Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

DPMPTSP Segera Melakukan Peninjauan Lokasi

Terkait Kelengkapan Izin Kolam Ikan Cibihbul

Nuki Nugraha

Rabu, 03 Januari 2018 - 22:08 WIB

Foto: Nuki Nugraha/BC
Foto: Nuki Nugraha/BC
A A A

Beritacianjur.com - DINAS Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) segera melakukan peninjauan ke lokasi kolam ikan di Kampung Cibihbul, Desa/Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur.

Kepala Bidang Penga Kepala Bidang (Kabid) Data Sistem Informasi Peningkatan Layanan dan Penanganan Pengaduan , Saripudin kembali menegaskan hal tersebut menyikapi soal keberadaan usaha kolam ikan di Kampung Cibihbul.

Saripudin mengaku pihaknya sudah mencoba melakukan pengecekan soal data kelengkapan izin kolam itu, namun hingga kini di data terkait itu masih belum bisa ditemukan. Kendati begitu pihaknya terus mencoba mencari, bahkan berkoordinasi dengan pihak Dinas Peternakan dan Perikanan.

“Minggu sekarang Kang kita akan cek ke lapangan,”ujar Saripudin kepada Berita Cianjur, Selasa (2/1).

Sementara itu warga sekitar lokasi kolam ikan meminta kejelasan pihak pemerintah daerah terkait soal perizinan kolam ikan yang dimiliki pihak pengusaha. Diungkapkan Azis ada tidaknya izin yang dimiliki pengusaha harus jelas, instansi terkait pemerintah daerah tentunya harus dengan tegas menyampaikan soal itu.

Artinya kalau memang tidak ada izinnya segera ada tindaklanjut cepat ke lapangan, supaya masyarakat nantinya tidak berpraduga yang tidak tidak.

"Kalau memang ada izinnya yah dijelaskan sejelas jelasnya. Begitu juga kalau dilapangan memang ditemukan ada yang menyalahi izin yang sudah diberikan, harus segera diproses supaya tidak berdampak negatif,"tegasnya.

Rencana pengecekan ke lokasi sempat akan dilakukan pihak perizina n pada akhir tahun lalu (2017,red), namun dikarenakan berbagai alasan pengecekan batal dilakukan.

Sebelumnya,  usaha kolam perikanan di Kampung Cibihbul, Desa/Kecamatan Bojongpicung diduga kuat tak memiliki kelengkapan perizinana dari pemerintah Kabupaten Cianjur.

Menguatnya dugaan itu menyusul keterangan dari pihak Dinas Peternakan dan perikanan Kab Cianjur yang menginformasikan bahwa dinas sama sekali tidak pernah mengeluarkan rekomendasi untuk usaha kolam ikan di lokasi tersebut.

"Keterangan dari kasi selama 2 periode terakhir belum pernah memproses/membuat rekomendasi untuk usaha kolam ikan disana. Kesimpulan sementara izin kemungkinan belum dibuat,"ujar Sekertaris Dinas Peternakan dan Perikanan, Tata Sugita, belum lama ini saat dihubungi via layanan WA.

Tata menjelaskan, setelah pengurusan perizinaan diberlakukan satu pintu sejak tahun 2012 lalu di Cianjur, pihaknya tidak lagi berwenang menerbitkan izin, tapi hanya sebatas rekomendasi.

 

"Kalau izin diterbitkan sama dinas perijinan, kita ini cuma membuat rekomndasinya saja. Jadi lebih tepatnya ada tidaknya izin itu tinggal ditanya ke dinas terkait,"kata Tata. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 15 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 15 jam yang lalu

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.