Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Dua Siswa SLB Raih Prestasi Pencaksilat

Apip Samlawi

Kamis, 11 Januari 2018 - 21:49 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

Beritacianjur.com - KETERBATASAN fisik mapun metal bukan suatu halangan untuk bisa menggapai prestasi. Seperti halnya, dua siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Cahaya Gemilang Pertiwi, Kampung Kajar kajar, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi.

Meski keduanya menderita keterbelakangan fisik tuna rungu, namun mampu meraih prestasi juara pada lomba seni bela diri Pencaksilat tingkat Kabupaten Cianjur.

Tidak hanya itu saja, kedua siswa tersebut, sering tampil di berbagai epen yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, seperti  pada acara  pameran pendidikan tingkat Kabupaten Cianjur April 2017.  

Keduanya tampil dengan dibantu gerakan literasi, hingga mampu menampilkan  gerakan silatnya dengan baik dan layaknya seperti pesilat normal lainnya.

Kepala SLB  Cahaya Gemilang Pertiwi, Neneng Fitria Ekasari menerangkan,  melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada seluruh siswa SLB, itu harus  memiliki  kemampuan yang khusus, sabar, telaten dan paham memiliki karakter seluruh siswanya, mendidiknya lebih pada kareteristrik pengembangan siswa.

Seperti mengajarkan gerakan pencak silat pada dua orang siswa yang tuna rungu, Rizal dan Irsad, itu dilaksanakan  dengan ketelatenan yang mengikuti karakter, bakat dan kemampuannya kedua anak tersebut, yang akhirnya mampu mendapat prestasi.

"Prestasi diciptakan oleh diri sendiri, tidak terkecuali dengan anak - anak berkebutuhan khusus, mereka hanya butuh strategi, bimbingan yang tepat dan diberi kesempatan untuk berkembang menunjukan potensi diri" ucap dia.

Sementara itu, Kepala Desa Kertasari H. M. Rudayat menambahakan, dengan adanya dua orang siswa SLB  Cahaya Gemilang Pertiwi, pihaknya merasa bangga dan bersyukur, karena  adanya SLB di Desa Kertasari, itu  tidak sia-sia banyak mencetak karakristrik siswa yang keterbelakangan metal maupun keterbelakangan pisik.

Siswa yang mengikuti belajar di SLB Cahaya Gemilang Pertiwi, itu tidak hanya warga Desa Kertasari saja, melainkan  banyak siswa  yang memiliki keterbelakangan jiwa dan pisik dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Haurwangi, ikut belajar di SLB Cahaya  Gemilang Pertiwi, dengan itu semoga saja kedepannya  SLB tersebut semakin berpresatasi dan berhasil mendidik seluruh siswanya, Ucap H.Rudayat pada wartawan kemarin. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 3 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Bisnis Line 13 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.