Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Polres Cianjur Tingkatkan Pengawasan industri Rumahan

Pasca Terungkapnya Pabrik Mie Berformalin Oleh Direskrimsus Polda Jabar

Angga Purwanda

Kamis, 11 Januari 2018 - 21:55 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur langsung bergerak cepat dengan menerjunkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk melakukan pengawasan dan pendataan terkait industri rumahan yang ada di Kabuapaten Cianjur.

Hal itu dilakukan, pasca terbongkarnya pabrik mie berbahan formalin oleh Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jawa Barat di wilayah Kabupaten Cianjur.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, mengatakan, jajarannya akan lebih meningkatkan pengawasan terhadap industri-industri, mulai dari skala kecil hingga besar yang ada di Kabupaten Cianjur dengan melibatkan langsung para Bhabinkamtibmas yang ada disetiap desa.

Soliyah menyebutkan, peningkatan pengawasan itu untuk mengetahui aktifitas setiap industri, terutama industri bahan makanan yang ada di wilayah itu. “Saya sudah berkoordinasi dengan Wakil Bupati Cianjur,  untuk bersama-sama turun ke lapangan dengan melakukan penegcekan dan pemeriksaan setiap industri, skala kecil hingga besar, terutama industri bahan makanan,” kata Soliyah, kepada wartawan, Kamis (11/1/2018).

Dijelaskan Soliyah, jajarannya akan memberikan tindak tegas terhadap para pengusaha atau pemilik industri yang memang melakukan pelanggaran. “Untuk yang diungkap oleh Direskrimsus, mereka memang baru beroperasi beberapa waktu di wilayah Cianjur. Tapi ini menjadi perhatian serius kami untuk lebih meningkatkan pengawasan setiap aktifitas industri di Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Sebelumnya, Direskrimsus Polda Jawa Barat berhasil menangkap Miftah Supriatna (51) pemilik pabrik mie berbahan formalin di wilayah Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. Dari hasil pengungkapan itu, petugas menyita ton-an mie berformalin siap edar.

“Ini terungkap dari hasil penyelidikan petugas di Pasar Caringin, Kota Bandung terkait ditemukannya mie berbahan formalin. Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut diketahui, jika mie tersebut di produksi di wilayah Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur,” jelas Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Dari hasil pengembangan itu, sebut Agung, jajarannya berhasil menangkap pemilik industri, Miftah Supriatna (51). Jajarannya berhasil menyita satu ton mie berformalin beserta bahan-bahan produksi lainnya.

“Miftah kini ditahan di Mapolda Jabar. Tersangka dikenakan Pasal 135 huruf a dan b Undang-undang Nomor 18 Thun 2012 Tentang Pangan‎ dengan ancaman hukuman penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar. Dari pengakuan tersangka sudah memproduksi mie formalin sejak 10 bulan yang lalu dengan produksi tiap dua hari seberat 800 kilogram hingga 950 kilogram dan dipasarkan di Pasar Caringin Bandung," pungkas Agung. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…