Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Terdakwa Ujaran Kebencian Divonis 1 Tahun Penjara

Angga Purwanda

Senin, 18 Desember 2017 - 22:47 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - PENGADILAN Negeri (PN) Cianjur menjatuhkan vonis selama 1 tahun dengan denda Rp 20 juta terhadap terdakwa Sri Rahayu Ningsih yang didakwa melakukan ujaran kebencian di media sosial. Senin (18/12/2017). Atas putusan itu, Sri akan mengajukan banding, lantaran tak puas dengan hasil putusan itu.

Dalam sidang yang berlangsung lebih kurang tiga jam itu, berbagai pembelaan dari kuasa hukum dan saksi dari Sri Rahayu ditolak oleh majelis hakim. Sri Rahayu, diputuskan bersalah atas kejahatan sesuai dalam pasal 45 a ayat 1, junto ayat 2 UU RI nomor 19/2016 tentang perubahan UU 11/2008 tentang informasi transaksi elektronik.

Sri juga dinyatakan terbukti bersalah dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi menimbulkan kebencian individu dan kelompok berkaitan Suku Agama Ras Antargolongan (SARA) sebanyak beberapa kali.

"Saya tidak puas dengan putusan ini, saya langsung banding. Begitu sidang langsung ditinggal, saya tidak diberi kesempatan bicara pasca sidang," ucap Sri, saat digelandang petugas kembali ke mobil tahanan usai sidang, Senin (18/12/2017).  

Kuasa Hukum Sri Rahayu dari LBH Perempuan dan Anak Cianjur, Nadia Wikerahmawati‎, mengatakan, sangat tidak puas dengan putusan pengadilan,  sebab majelis hakim memutuskan tidak berbasis pada fakta persidangan dan hak asasi manusia.

"Dalam fakta persidangan alat bekerja bukan di Cianjur, melainkan di depok dan Lampung.  Itu ditarik ke Cianjur darimana aturannya. Jadi fakta persidangannya tidak ada, makanya kami akan banding," tuturnya.

Di sisi lain, Kasi Intel Kejari Cianjur, Agus Haryono, menuturkan, atas putusan tersebut, berdasarkan aturan diberi waktu 7 hari untuk menyatakan sikap, kami pun akan pikir-pikir.

Adapun jika pihak Sri dan kuasa hukumnya melakukan banding,  maka pihaknya akan melakukan kontra memori banding. Namun dia menambahkan, dari tuntutan 2 tahun penjara dengan denda Rp 20 juta subsider 3 bulan jika tak dibayarkan denda, putusan majelis hakim lebih rendah.

"Urusan banding itu hak terdakwa, kami akan pikir-pikir sekaligus laporan kepada pimpinan apakah menerima atau banding. Tapi emang putusannya lebih rendah dari tuntutan, " katanya.

Sementara itu, ‎Humas Pengadilan Negeri Cianjur, Erlinawati, mengatakan, sesuai dengan hasil putusan, Sri Rahayu divonis 1 tahun penjara dan denda Rp 20 juta subsider 2 bulan kurungan jika tidak membayar ganti rugi atau denda.

"Dalam putusan tersebut, majelis sudah dipertimbangkan dari berbagai aspek yang meringankan ataupun  memberatkan dalam kasus ini," tuturnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 7 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Bisnis Line 16 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.