Selasa, 14 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Dekopinda Kerja Bareng Kemenkop Serahkan NIK

Heri Elloy

Minggu, 17 Desember 2017 - 23:19 WIB

Foto: Herri/BC
Foto: Herri/BC
A A A

Beritacianjur.com - DEWAN Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Cianjur bekerjasama dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-KT) Cianjur dan Kementrian Koperasi UKM serta Ppemkab Cianjur menggelar acara penyerahan NIK (Nomor Induk Koperasi) dan Sertifikat serta Kartu BPJS-KT kepada 60 koperasi se – Cianjur. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat 15/12/2017) lalu di auala Dekopinda itu di hadiri juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Cianjur,  Yadi Mulyadi, dari Kementrian Koperasi dan UKM dan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskop Perdagin) Cianjur Himam Haris.

Wakil Ketua Dekopinda Kabupaten Cianjur, Harry M Sastrakusumah menjelaskan dengan adanya program kesejahtraan dari BPJS-TK terkait  bukan penerima upah, banyak pelaku usaha yang belum tergabung dalam koperasi. Potensi tersebut menjadi salah satu sasaran termasuk koperasi-koperasi yang aktif menjalankan usahanya.

“Dalam hal yang sama kenapa kita gandeng BPJS-KT, kerena ada program jaminan sosial yang lebih bagus. Pada dasarnya  bagaimana koperasi dan UKM bisa lebih sejahtera. Kita menyambut baik UU No.24 tahun 2011 tentang BPJS-KT yang mana bisa menjamin para pelaku ekonomi yang bukan penerima upah dan iuarannya pun sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat mulai dari masyarakat kecil hingga masyarakat menengah atau profesional,” kata Harry.

Menurut Harry untuk saat ini yang tercatat oleh Kementrian Koperasi di Cianjur tercatat sekitar 83 koperasi yang telah memiliki NIK. Sebanyak 13 koperasi diantaranya sudah diberikan sebelumnya. Sementara terkait BPJS-KT, menurut Harry merupakan tahap awal dikarenakan Dekopin membawahi koperasi dan UKM. Apakah dengan jumlah sekitar 218.000 anggota koperasi dan UKM diluar koperasi pegawai negri bisa penuh dan megakhiri tahun 2017.

Sementara kata Harry, untuk awal tahun 2018 sisa pekerjaan yang lalu akan di tambah dengan APINDO (Asosiasi pengusaha Indonesia). Yang mana di ketahui Cianjur itu ada sekitar empat orang pelayan toko di setiap tokonya dan tentunya itu harus masuk BPJS.“Untuk di Cianjur sendiri sekitar 11ribu anggota Apindo dan kurang lebih sekita 7 ribu pengusaha,” tandasnya

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Yadi Mulyadi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan Dekopinda  cukup bagus dan perlu mendapatkan apresiasi. Pihaknya meminta  kedepannya jangan hanya seremonial saja, tetapi harus juga dilengkapi dengan kegiatan yang lebih komplit lagi.

“Koperasi harus labih peka terhadap perkembangan tekhnologi saat ini dan dan harus siap berkompetisi. Dekopinda harus bisa merekrut kawula muda yang paham terhadap perkembangat IT sehingga bisa memasarkan produk UKM melalui media soasial dan sebagainya,” papar Yadi seraya mengharapkan pada di tahun 2018  mendatang koperasi bisa lebih fokus lagi dan bisa move on jangan terapaku pada  masalalu, tetapi harus lebih fokus kedepan danharus visioner. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…