Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Angga Purwanda

Senin, 15 Januari 2018 - 22:53 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Adam, salah seorang pengendara sepeda motor mengaku, khawatir saat melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur yang masih terdapat pohon-pohon besar yang sudah berusia tua dan lapuk.

"Cukup khawatir juga, takut pohon tumbang. Apalagi jalur itu banyak di tumbuhi pohon rindang di kiri kanan jalannya," kata Adam, kepada wartawan, Senin (15/1/2018).

Adam meminta, Pemkab Cianjur untuk melakukan antisipasi dengan cara memangkas atau menebang dahan dan pohon yang memang berpotensi roboh.

"Agar tidak terjadi musibah, harus segera di lakukan antisipasi terutama memangkas dan menebang pohon yang berpotensi roboh. Jangan menunggu dulu ada korban yang tertimpa pohon tumbang, baru pemerintah bergerak," ucapnya.

Sebelumnya, akibat terjangan angin kencang sebuah pohon yang berusia tua di ruas Jalan Perintis Kemerdekaan tumbang dan menimpa satu unit angkutan umum bernomor polisi (Nopol) F 1935 ZB jurusan Cianjur-Cibeber Selasa (9/1/2018) sekitar pukul 12.30 WIB.

Akibat musibah itu, sebelas orang penumpang angkum yang merupakan siswa SMK Perhotelan Cianjur mengalami luka-luka, terdiri dari tujuh orang pelajar laki-laki dan empat orang pelajar perempuan.

Nano Kasman (29), sopir angkum nahas itu, menyebutkan, kejadian itu terjadi secara tiba-tiba saat angkum yang dikendarainya melaju dari arah Cianjur menuju Cibeber, tepat dilokasi kejadian muncul angin kencang yang kemudian merobohkan pohon yang berada di kanan jalan, dan langsung menimpa angkumnya.

“Penumpang semuanya 11 orang yang merupakan pelajar SMK Perhotelan yang biasa abudemen angkum. Mereka mengalami luka-luka, karena pecahan kaca, tapi mereka langsung dibawa pulang. Karena luka yang mereka alami, hanya luka ringan,” jelas Kasman.

Kasman mendesak pemerintah daerah segera menebang pohon besar yang sudah tua. Dikhawatirkan, pohon-pohon tersebut bertumbangan dan mengancam pengendara yang melintas. "Jangan sampai timbul korban dulu, baru bertindak. Saya harapkan segera diselesaikan masalah pohon yang sudah tua," ungkapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…