Jumat, 22 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Tak Hanya Buku, Siswa Juga Diminta Iuran untuk Beli Papan Tulis dan Bangun Toilet

Angga Purwanda

Rabu, 20 Desember 2017 - 06:23 WIB

Karikatur: Nandang S/BC
Karikatur: Nandang S/BC
A A A

Beritacianjur.com - MESKI sudah ada dana BOS yang menanggung berbagai kebutuhan operasional sekolah, sejumlahorangtua murid mengeluhkan banyaknya iuran atau pungutan sekolah.

Berdasarkan rekapitulasi pendapatan dana bos SMPN dan SDN tahun anggaran 2016 pada Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, penyerapan dana BOS di setiap sekolah hampir seluruhnya mencapai 90% lebih.

Artinya, seharusnya semua kebutuhan operasional sekolah yang meliputi buku teks gratis bagi siswa dan operasional lainnya sudah terpenuhi. Namun fakta di lapangan, banyak temuan dan pengakuan dari orangtua murid yang masih harus membeli buku teks dan membayar iuran lainnya.

Seperti diungkapkan salah seorang orangtua siswa di salah satu SMP negeri ternama di Kabupaten Cianjur. Meski sudah ada dana BOS, namun ia mengaku sudah mengeluarkan uang sebesar Rp1.450.000, untuk pembelian buku paket anaknya.

“Sebenarnya pas bayar saya merasa heran. Katanya dengan adanya dana BOS semua pembelian buku paket diharamkan, tapi ini kok masih harus beli. Karena kasian sama anak, saya tak mau ambil pusing, ya bayar dan beli aja deh,“ ujar orangtua murid yang enggan disebutkan namanya, Selasa (19/12/2017).

Tak hanya buku paket, ia juga mengaku sekolah kerap meminta iuran atau sumbangan, dengan dalih untuk kebutuhan kegiatan belajar mengajar dan anggaran di sekolah terbatas.

“Iya, tak hanya buku. Saya pernah beberapa diminta iuran untuk kebutuhan berbagai fasilitas sekolah. Seperti iuran untuk beli papan tulis, perlengkapan alat tulis di kelas, termasuk juga untuk pembangunan WC, kantin sehat dan gazebo,“ ungkapnya.

Selain soal banyaknya pungutan di sekolah, ia juga mengaku kecewa dengan pihak sekolah yang tidak pernah terbuka dengan adanya program dana BOS. Padahal, sambung dia, setiap siswa wajib menerima alokasi dari BOS itu, tanpa terkecuali alias tak hanya untuk keluarga yang kurang mampu.

“Sejak bergulirnya BOS, tak pernah pihak sekolah menyebutkan besaran anggaran yang diterima. Pihak sekolah selalu menyampaikan kalau anggaran tersebut habis atau kurang dan sisanya selalu dibebankan kepada orang tua,” katanya.

Ia berharap persoalan tersebut dapat segera diakhiri karena sangat merugikan masyarakat. “Jika perlu usut tuntas hingga ke penegak hukum, agar orang-orang yang terlibat dalam penggunaan dana itu dapat diproses sehingga menjadi efek jera bagi yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, orangtua murid di salah satu SD negeri ternama di Cianjur mengakui hal yang sama. Ia juga mengatakan pernah mengeluarkan uang Rp647.000 untuk pembelian buku paket siswa.

“Orangtua murid yang membeli buku tak hanya saya, tapi semuanya juga beli. Saya gak ngerti soal dana BOS jadi ya bayar saja,“ pungkasnya. (*)

 

Penerimaan Dana Bos 2016:

  • SD       : Rp898.851.918 M
  • SMP    : Rp342.653.355 M

Ini Tujuannya, Kok di Lapangannya Beda?

  • Membebaskan pungutan bagi seluruh peserta didik negeri terhadap biaya operasional satuan pendidikan.
  • Membebaskan pungutan seluruh perserta disdik miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di satuan pendidikan negeri maupun swasta.
  • Meringankan beban operasi satuan pendidikan bagi peserta didik di kesatuan pendidikan swasta.

Ketentuan Pengunaan Bos pada SD dan SMP:

  • Pembangunan perpustakaan (Meliputi pembeli buku teks pelajaran untuk peserta didik dan buku panduan guru. Buku yang dibeli mencakup pembelian buku pelajaran baru, pengganti buku rusak, dan/atau membeli kekurangan buku agar tercukupi rasio satu peserta didik satu buku untuk setiap mata pelajaran atau tema).
  • Penerimaan peserta didik baru.
  • Kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler.
  • Kegiatan evaluasi pembelajaran.
  • Pengelolaan sekolah.
  • Pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan, serta pengembangan manajemen sekolah.
  • Langganan daya dan jasa.
  • Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah.
  • Pembayaran honor.
  • Pembelian/perawatan alat multi media pembelajaran
  • Biaya lainnya (meliputi pembangunan WC, mesin tik kebutuhan sekolah dan lainnya).

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.