak, agar Presiden Amerika Serikat itu dapat kembali mencabut kebijakan yang dinilai telah membuat ketegangan dunia.

"Dampak yang diambil tersebut, tentu sangat berdampak pada munculnya ketegangan dunia. Kami juga meminta kemerdekaan Palestina yang seutuhnya," ucapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 18 jam yang lalu

Hati-hati, Limbah Medis di RSUD Masih Numpuk

MESKI berbahaya bahkan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, namun persoalan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di RSUD Sayang Cianjur, yang dibiarkan menumpuk di ruangan…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Aktualita 16/01/2018 08:00 WIB

Innalillahi, Bahan Berbahaya dan Beracun Dibiarkan Numpuk

RSUD, oh, RSUD. Ada apa dengan RSUD Sayang Cianjur? Dua mhasalah besar belum juga selesai, kini rumah sakit plat merah tersebut kembali menjadi sorotan publik. Betapa tidak, limbah bahan berbahaya dan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:51 WIB

Wabup: Hari Ini Harga Daging Ayam di Cianjur Rp 33 Ribu/Kg

MENGHILANGNYA daging ayam potong di sejumlah Pasar Tradisional di Cianjur dalam tiga hari terakhir, akibat mogok berjualannya pedagang membuat Pemkab Cianjur bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan…

Aktualita 15/01/2018 08:00 WIB

Ada Indikasi Penyimpangan, Kapan Ditindak?

DUA permasalahan besar di RSUD Sayang Cianjur, semakin menjadi sorotan bahkan membuat geram sejumlah kalangan. Betapa tidak, meski sudah meresahkan dan mengorbankan banyak masyarakat, namun hingga saat…

Cianjur Euy 15/01/2018 07:30 WIB

Ada 1 Pelajar dan 1 Ayah Beranak Tiga, 5 Pelaku Ditangkap Saat Bugil

IRONIS, di Kota Santri yang memiliki program ‘Cianjur Lebih Maju dan Agamis’, ada pesta seks sesama jenis. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu ((13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib.