Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Wabup: Hari Ini Harga Daging Ayam di Cianjur Rp 33 Ribu/Kg

Jika Ditemukan Harga Diluar Kesepakatan Pedagang Akan Ditindak Tegas

Angga Purwanda

Senin, 15 Januari 2018 - 22:51 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - MENGHILANGNYA daging ayam potong di sejumlah Pasar Tradisional di Cianjur dalam tiga hari terakhir, akibat mogok berjualannya pedagang membuat Pemkab Cianjur bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan itu.

Pemkab Cianjur memastikan mulai Selasa (16/1/2018) harga daging ayam potong di Kabupaten Cianjur menjadi Rp 33 ribu per kilogram. Penetapan itu keluar setelah digelar rapat koordinasi antara peternak, pedagang, Pemkab Cianjur dan unsur Muspida lainnya di ruang Wakil Bupati Cianjur, Senin (15/1/2018).

"Mulai besok, pedagang akan kembali berjualan seperti biasa dengan harga maksimal di pengecer sebesar Rp 33 ribu per kilogram. Harga ini sesuai dengan kesepakatan dengan berbagai pihak yang hadir dalam rapat koordinasi tadi (kemarin, red)," ujar Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman kepada wartawan usai rapat.

Herman menyebutkan, jika ada pedagang yang menjual harga daging ayam di atas Rp 33 ribu per kilogram, maka Asosiasi Pedagang Daging Domba Ayam dan Sapi (APDDAS) Kabupaten Cianjur bakal turun tangan. "Warga Cianjur silakan belanja lagi ke pasar, kalau ada yang masih mahal silakan lapor. Nanti APDDAS yang menindak," katanya.

Herman mengungkapkan, kenaikan harga daging ayam beberapa hari lalu disebabkan sejumlah faktor, yakni broker yang diduga memainkan harga dan cuaca. Menurutnya, didapati jika cuaca yang sering hujan disertai angin kencang membuat banyak ayam peternak mati, sehingga produksi dan stok berkurang.

"Selain itu diduga ada broker yang bermain. Tapi masih didalami, belum dipastikan broker mana yang bermain. Tapi kalau memang sudah didapatkan data valid, kami akan koordinasi dengan Polres Cianjur. Pasalnya Polres sudah instruksikan Satreskrim untuk tindak broker yang bermain harga," tuturnya.

Di samping itu, lanjut dia, Pemkab bakal membuat kesepakatan dengan peternak dan pedagang untuk memastikan harga tetap stabil dalam jangka panjang. Maka dari itu, dalam kesepakatan bakal ditentukan harga tertinggi di peternak, sehingga dalam kondisi apapaun harga daging ayam paling tinggi Rp 33 ribu per kilogram. "Kesepakatannya bakal disusun dan segera ditetapkan," tuturnya.

Sementara itu, Owner PT QL Trimitra, Drh Cecep Moch Wahyudin, menuturkan, pihaknya bakal turut memenuhi kebutuhan daging ayam di Cianjur sekitar 100 sampai 200 ton. Dengan begitu, diharapkan penekanan harga hingga Rp 33 ribu per kilogram bisa terus berjalan dalam waktu panjang.

"Sebenarnya kalau berdasarkan hitungan, dengan harga Rp 33 ribu itu semua sudah untung. Peternak untung, begitu juga dengan broker, rumah potong, dan pedagang," kata Cecep.

Cecep menyatakan, jika kenaikan harga di awal tahun ini merupakan titik tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga perlu ada upaya lebih lanjut untuk menstabilkan harga ke depan. Cecep  menyetujui pembuatan kesepakatan antara peternak dan pedagang agar harga stabil dalam waktu panjang.

"Kesepakatan itu perlu, jadi tidak ada lagi yang bermain harga. Saya rasa dengan penetapan harga di rencana kesepakatan (MoU, red) itu, semua pihak bakal diuntungkan. Tinggal penambahan beberapa poin yang dirasa perlu, seperti adanya ketentuan jika pedagang membeli stok itu dari peternak Cianjur. Saya rasa itu bakal membuat harga stabil dalam jangka panjang," jelasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…

Aktualita 12/07/2018 07:00 WIB

Bukti Kuat untuk Aparat

PENGAKUAN dan penjelasan dugaan kuat pelanggaran pada Megaproyek Campaka terus bermunculan. Mulai dari masyarakat, aktivis, wakil rakyat hingga pakar hukum. Lalu, mengapa aparat penegak hukum belum bertindak?

Cianjur Euy 11/07/2018 21:36 WIB

Pemkab Cianjur Siap Antisipasi Kekeringan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur menyiapkan langkah antisipasi terjadinya dampak kekeringan yang diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang.