Selasa, 22 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Dekopinda Kerja Bareng Kemenkop Serahkan NIK

Heri Elloy

Minggu, 17 Desember 2017 - 23:19 WIB

Foto: Herri/BC
Foto: Herri/BC
A A A

Beritacianjur.com - DEWAN Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Cianjur bekerjasama dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-KT) Cianjur dan Kementrian Koperasi UKM serta Ppemkab Cianjur menggelar acara penyerahan NIK (Nomor Induk Koperasi) dan Sertifikat serta Kartu BPJS-KT kepada 60 koperasi se – Cianjur. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat 15/12/2017) lalu di auala Dekopinda itu di hadiri juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Cianjur,  Yadi Mulyadi, dari Kementrian Koperasi dan UKM dan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskop Perdagin) Cianjur Himam Haris.

Wakil Ketua Dekopinda Kabupaten Cianjur, Harry M Sastrakusumah menjelaskan dengan adanya program kesejahtraan dari BPJS-TK terkait  bukan penerima upah, banyak pelaku usaha yang belum tergabung dalam koperasi. Potensi tersebut menjadi salah satu sasaran termasuk koperasi-koperasi yang aktif menjalankan usahanya.

“Dalam hal yang sama kenapa kita gandeng BPJS-KT, kerena ada program jaminan sosial yang lebih bagus. Pada dasarnya  bagaimana koperasi dan UKM bisa lebih sejahtera. Kita menyambut baik UU No.24 tahun 2011 tentang BPJS-KT yang mana bisa menjamin para pelaku ekonomi yang bukan penerima upah dan iuarannya pun sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat mulai dari masyarakat kecil hingga masyarakat menengah atau profesional,” kata Harry.

Menurut Harry untuk saat ini yang tercatat oleh Kementrian Koperasi di Cianjur tercatat sekitar 83 koperasi yang telah memiliki NIK. Sebanyak 13 koperasi diantaranya sudah diberikan sebelumnya. Sementara terkait BPJS-KT, menurut Harry merupakan tahap awal dikarenakan Dekopin membawahi koperasi dan UKM. Apakah dengan jumlah sekitar 218.000 anggota koperasi dan UKM diluar koperasi pegawai negri bisa penuh dan megakhiri tahun 2017.

Sementara kata Harry, untuk awal tahun 2018 sisa pekerjaan yang lalu akan di tambah dengan APINDO (Asosiasi pengusaha Indonesia). Yang mana di ketahui Cianjur itu ada sekitar empat orang pelayan toko di setiap tokonya dan tentunya itu harus masuk BPJS.“Untuk di Cianjur sendiri sekitar 11ribu anggota Apindo dan kurang lebih sekita 7 ribu pengusaha,” tandasnya

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Yadi Mulyadi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan Dekopinda  cukup bagus dan perlu mendapatkan apresiasi. Pihaknya meminta  kedepannya jangan hanya seremonial saja, tetapi harus juga dilengkapi dengan kegiatan yang lebih komplit lagi.

“Koperasi harus labih peka terhadap perkembangan tekhnologi saat ini dan dan harus siap berkompetisi. Dekopinda harus bisa merekrut kawula muda yang paham terhadap perkembangat IT sehingga bisa memasarkan produk UKM melalui media soasial dan sebagainya,” papar Yadi seraya mengharapkan pada di tahun 2018  mendatang koperasi bisa lebih fokus lagi dan bisa move on jangan terapaku pada  masalalu, tetapi harus lebih fokus kedepan danharus visioner. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 24 menit yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 25 menit yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 26 menit yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 28 menit yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 15 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.