Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Angga Purwanda

Senin, 15 Januari 2018 - 22:53 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Adam, salah seorang pengendara sepeda motor mengaku, khawatir saat melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur yang masih terdapat pohon-pohon besar yang sudah berusia tua dan lapuk.

"Cukup khawatir juga, takut pohon tumbang. Apalagi jalur itu banyak di tumbuhi pohon rindang di kiri kanan jalannya," kata Adam, kepada wartawan, Senin (15/1/2018).

Adam meminta, Pemkab Cianjur untuk melakukan antisipasi dengan cara memangkas atau menebang dahan dan pohon yang memang berpotensi roboh.

"Agar tidak terjadi musibah, harus segera di lakukan antisipasi terutama memangkas dan menebang pohon yang berpotensi roboh. Jangan menunggu dulu ada korban yang tertimpa pohon tumbang, baru pemerintah bergerak," ucapnya.

Sebelumnya, akibat terjangan angin kencang sebuah pohon yang berusia tua di ruas Jalan Perintis Kemerdekaan tumbang dan menimpa satu unit angkutan umum bernomor polisi (Nopol) F 1935 ZB jurusan Cianjur-Cibeber Selasa (9/1/2018) sekitar pukul 12.30 WIB.

Akibat musibah itu, sebelas orang penumpang angkum yang merupakan siswa SMK Perhotelan Cianjur mengalami luka-luka, terdiri dari tujuh orang pelajar laki-laki dan empat orang pelajar perempuan.

Nano Kasman (29), sopir angkum nahas itu, menyebutkan, kejadian itu terjadi secara tiba-tiba saat angkum yang dikendarainya melaju dari arah Cianjur menuju Cibeber, tepat dilokasi kejadian muncul angin kencang yang kemudian merobohkan pohon yang berada di kanan jalan, dan langsung menimpa angkumnya.

“Penumpang semuanya 11 orang yang merupakan pelajar SMK Perhotelan yang biasa abudemen angkum. Mereka mengalami luka-luka, karena pecahan kaca, tapi mereka langsung dibawa pulang. Karena luka yang mereka alami, hanya luka ringan,” jelas Kasman.

Kasman mendesak pemerintah daerah segera menebang pohon besar yang sudah tua. Dikhawatirkan, pohon-pohon tersebut bertumbangan dan mengancam pengendara yang melintas. "Jangan sampai timbul korban dulu, baru bertindak. Saya harapkan segera diselesaikan masalah pohon yang sudah tua," ungkapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…

Aktualita 19/02/2018 08:05 WIB

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 19/02/2018 08:00 WIB

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.