Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Polres Cianjur Siapkan Jibom Untuk Sterilisasi Gereja

1000 Personel Gabungan Diterjunkan Untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Angga Purwanda

Senin, 18 Desember 2017 - 21:38 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur akan menerjunkan tim penjinak bom (Jibom) dari Brimob Polda Jabar untuk  melakukan sterilisasi gereja-gereja di wilayah hukum Polres Cianjur jelang Pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Aula Wira, Mapolres Cianjur, Senin (18/12/2017) pagi.

Selain menerjunkan tim Jibom Brimob Polda Jabar, Soliyah menyebutkan, pihaknya juga menyiagakan sedikitnya 633 personel kepolisian yang dibantu 483 personel gabungan dari TNI, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Cianjur.

“Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi Umat Kristiani yang merayakan Natal, kami akan melakukan sterilisasi gereja-gereja dengan menerjunkan tim Jibom, Brimob Polda Jabar,” kata Soliyah, kepada wartawan, Senin (18/12/2017).

Soliyah menuturkan, untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2017 yang akan digelar mulai tanggal 23 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018.

Pihaknya telah menyiapkan 13 pos pengamanan (Pos PAM) yang tersebar di sejumlah titik yang menjadi pusat kegiatan masyarakat dan lima pos pelayanan yang ditempatkan di lokasi wisata, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Waduk Jangari, dan Pantai Jayanti.

“Dengan kegiatan rakor yang melibatkan semua unsur ini, pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2017 dapat berjalan sinergis, tanpa ada yang mengedepankan ego sektoral. Demi terciptanya keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat selama merayakan Natal dan Tahun Baru,” tuturnya.

Dijelaskan Soliyah, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dishub dan Satpol PP Kabupaten Cianjur untuk segera menertibkan sejumlah terminal bayangan dan pasar tumpah yang dinilai dapat mengganggy arus lalulintas selama pelaksanaan operasi kemanusiaan itu.

“Kerawanan masih fokus di kawasan Cipanas, karena disana diprediksi akan menjadi lokasi masyarakat untuk dapat mengahbiskan malam tahun baru. Jadi kami telah berkoordinasi dengan Dishub untuk pembersihan kantong-kantong kemacetan, terutama terminal bayangan, dan penertiban sejumlah pasar tumpah dengan berkoordinasi bersama Satpol PP,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, untuk mengantisipsi terjadi bencana tanah longsor di beberapa titik rawan di Kabupaten Cianjur. Pihaknya telah menyiagakan sejumlah alat berat yang akan di tempat di wilayah Cipanas, Cianjur, dan wilayah Cianjur Selatan.

“Kami telah intruksikan Dinas PUPR untuk menyiagakan alat berat yang sewaktu-waktu dapat digunakan saat terjadinya bencana longsor di sejumlah wilayah yang dinilai rawan bencana tanah longsor. Hal ini untuk mempercepat penaganan, sehingga tidak menimbulkan kemacetan yang parah,” kata Herman. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 18 jam yang lalu

Hati-hati, Limbah Medis di RSUD Masih Numpuk

MESKI berbahaya bahkan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, namun persoalan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di RSUD Sayang Cianjur, yang dibiarkan menumpuk di ruangan…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Aktualita 16/01/2018 08:00 WIB

Innalillahi, Bahan Berbahaya dan Beracun Dibiarkan Numpuk

RSUD, oh, RSUD. Ada apa dengan RSUD Sayang Cianjur? Dua mhasalah besar belum juga selesai, kini rumah sakit plat merah tersebut kembali menjadi sorotan publik. Betapa tidak, limbah bahan berbahaya dan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:51 WIB

Wabup: Hari Ini Harga Daging Ayam di Cianjur Rp 33 Ribu/Kg

MENGHILANGNYA daging ayam potong di sejumlah Pasar Tradisional di Cianjur dalam tiga hari terakhir, akibat mogok berjualannya pedagang membuat Pemkab Cianjur bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan…

Aktualita 15/01/2018 08:00 WIB

Ada Indikasi Penyimpangan, Kapan Ditindak?

DUA permasalahan besar di RSUD Sayang Cianjur, semakin menjadi sorotan bahkan membuat geram sejumlah kalangan. Betapa tidak, meski sudah meresahkan dan mengorbankan banyak masyarakat, namun hingga saat…

Cianjur Euy 15/01/2018 07:30 WIB

Ada 1 Pelajar dan 1 Ayah Beranak Tiga, 5 Pelaku Ditangkap Saat Bugil

IRONIS, di Kota Santri yang memiliki program ‘Cianjur Lebih Maju dan Agamis’, ada pesta seks sesama jenis. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu ((13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib.