Selasa, 19 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

RT/RW Diedukasi Pengelolaan Sampah

Pemberdayaan Masyarakat Desa Bojongpicung

Nuki Nugraha

Kamis, 04 Januari 2018 - 21:14 WIB

Foto: Nuki Nugraha/BC
Foto: Nuki Nugraha/BC
A A A

Beritacianjur.com - PENANGANAN persoalan sampah terus diupayakan pemerintah Kabupaten Cianjur. Salah satunya yaitu dengan memaksimalkan peran RT/RW dalam pengelolaan sampah.

Memantapkan program pengelolaan sampah ditingkat ke RT an, Pemerintah Desa (Pemdes) Bojongpicung mencoba memberikan edukasi RT/RW di wilayahnya melalui kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah, Kamis (4/1) di aula Desa Bojongpicung.

Direktur Bank Sampah Jaya Sentosa Mumpuni Hendra Malik mengatakan merubah mainset masyarakat soal mengelola sampah memang tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, perlu waktu dan komitmen dari setiap individu masyarakat itu sendiri.

"Mengolah sampah dengan cara memilah itu ibarat merubah kebiasaan, jadi perlu waktu supaya menjadi biasa,"terang Hendra kepada ketua RT/RW.

Pada kesempatan itu, Hendra yang didaulat menjadi nara sumber, memaparkan bagaimana pengalaman pengelolaan bank sampah JSM yang dikelolanya sewaktu di Kampung Cibodas, Desa Hegarmanah.

Awalnya ungkap Hendra, sebagian besar masyarakat kurang merespon program bank sampah. Namun dengan seringnya sosialisasi, masyarakat akhirnya bisa paham, mengerti dan tertarik untuk memulai memilah sampah di masing masing rumahnya.

"Apalagi sesudah kita masukan program tabungan sampah, antusias masyarakat lebih tinggi lagi terlibat dalam program bank sampah yang kita gulirkan,"kata Hendra.

Pemaparan Hendra disambut antusias para peserta yang hadir, kegiatan sosialisasipun berjalan komunikatif. Beberapa peserta terlihat mengajukan pertanyaan seputar pengelolaan bank sampah yang dikelola nara sumber.

Sepertihalnya disampaikan Siti, ketua RT 05 yang menanyakan terkait soal pengolahan sampah organik. Menjawab pertanyaan itu, dijelaskan Hendra, terkait pengelolaan sampah organik, itu dibantu menggunakan hewan cacing.

"Proses pembusukannya dibantu cacing. Satu kelebihannya yaitu tidak menimbulkan bau, selain punya bahan kompos, nantinya bisa sekaligus berternak cacing nya juga,"jawa Hendra.

Sebelumnya, Camat Bojongpicung, Pudjo Nugroho mengatakan pengetahuan soal pengelolaan sampah ini harus disosialisasikan lagi ke masyarakat, sehingga program bisa dilaksanakan semua pihak dengan baik.

Pengelolaan sampah ini jelas Pudjo, merupakan satu dari program Kampung KUBA yang digagas Bupati Cianjur.

"Pelaksanaannya nanti ada pembangunan infrastruktur yaitu pembuatan bak sampah, itu untuk menampung sampah yang memang sudah tidak bisa diolah lagi,"ujar Pudjo dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Pudjo mengingatkan selain adanya nilai ekonomis, pengelolaan sampah juga bisa membuka peluang lapangan pekerjaan.

"Kalau tiap desa bisa mengelola sampah dengan baik insyaallah bojongpicung bersih dari sampah bisa terwujud,"ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Bojongpicung, Dihermawan mengatakan sekarang ini persoalan sampah memang belum sangat terasa, tapi kedepan kemungkinan besar kalau tidak ditangani sedari dini peroalan sampah ini bisa jadi buah simalakama, alias bencana.

"Atas dasar itu mengapa kita menggelar kegiatan pengelolaan sampah. Dengan memanfaatkan dana RT untuk pengelolaannya,"ujarnya seraya berharap, apa yang disampaikan narasumber bisa bermanfaat untuk kemajuan masyarakat Desa Bojongpicung.

Bukti antusias para RT/RW di Desa Bojongpicung ingin  mewujudkan wilayah Desa Bojongpicung bersih dari sampah, mereka sepakat langsung menindaklanjuti hasil kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah, yaitu dengan  mengagendakan sosialisasi ke tingkat RT/RW. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…