Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Pengolahan Pakai Cacing Curi Perhatian

Pengelolaan Sampah Organik

Nuki Nugraha

Kamis, 11 Januari 2018 - 21:47 WIB

Foto: Nuki Nugraha/BC
Foto: Nuki Nugraha/BC
A A A

Beritacianjur.com - SISTEM pengelolaan sampah organik dengan cara bantuan cacing, mencuri perhatian warga RW 05 Kampung Babakanlaban, Desa Bojongpicung yang hadir pada kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah di Madrasah Assyalafiyah, Kamis (11/1).

Beberapa warga, tampak antusias mengajukan pertanyaan seputar pengelolaan sampah organik dengan bantuan hewan cacing kepada Hendra Malik selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Seperti diutarakan Ketua RT 05/05, Hj Nurliya yang menanyakan bisa tidaknya sampah organik memiliki nilai manfaat ekonomis sepertihalnya sampah anorganik.

"Pengolahan sampah organik selain dibuang begitu saja, bisa nga dimanfaatkan sehingga bernilai elonomis?,"tanya Nurliya.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Hendra terlebih dahulu memaparkan apa yang dimaksud dengan sampah organik dan anorganik, berikut dengan jenis sampahnya.

"Intinya, jenis sampah organik itu bahannya berasal dari alam dan mudah hancur (kembali ke alam). Contohnya bisa berupa bahan daun daunan dan lainnya, "terang Hendra seraya mencontohkan juga sampah yang termasuk anorganik seperti plastik, baja, besi dan lainya.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk pengolahan sampah organik jelas Hendra, pertama bisa dengan cara dibuang ke lubang biopori yang sebelumnya dibuat terlebih dahulu, kedua dengan cara bantuan hewan cacing.

"Nah pengolahan sampah dengan bantuan cacing ini nantinya bisa bernilai ekonomis. Kita bisa sekaligus beternak cacing, soalnya harga perKgnya dipasaran cukup lumayan,"terang Hendra sambil menyebutkan nama cacing yang dimaksud yaitu cacing Tiger.

Pada kesempatan itu Hendra kembali menjelaskan sistem pengelolaan sampah yang dijalankan Bank Sampah miliknya, yaitu dengan cara memilih dan memilah sampah rumah tangga.

"Sistem ini sebenarnya tidak ribet, bisa dijalankan semua warga di rumahnya masing masing. Yang penting ada kemuan untuk mau memilih dan memilah, mana sampah yang termasuk jenis organik dan mana yang anorganik,"ucapnya.

Setelah mendengar pemaparan narasumber warga lainnya Yuyun Sugilar menyatakan dukunganya dengan program pengelolaan sampah sebagaimana yang disampaikan narasumber.

"Saya sambut positif program ini. Lingkungan bersih kan buat kita juga, termasuk lingkungan disekitar Bale Sawala harus terlihat hijau,"kata Yuyun.

Tidak hanya sekadar Yuyun yang menyambut baik program pengelolaan sampah yang diusung narasumber, warga lainnyapun khususnya kaum ibu sepakat untuk menjalankannya.

"Jadi bisa di mulai kapan Pa Hendra program ini teh, bisa secepatnya?,"kata salah seoranb ibu yang diikuti rekan rekannya.

Sementara itu Kaur Umum Desa Bojongpicung, Gunawan Asikin mengatakan hasil kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah ini nantinya akan ada tindaklanjutnya, yaitu melibatkan semua elemen masyarakat.

"Intinya pesan pa Kades, mari bersama sama untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kampung Desa Bojongpicung,"tandasnya. (*)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…