Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Kampoeng Irigasi Menawarkan Wisata Air

Wisata Baru di Desa Sukanagalih

Mustofa

Rabu, 10 Januari 2018 - 00:46 WIB

Foto: Mustofa/BC
Foto: Mustofa/BC
A A A

Beritacianjur.com - BERMODALKAN menjaga dan melestarikan lingkungan dengan potensi mengembangkan wilayah pedesaaan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet membuat gebrakan dengan menata irigasi menjadi lokasi wisata yang bernuansa alam dan layak untuk dikunjungi.

Bertajuk Kampung Irigasi, Irigasi Cinangka yang awalnya ditumbuhi rumput liar dan tidak terurus, kini menjadi salah satu lokasi wisata baru yang ada diwilayah kawasan wisata Cipanas. Tentu saja penggalian potensi lokal tersebut tidak terlepas dari kreativitas dari jajaran pengurus BUMDes Sukanagalih.

"Kenapa tidak kita memiliki potensi alam yang masih benar-benar 'perawan' tidak kita gali. Selagi kita masih konsen dalam menjaga kelestarian lingkungan, kita manfaatkan lokasi yang ada, hasilnya ternyata mendapat sambutan baik," kata Direktur BUMDes Desa Sukanagalih, Abdul Hamid saat dihubungi "BC", Selasa (9/1/2018)

Dikatakan Hamid, lahan irigasi yang dimanfaatkan tersebut adalah irigasi Cinangka yang diapit oleh sungai Cikundul. Tentu saja melihat potensinya, wisata yang ditawarkan adalah wisata air.

“Lahan yang semula ditumbuhi rumput liar sudah dibersihkan. Setelah itu membuat beberapa saung peristirahatan. Setelah bersih, mulailah kami menyediakan perlengkapan sederhana untuk tubing (papalidan, red) berupa ban dalam besar, rompi pelampung dan helm adventure,” ujarnya.

Begitu dibuka untuk umum, tidak disangka banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk berwisata air. Awalnya hanya pengunjung dari sekitar lokasi, ternyata dalam perjalanannya banyak pengunjung yang datang dari luar Cipanas.

Untuk mempromosikan lokasi wisata air tersebut Hamid mengaku hanya memanfaatkan media sosial dan dari mulut-kemulut. "Promosinya ya biasa saja, layaknya promosi lokasi wisata yang baru, tapi kebanyakan sepertinya tahu dari media sosial dan dari mulut kemulut saja," paparnya.

Pada musim liburan sekolah yang lalu, jelas Hamid, pengunjung yang datang ke Kampung Irigasi untuk berwisata air mencapai sekitar 1000 pengunjung bahkan lebih. Jumlah ini diluar dugaan dan prediksinya.

"Sepuluh hari terakhir saat libur sekolah, pengunjung luar biasa yang datang. Kita sempat keteteran, tapi berkat kerjasama tim pengelola, semuanya berjalan dengan baik," katanya.

Tentu saja hal itu bisa meraup sejumlah uang dari penyewaan penggunaan ban sebagai plampung untuk bermain di air. Walaupun terkesan seadanya, unit usaha wisata membukukan pengasilan Rp 20 juta dalam sepuluh hari terakhir liburan sekolah.

"Kita hanya menyewakan ban itu Rp 10 ribu/buah. Dengan pengunjung yang banyak penghasilan yang didapat bisa mencapai sekitar Rp 20 jutaan. Jumlah yang diluar prediksi kita," katanya.

Melihat sambutan masyarakat yang antusias atas keberadaan Kampung Irigasi tersebut pihaknya terus menata dan mengembangkan potensi alam yang masih ada. "Ini sebuah tantangan, kedepan kita standar fasilitas ditambah, seperti home stay, edukasi pertanian, plying fox," kata Hamid seraya menambahkan pihaknya melayani tour gate. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 24 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 29 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 24 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 24 jam yang lalu

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…