Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

"Si Raja Pedas" Tembus Rp 40 Ribu per Kilogram

Bisri Mustofa

Kamis, 21 Desember 2017 - 23:32 WIB

Foto: Dokumen/BC
Foto: Dokumen/BC
A A A

Beritacianjur.com - HARGA cabai domba atau cabai jawa disejumlah pasar tradisional di Cianjur mengalami kenaikan yang signifikan menjelang natal dan tahun baru 2018. Kenaikannya bahkan mencapai lebih dari 100 persen. Sebelumnya harga 'si raja pedas' itu Rp 20 ribu per kilogram, saat ini sudahmenembus harga Rp 40 ribu per kilogramnya.

"Kemungkinan ini akibat dampak dari cuaca, stok yang menipis, sementara permintaan masih tinggi. Tidak bisa dihindari kenaikan akan terjadi," kata Wawan (37) pedagang di Pasar Induk Pasir Hayam Cianjur.

Wawan yang sudah belasan tahun menjadi penjual sayuran itu mengaku, kenaikan harga tidak hanya terjadi pada jenis cabe tapo pada komoditas lainnya seperti saledri, wortel, tomat, cabe hijau dan merah dan kentang.

"Memang harga komoditi lainnya juga sudah naik sejak November lalu, tapi besarannya tidak seperti cabai domba atau cabai jawa ini yang mencapai 100 persen lebih. Ini sudah terjadi sejak tiga hari lalu," kata Wawan.

Harga kebutuhan pangan lain seperti selendri naik sekitar Rp 30 ribu perkilo yang sebelumnya hanya sekitar Rp 12 ribu, wortel Rp 10 ribu per kilogram sebelumnya sekitar Rp 7 ribu, harga tomat kini naik  Rp 10 ribu per kilogram sebelumnya Rp 5 ribu per kilogram, cabe hijau dan merah sekitar Rp 24 ribu sebelumnya hanya sekitar Rp 14 ribu per kilogram, dan kentang sekitar Rp 15 ribu sebelumnya sekitar Rp 13 ribu.

Daging Ayam
Sementara itu, harga daging ayam broiler atau harga ayam potong juga mengalami kenaikan. Kalau sebelumnya dikisaran harga Rp 30 ribu per kilogram, saat ini sudah menembus harga Rp 38 ribu per kilogram. Bahkan dilingkungan pedagang keliling sudah menembus harga Rp 40 ribu per kilogramnya.

"Kita terpaksa mengurangi ukuran, karena kalau menaikkan harga jual sepertinya berat. Habis bagaimana lagi harga daging dipasarnya naik, mau tidak mau kita juga harus mensiasati agar kita selaku pedagang makanan tidak merugi," kata Anisah (59) pedagang warung nasi.

Kepala UPTD Pasar Cipanas Kusmiyaji, terus melakukan pemantauan harga sejumlah kebutuhan pokok termasuk komoditas sayur mayur dan lainnya. Pemantau tersebut dilakukan untuk menjadi dasar penanganan jika harga kebutuhan pokok melambang dengan kondisi tidak wajar.

"Kita terus pantau perkembangannya, jangan sampai terjadi kenaikan harga diluar tidak wajar. Kita juga koordinasikan dengan dinas langkah apa yang harus diambil jika terjadi kenaikan harga yang tidak wajar," tegasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…