Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Sepakat, BUMDes Kelola Perniagaan Elpiji Bersubsidi

Nuki Nugraha

Rabu, 03 Januari 2018 - 22:05 WIB

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
A A A

Beritacianjur.com - SEJUMLAH kalangan menyatakan kata sepakat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk menyalurkan elpiji bersubsidi.

Mengingat lembaga usaha ekonomi desa itu memiliki potensi besar untuk mensukseskan tujuan pemerintah menyalurkan barang bersubsidi itu tepat pada sasaran.

Warga Hegarmanah, Rohmat mengatakan, BUMDes bisa menjadi solusi pemerintah untuk meyalurkan gas bersubsidi kepada penerima manfaat tepat pada sasaran.

Menurutnya, didukung dengan data masarakat yang dimiliki pemerintah desa, tentunya penyaluran barang bersubsi untuk warg miskin itu bisa benar benar terdistribusikan dengan baik.

"Berbekal data masyarakat pastinya ini jadi nilai lebih bagi BUMDes untuk melaksanakan progaram gas bersubsidi bagi warga miskin,"ujar Rohmat, Rabu (3/1)

Jemmy warga asal Cibiuk, Ciranjang, mendukung wacana pengelolaan gas bersubsidi oleh BUMDes. Menurutnya, dengan dikelolanya perniagaan elpiji bersubsidi oleh lembaga ekonomi desa itu secara langsung akan turut mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

"Kalau dikelola oleh BUMDes, uang hasil penjualan tetap akan berputar di desa. Tidak seperti sekarang hanya dinikmati kalangan tertentu,"kata Jemmy.

Sebelumnya, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang saat ini gencar di bentuk di setiap desa, bisa turut mendorong lancarnya upaya pemerintah dalam menyalurkan barang elpiji bersubsidi kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan Nugrah pengamat ekonomi asal Cianjur.

Akademisi asal universitas Negeri ternama di Bandung itu menuturkan, sebenaranya hadirnya BUMDes merupakan sebuah titik terang bagi masyarakat pengguna elpiji ukuran 3 Kg, pasalnya  selama ini masyarakat seringkali mengalami kesulitan untuk sekadar bisa mendapatkan barang yang katanya mendapat suntikan dana subsidi dari pemerintah pusat itu.

Selain terbebani dengan tingginya harga elpiji yang dijual eceran di pasaran, beber Nugrah dari segi pasokan barang , kerap elpiji ukuran 3 Kg ini mengalami kelangkaan, khususnya disaat menjelang hari besar keagamaan seperti jelang Idul Fitri.

“Katanyakan ini barang subsidi, tapi harganya ko bisa “selangit”. Sudah mahal, kadang barangnya sulit dicari,”ujar Nugrah kepada Berita Cianjur, Selasa (2/1).

Disingung soal korelasi BUMDes sebagai penyalur elpiji 3 Kg, Nugrah menjelaskan, kalau itu sangat memungkinkan, sebab sejatinya program konversi minyak tanah ke elpiji 3 Kg yang digulirkan pemerintah pusat itu diperuntukan bagi kalangan warga miskin.

“Yang punya data valid warga miskin itu kan Pemerintah Desa (Pemdes). Tentunya berdasarkan data itu penyaluran elpiji 3 Kg bisa lebih tepat sasaran. Nah dengan adanya BUMDes yang nota bene lembaga ekonomi yang dimiliki desa, penyalurannya bisa diatur dengan baik,”terangnya.

Menurut Nugrah, keuntungan yang bisa didapat desa dengan mengelola elpiji 3 Kg sangat besar, selain bisa menghidupkan roda perekonomian BUMDes, pelayanan kepada masyarakat bisa sangat dirasakan, mengingat barang elpiji memang sangat dibutuhkan dan sudah menjadi kebutuhan vital. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…