Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Sejarah Pencak Silat Cianjur Tercipta

Berhasil Lolos Babak Kualifikasi Porda Terbanyak

Bisri Mustofa

Kamis, 21 Desember 2017 - 23:35 WIB

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - SEJARAH lagi-lagi tercipta dalam kancah olahraga bergengsi di Jawa Barat. Kali ini datang dari cabang olahraga (Cabor) Pencak Silat. Betapa tidak atlet-atlet Cianjur berhasil lolos babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII-2018.

Kabupaten Cianjur menjadi paling banyak atletnya yang lolos dalam babak kualifikasi dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Barat. Hal itu tidak terlepas dari perjuangan para atlet, pelatih yang habis-habisan meski dengan dukungan anggaran minim.

"ALhamdulillah sejarah itu bisa tercipta dari cabor silat ini. Kita berhasil meloloskan 9 tanding dan 1 TGR. Dengan demikian ada 10 peluang untuk menunjukkan yang terbaik dalam perhelatan Porda di 2018 mendatang," kata Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Cianjur Dodi Sudarma, Kamis (21/12/2017).

Dodi yang juga terjun langsung sebagai pembina dan pelatih para atlet silat Cianjur ini mengungkapkan, perjuangan yang telah dilakukan untuk lolos babak kualifikasi tersebut memerlukan dukungan dari banyak pihak. Ia tidak bisa sendiri untuk memajukan prestasi silat di Cianjur.

"Tiket Pordanya sudah berhasil diraih, dan Alhamdulillah Tim Silat Kabupaten Cianjur berhasil menjadi peraih tiket Porda XIII-2018 terbanyak di Group A, artinya kita sudah punya modal atau peluang lebih dibanding kota/kabupaten lain di Jabar," kata Dodi.

Pihaknya tidak menyangka jika atlet-atlet asuhannya bisa mendominasi dalam babak kualifikasi Porda. Perjuangan keras para atlet patut diapresiasi. "Jika babak kualifikasi Porda XIII-2018 sekarang kita mampu dan berhasil menjadi yang terbaik dengan segala keterbatasan (terutama pendanaan yg sangat minim), kita harus bisa lebih baik dalam pelaksanaannya nanti," tandasnya.

Pihaknya mengharapkan pembuktian lolosnya atlet silat Cianjur dalam ajang bergengsi olahraga di Jawa Barat itu bisa mengetuk para pemangku kebijakan dalam memperhatikan atlet-atletnya.

"Mudah-mudahan di Porda XIII-2018 mendatang para pemangku kebijakan lebih berpihak kepada para atlet, dengan lebih mengerti dan memperhatikan, bahwa kami di lapangan, benar-benar berjuang sekuat tenaga, demi bisa mengharumkan nama Cianjur. Apalagi kita punya slogan "Cianjur Jago", kami sebagai salah satu cabang olahraga beladiri tentunya harus Jago juga, tidak hanya sekedar slogan," harapnya.

Disinggung persiapan menghadapi Porda setelah lolos babak kualifikasi Dodi mengungkap para atlet akan terus berlatih sampai dihelatnya Porda. Pihaknya juga mengharapkan ada yang lebih peduli dan turut membantu perjuangan para atlet.

"Harapan kami bisa mewujudkan bahwa Cianjur bukan hanya dikenal sebagai tempat lahirnya banyak aliran silat, tapi juga tempat terlahirnya atlet-atlet pencak silat yang tangguh di gelanggang atau arena, Insya Allah," tegasnya. (*)

Inilah data atlet Pencak Silat Cianjur yang Lolos Babak Kualifikasi Porda XIII-2018

1. SELSI AGUSTIANI
2. SENDI DWI P
3. EDE FIDA
4. M. REDI R.
5. TAUFIK HIDAYAT
6. RIFKI RIDUAN
7. SUTRA PASKADAYANA
8. DINI ABIDIN
9. M. ERIK JUNAEDI
10.SISCA SYLVIANI S

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 18 jam yang lalu

Hati-hati, Limbah Medis di RSUD Masih Numpuk

MESKI berbahaya bahkan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, namun persoalan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di RSUD Sayang Cianjur, yang dibiarkan menumpuk di ruangan…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Aktualita 16/01/2018 08:00 WIB

Innalillahi, Bahan Berbahaya dan Beracun Dibiarkan Numpuk

RSUD, oh, RSUD. Ada apa dengan RSUD Sayang Cianjur? Dua mhasalah besar belum juga selesai, kini rumah sakit plat merah tersebut kembali menjadi sorotan publik. Betapa tidak, limbah bahan berbahaya dan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:51 WIB

Wabup: Hari Ini Harga Daging Ayam di Cianjur Rp 33 Ribu/Kg

MENGHILANGNYA daging ayam potong di sejumlah Pasar Tradisional di Cianjur dalam tiga hari terakhir, akibat mogok berjualannya pedagang membuat Pemkab Cianjur bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan…

Aktualita 15/01/2018 08:00 WIB

Ada Indikasi Penyimpangan, Kapan Ditindak?

DUA permasalahan besar di RSUD Sayang Cianjur, semakin menjadi sorotan bahkan membuat geram sejumlah kalangan. Betapa tidak, meski sudah meresahkan dan mengorbankan banyak masyarakat, namun hingga saat…

Cianjur Euy 15/01/2018 07:30 WIB

Ada 1 Pelajar dan 1 Ayah Beranak Tiga, 5 Pelaku Ditangkap Saat Bugil

IRONIS, di Kota Santri yang memiliki program ‘Cianjur Lebih Maju dan Agamis’, ada pesta seks sesama jenis. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu ((13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib.