Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Banyak Keluhan, Penerapan Rekayasa Lalin Ditunda

Awalnya, Penataan Trayek Angkum Baru Diberlakukan Hari Ini

Angga Purwanda

Minggu, 07 Januari 2018 - 21:57 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - AKHIRNYA, penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) dan trayek angkutan umum (angkum) yang baru, kembali ditunda. Hal tersebut terjadi setelah banyaknya protes dari para pengelola trayek, pengusaha dan sopir angkum. Mereka mendesak agar ditangguhkan dan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Ketua Organisasi Angkutan Daerah (Organda), Dede Sopianudin mengatakan, secara prinsip, rekayasa lalulintas di wilayah perkotaan dan penataan kembali trayek angkutan umum disepakati oleh para pengusaha, pengemudi dan pengurus jalur. Namun terkait pelaksanaan mereka tidak setuju jika dimulai hari ini (8/1/2018).

"Kami keberatan kalau uji cobanya langsung Senin (8/1/2018). Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan secara matang oleh pihak Pemerintah Kabupaten Cianjur," ujar Dede kepada wartawan, saat ditemui usai rapat Bakorlantas Cianjur di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, kemarin.

Pertama, ungkap Dede, Pemkab Cianjur wajib menyosialisasikan lalu lintas kepada semua warga Cianjur, termasuk pada pengemudi angkum yang sudah ditetapkan di trayek baru. Selanjutnya, operator dan pengguna jasa harus memenuhi teknis administrasi dan operasional.

"Mulai dari administrasi, pemasangan stiker, rambu, hingga pewartaan angkum harus dilakukan terlebih dulu. Makanya kami minta diberi tenggang waktu hingga 27 Januari 2018," ungkap dia.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Sandy Zaini Ibrahim menuturkan, Pemkab Cianjur pada dasarnya ingin penerapan rekayasa lalu lintas dan trayek angkum baru segera dilakukan. Namun dikarenakan ada aspirasi dari pengelola dan pengusaha angkum terkait teknis pelaksanaan yang mesti didahulukan, maka disepakati penerapannya ditunda.

"Harusnya senin depan, tapi ditunda jadi 27 Januari 2018. Tidak lagi uji coba, tapi langsung launching," tuturnya.

Hingga waktu yang ditentukan, lanjut dia, Dishub bakal menyiapkan berbagai kebutuhan, seperti rambu, stiker dan pengecatan angkum. "Jadi sambil menunggu waktu penerapan, persiapan dilakukan. Untuk pengecetan dilakukan oleh pengusaha, itu sudah jadi kesepakatan," tuturnya.

Sebelumnya, penerapan rekayasa jalur juga ditunda dari yang seharusnya pada 3 Januari 2018 menjadi 5 Januari 2018. Pasalnya, belum dilaksanakan pembagian trayek angkutam umum.

Dia menambahkan, dalam rapat koordinasi Bakorlantas dan pengelola angkum, pihaknya juga melakukan pembagian trayek untuk 1.489 angkum yang ditata ulang jalurnya. Pasalnya,dari belasan trayek, kini diubah menjadi 10 trayek, namun dengan jalur yang lebih panjang.

"Sudah selesai untuk pembagian trayek, dari yang semua diundi jadi dibagi berdasarkan kesepakatan bersama. Alhamdulillah sudah disepakati dan dibagi. Jadi nanti sudah diterapkan, langsung ke jalur yang baru," ungkapnya. (*)

INFO:
Penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) dan trayek angkutan umum (angkum) masih harus ditunda.
Penundaan ini sudah terjadi beberapa kali. Awalnya akan diberlakukan 3 Januari 2018, namun diminta diundur menjadi 5 Januari 2018. Lalu, pengunduran kembali terjadi ketika dijadwalkan akan berlaku 8 Januari 2018, namun para pengelola trayek, pengusaha dan sopir angkum meminta waktu hingga 27 Januari 2018.
Pada 27 Januari mendatang, akan langsung diberlakukan penerapan tanpa uji coba, alias langsung launching.
Pada rapat koordinasi Bakorlantas dan pengelola angkum belum lama ini, Dishub Cianjur melakukan pembagian trayek untuk 1.489 angkum yang ditata ulang jalurnya. Pasalnya, dari belasan trayek, kini diubah menjadi 10 trayek, namun dengan jalur yang lebih panjang.


Permintaan Organda:
Pemkab Cianjur wajib menyosialisasikan lalu lintas kepada semua warga Cianjur, termasuk pada pengemudi angkum yang sudah ditetapkan di trayek baru.

Operator dan pengguna jasa harus memenuhi teknis administrasi dan operasional. Mulai dari administrasi, pemasangan stiker, rambu, hingga pewartaan angkum harus dilakukan terlebih dulu.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…