Selasa, 19 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Masyarakat Tolak Pengelolaan Parkir Oleh Swasta

Pedagang Ancam Akan Parkir Kendaraan di Setiap Badan Jalan Nasional Maupun Kabupaten

Angga Purwanda

Rabu, 20 Desember 2017 - 21:25 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - PENGURUS K5 di tiga pasar induk di Kabupaten Cianjur menolak rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur melakukan alih kelola para kepada pihak ketiga (swasta, red). Karena, rencana itu diyakini akan memberatkan pembeli dan pedagang.

Ketua K5 Pasar Induk Pasirhayam, Ujang Koswara, mengatakan, alih kelola tersebut dinilai belum waktunya dilakukan di pasar untuk saat ini.  Apalagi untuk di Pasar Induk Pasirhayam, sudah hampir dua tahun tidak diterapkan parkir, melainkan hanya tiket tanda kendaraan untuk antisipasi pencurian sepeda motor.

Ujang menyebutkan, biaya parkir dengan ketentuan per jam terus bertambah nilainya juga dikhawatirkan membuat pembeli semakin sepi karena mahalnya biaya parkir. "Kalau diterapkan parkir secara profesional, dengan alat dan sistem seperti di mall atau tempat lainnya, tidak akan cocok untuk pasar. Kebanyakan mereka bisa berjam - jam dipasar, biaya parkir jadi membengkak. Kasihan pembeli, termasuk pedagang," kata Ujang, kepada wartawan, Rabu (19/12/2017).

Sebagai bentuk penolakan dari seluruh pengurus K5, ucap Ujang, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, terkait pembatalan kebijakan yang rencananya akan diberlakukan pada Januari mendatang.

"Kalau tidak ada titik temu kami serahkan ke pengurus dan pedagang, mungkin bisa sampai aksi ke jalan dan lainnya. Itu juga yang dsuarakan K5 di dua pasar lainnya," ucapnya.

Sementara itu, ratusan pedagang di Pasar Cipanas melakukan aksi unjukrasa untuk menolak kebijakan yang diambil Pemkab Cianjur itu. Bahkan, jika kebijakan itu tetap dilaksanakan mereka mengancam akan memarkir seluruh kendaraanya di badan jalan nasional.

Dalam aksi yang digelar di lingkungan Pasar Cipanas itu, para pedagang satu persatu berorasi dan menolak secara tegas rencana pengambilalihan lahan parkir oleh pihak swasta tersebut.

"Kami secara tegas menolak rencana ini, apalagi tanpa adanya pertemuan terlebih dahulu dengan para pedagang," kata Ketua K5 Pasar Cipanas, Nico Paris.
Nico mengatakan adanya unjuk rasa membuat pengelolaan parkir akan diambil alih oleh K5. "Perparkiran akan diambilalih sementara oleh K5. Karena semua pedagang tak menyetujui adanya swastanisasi," kata Nico.

Para pedagang mengaku akan melakukan unjuk rasa ke Dishub Kabupaten Cianjur. Dari keterangan tak hanya Pasar Cipanas yang akan dilakukan swastanisasi pengelolaan parkirnya. Beberapa pasar  lain yang mengalami hal serupa di antaranya Pasar Induk Pasirhayam dan Pasar Cibeber.

Aksi unjuk rasa di Pasar Cipanas juga diwarnai dengan pembubuhan tanda tangan sebagai aksi penolakan. Di akhir aksi unjuk rasa, para pedagang berpesan agar jangan mau dibenturkan dengan aparat.

Di lokasi Pasar Cipanas sudah berdiri tiga alat pemungut parkir yang membuat geram para pedagang. Aksi pengrusakan dapat dicegah karena para pedagang sepakat untuk melakukan aksi damai. "Tuntutan kami perlakukan pasar tradisional sesuai dengan biasanya termasuk tarif parkir yang murah," kata Nico.

Ia mengatakan rencana tarif parkir yang akan dipasang oleh pihak swasta seperti tarif mal bahkan bisa lebih mahal. Sekjen K5 Pasar Cipanas, Rudi Lazuardi mengatakan, besok kendaraan para pedagang dan sarana transportasinya akan parkir di badan jalan nasional depan pasar sebagai bentuk protes. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…