Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Camat : Papan Proyek Wajib Dipasang

Proyek Jembatan Dermaga

Nuki Nugraha

Kamis, 11 Januari 2018 - 21:50 WIB

Foto: Nuki Nugraha/BC
Foto: Nuki Nugraha/BC
A A A

Beritacianjur.com - CAMAT Bojongpicung, Pudjo Nugroho mengatakan papan proyek wajb dipasang untuk setiap proyek pemerintah, termasuk proyek pembangunan jembatan dermaga yang didanai CSR PLN.

Hal tersebut ditegaskan orang nomor satu di wilayah Kecamatan Bojongpicung itu, saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan proyek jembatan dermaga, Kecamatan Bojongpicung yang hingga saat ini tidak dilengkapi dengan papan proyek di lokasi pekerjaan.

"Ya harusnya sih di lengkapi dengan papan proyek, kan itu juga proyek pemerintah. Nanti saya coba hubungi pengawasnya,"kata Pudjo saat ditemui di kantornya, Kamis (11/1).

Sebelumnya, warga Desa/Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meminta pihak kontraktor pelaksana proyek pembangunan jembatan Dermaga, tidak asal membangun. Pasalnya, jembatan merupakan akses vital yang nantinya digunakan masyarakat.

Tokoh Masyakarat Bojongpicung Wayway Soewarha mengatakan, jembatan merupakan proyek yang sangat vital, karena itu dalam pelaksanaan pembangunannya harus benar benar diperhatikan aspek kualitasnya, artinya tidak asal jadi begitu saja.

“Proyek ini memang didanai CSR PT PLN. Tapi tetap saja, jangan karena judulya pemberian, terus pengerjaannya malah asal asalan, mengabaikan kualitas,”ujar Wayway kepada Berita Cianjur.

Menurut tokoh masyarakat yang aktif menjadi BPD Desa Bojongpicung itu, salah satu upaya agar kualitas pekerjaan sesuai dengan kualitas, minimal ada transparansi kepada masyarakat dari pihak kontraktor soal pekerjaan yang saat ini tengah mereka laksanakan. Jadi jelasnya, secara tidak langsung masyarakat ikut diajak dalam melakukan pengawasan pengerjaan dilapangan.

“Paling tidak ada papan proyek yang di pasang di lokasi. PT PLN kan milik pemerintah, dana yang digunakan untuk membiayai pembangunan jembatan tentunya bersumber dari dana masyarakat. Jadi apa salahnya kalau masyarakat juga ingin kalau pembangunan jembatan ini berkualitas bagus,”jelasnya.

Ditegaskan Wayway, kalau masyarakat juga berhak ikut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan proyek pemerintah, karena nantinya yang akan menikmati langsung hasil pembangunan adalah masyarakat.

“Kalau hasilnya buruk kan yang merasakan ruginya masyarakat juga. Apalagi kalau sampai ada dampak yang sampai mengakibatkan jatuh korban, bisa jadi panjang itu,”ucapnya.

Sebelumnya,  informasi kepada publik baru baru ini dipublikasikan pihak rekanan pelaksana proyek pembangunan jembatan Dermaga, Kecamatan Bojongpicung melalui media berupa spanduk.

Sayangnya, publikasi yang disampaikan rekanan itu bukan berupa informasi sebagaimana lazimnya yang dipampang pada papan proyek pemerintah, melainkan baru sebatas informasi permohonan maaf adanya kemungkinan ganguan bagi pengguna jalan, akibat pelaksanaan proyek.

Pantauan Berita Cianjur, tampak terbentang spanduk pemberitahuan p di lokasi, bertuliskan permohonan maaf kepada para pengguna jalan menyusul adanya kegiatan pembangunan.

Di kiri spanduk terpampang logo khas PLN, sementara  di pojok kanan tercantum nama rekanan yakni Beverint Hydro Tech Konsorsium dan dibawahnya tercantum nama rekanan konsultan perencana, PT Gumilang Sejati.

Salah seorang pengamat pembangunan asal Timur Cianjur, Wawan K saat dimintai tanggapannya terkait soal ini memberikan apresiasi atas sikap rekanan.

Menurutnya, informasi yang dipublish rekanan melalui media spanduk yang berisikan permohonan maaf kepada para pengguna jalan atas adanya aktivitas proyek di lokasi memang perlu dilakukan, sebagai upaya meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Saya kira langkah yang dilakukan rekanan untuk soal pemasangan spanduk itu sudah tepat dan bagus, "ujar Wawan.

Namun sambung Wawan, akan sangat lebih tepat, bagus dan sesuai kaidah aturan, kalau pihak reknan juga memasang spanduk soal informasi detail proyek, seperti nilai anggaran, no SPK, sumber dana dan masa waktu pengerjaan.

"Soal informasi itu juga jangan sampai dilupakan rekanan, karena publik juga berhak mengetahuinya, sebab proyek pembangunan jembatan ini kan bukan proyek swasta,"kata Wawan.

Kembali Wawan mengingatkan, pemasangan papan proyek dilokasi itu sebagai wujud upaya dilaksanakannya transparansi yang dilakukan rekanan kepada masyarakat.

"Kan jadi aneh juga, kalau hanya diminta memasang informasi itu saja rekanan malah ogah ogahan. Ada apa yah, jangan sampai nanti menjadi preseden buruk bagi pihak yang sudah memberi pekerjaan loh gara gara soal ini,"ungkapnya.

Sementara beberapa orang pihak dari rekanan saat dihubungi untuk dimintai tanggapannya soal ini, hingga berita ini diturunkan masih belum memberikan jawaban. Pesan singkat melalui layanan SMS dari wartawan ke nomor telephone selularnya tak juga mendapat balasan. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…