Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Kampoeng Irigasi Menawarkan Wisata Air

Wisata Baru di Desa Sukanagalih

Mustofa

Rabu, 10 Januari 2018 - 00:46 WIB

Foto: Mustofa/BC
Foto: Mustofa/BC
A A A

Beritacianjur.com - BERMODALKAN menjaga dan melestarikan lingkungan dengan potensi mengembangkan wilayah pedesaaan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet membuat gebrakan dengan menata irigasi menjadi lokasi wisata yang bernuansa alam dan layak untuk dikunjungi.

Bertajuk Kampung Irigasi, Irigasi Cinangka yang awalnya ditumbuhi rumput liar dan tidak terurus, kini menjadi salah satu lokasi wisata baru yang ada diwilayah kawasan wisata Cipanas. Tentu saja penggalian potensi lokal tersebut tidak terlepas dari kreativitas dari jajaran pengurus BUMDes Sukanagalih.

"Kenapa tidak kita memiliki potensi alam yang masih benar-benar 'perawan' tidak kita gali. Selagi kita masih konsen dalam menjaga kelestarian lingkungan, kita manfaatkan lokasi yang ada, hasilnya ternyata mendapat sambutan baik," kata Direktur BUMDes Desa Sukanagalih, Abdul Hamid saat dihubungi "BC", Selasa (9/1/2018)

Dikatakan Hamid, lahan irigasi yang dimanfaatkan tersebut adalah irigasi Cinangka yang diapit oleh sungai Cikundul. Tentu saja melihat potensinya, wisata yang ditawarkan adalah wisata air.

“Lahan yang semula ditumbuhi rumput liar sudah dibersihkan. Setelah itu membuat beberapa saung peristirahatan. Setelah bersih, mulailah kami menyediakan perlengkapan sederhana untuk tubing (papalidan, red) berupa ban dalam besar, rompi pelampung dan helm adventure,” ujarnya.

Begitu dibuka untuk umum, tidak disangka banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk berwisata air. Awalnya hanya pengunjung dari sekitar lokasi, ternyata dalam perjalanannya banyak pengunjung yang datang dari luar Cipanas.

Untuk mempromosikan lokasi wisata air tersebut Hamid mengaku hanya memanfaatkan media sosial dan dari mulut-kemulut. "Promosinya ya biasa saja, layaknya promosi lokasi wisata yang baru, tapi kebanyakan sepertinya tahu dari media sosial dan dari mulut kemulut saja," paparnya.

Pada musim liburan sekolah yang lalu, jelas Hamid, pengunjung yang datang ke Kampung Irigasi untuk berwisata air mencapai sekitar 1000 pengunjung bahkan lebih. Jumlah ini diluar dugaan dan prediksinya.

"Sepuluh hari terakhir saat libur sekolah, pengunjung luar biasa yang datang. Kita sempat keteteran, tapi berkat kerjasama tim pengelola, semuanya berjalan dengan baik," katanya.

Tentu saja hal itu bisa meraup sejumlah uang dari penyewaan penggunaan ban sebagai plampung untuk bermain di air. Walaupun terkesan seadanya, unit usaha wisata membukukan pengasilan Rp 20 juta dalam sepuluh hari terakhir liburan sekolah.

"Kita hanya menyewakan ban itu Rp 10 ribu/buah. Dengan pengunjung yang banyak penghasilan yang didapat bisa mencapai sekitar Rp 20 jutaan. Jumlah yang diluar prediksi kita," katanya.

Melihat sambutan masyarakat yang antusias atas keberadaan Kampung Irigasi tersebut pihaknya terus menata dan mengembangkan potensi alam yang masih ada. "Ini sebuah tantangan, kedepan kita standar fasilitas ditambah, seperti home stay, edukasi pertanian, plying fox," kata Hamid seraya menambahkan pihaknya melayani tour gate. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…