Rabu, 22 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Kampoeng Irigasi Menawarkan Wisata Air

Wisata Baru di Desa Sukanagalih

Mustofa

Rabu, 10 Januari 2018 - 00:46 WIB

Foto: Mustofa/BC
Foto: Mustofa/BC
A A A

Beritacianjur.com - BERMODALKAN menjaga dan melestarikan lingkungan dengan potensi mengembangkan wilayah pedesaaan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet membuat gebrakan dengan menata irigasi menjadi lokasi wisata yang bernuansa alam dan layak untuk dikunjungi.

Bertajuk Kampung Irigasi, Irigasi Cinangka yang awalnya ditumbuhi rumput liar dan tidak terurus, kini menjadi salah satu lokasi wisata baru yang ada diwilayah kawasan wisata Cipanas. Tentu saja penggalian potensi lokal tersebut tidak terlepas dari kreativitas dari jajaran pengurus BUMDes Sukanagalih.

"Kenapa tidak kita memiliki potensi alam yang masih benar-benar 'perawan' tidak kita gali. Selagi kita masih konsen dalam menjaga kelestarian lingkungan, kita manfaatkan lokasi yang ada, hasilnya ternyata mendapat sambutan baik," kata Direktur BUMDes Desa Sukanagalih, Abdul Hamid saat dihubungi "BC", Selasa (9/1/2018)

Dikatakan Hamid, lahan irigasi yang dimanfaatkan tersebut adalah irigasi Cinangka yang diapit oleh sungai Cikundul. Tentu saja melihat potensinya, wisata yang ditawarkan adalah wisata air.

“Lahan yang semula ditumbuhi rumput liar sudah dibersihkan. Setelah itu membuat beberapa saung peristirahatan. Setelah bersih, mulailah kami menyediakan perlengkapan sederhana untuk tubing (papalidan, red) berupa ban dalam besar, rompi pelampung dan helm adventure,” ujarnya.

Begitu dibuka untuk umum, tidak disangka banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk berwisata air. Awalnya hanya pengunjung dari sekitar lokasi, ternyata dalam perjalanannya banyak pengunjung yang datang dari luar Cipanas.

Untuk mempromosikan lokasi wisata air tersebut Hamid mengaku hanya memanfaatkan media sosial dan dari mulut-kemulut. "Promosinya ya biasa saja, layaknya promosi lokasi wisata yang baru, tapi kebanyakan sepertinya tahu dari media sosial dan dari mulut kemulut saja," paparnya.

Pada musim liburan sekolah yang lalu, jelas Hamid, pengunjung yang datang ke Kampung Irigasi untuk berwisata air mencapai sekitar 1000 pengunjung bahkan lebih. Jumlah ini diluar dugaan dan prediksinya.

"Sepuluh hari terakhir saat libur sekolah, pengunjung luar biasa yang datang. Kita sempat keteteran, tapi berkat kerjasama tim pengelola, semuanya berjalan dengan baik," katanya.

Tentu saja hal itu bisa meraup sejumlah uang dari penyewaan penggunaan ban sebagai plampung untuk bermain di air. Walaupun terkesan seadanya, unit usaha wisata membukukan pengasilan Rp 20 juta dalam sepuluh hari terakhir liburan sekolah.

"Kita hanya menyewakan ban itu Rp 10 ribu/buah. Dengan pengunjung yang banyak penghasilan yang didapat bisa mencapai sekitar Rp 20 jutaan. Jumlah yang diluar prediksi kita," katanya.

Melihat sambutan masyarakat yang antusias atas keberadaan Kampung Irigasi tersebut pihaknya terus menata dan mengembangkan potensi alam yang masih ada. "Ini sebuah tantangan, kedepan kita standar fasilitas ditambah, seperti home stay, edukasi pertanian, plying fox," kata Hamid seraya menambahkan pihaknya melayani tour gate. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…