Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

Tim Asuhan Djanur Saingi Persib di Puncak

Gie/Angga/bbs

Rabu, 17 Januari 2018 - 07:55 WIB

foto:net
foto:net
A A A

Beritacianjur.com - PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Di hadapan Presiden Jokowi, tim berjuluk Pangeran Biru itu mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Selasa (16/1/2018).

Pada laga kemarin, Pertandingan babak pertama berjalan dalam tempo sedang dengan penguasaan bola berimbang. Sriwijaya FC mengambil inisiatif serangan melalui Muhammad Nur Iskandar yang bergerak dari sayap kiri. Namun duet Achmad Jufriyanto dan Bojan Malisic masih terlalu tangguh untuk bisa ditembus. Persib mendapat peluang dari tendangan sudut pertama yang dieksekusi Oh In-Kyun. Namun peluang itu gagal berbuah gol.

Selanjutnya, Persib mulai menguasai permainan. Aksi Puja Abdillah dan Fulgensius Billy Paji Keraf mewarnai dominasi Persib atas tim tamu.

Pada menit 11, striker Sriwijaya FC, Alberto Gonzalves mengancam lewat tendangan voli di dalam kotak penalti. Tapi, arahnya masih melenceng‎ ke sisi kanan gawang Muhammad Natshir. Pada menit 26, ‎Novan Setyo Sasongko diganjar kartu kuning usai melanggar Billy.

Persib semakin gencar melancarkan serangan. Ezechiel N'Douassel mendapat peluang terbaik di menit ke-31 setelah melewati kawalan Bio Paulin Pierre dan Mamadou Ndiaye. Tapi, tendangan Ezechiel masih melebar. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persib menekan melalui set-piece Michael Essien di depan kotak penalti, namun masih bisa dihalau Teja Paku Alam.

Stadion GBLA akhirnya bergemuruh setelah tendangan Oh In-Kyun merobek gawang Teja Paku Alam pada menit ke-55‎.

‎Pergantian pemain pertama di laga ini dilakukan Sriwijaya FC pada menit ke-63. Pelatih Rahmad Darmawan memasukkan Alfin Tuasalamony dan Yogi Rahadian menggantikan Marckho Sandi Merauje dan Syahrian Abimanyu

Sementara Persib menarik Eka Ramdani dan Michael Essien pada menit 71 dan memasukan Hariono dan Dedi Kusnadar. Selanjutnya, Puja Abdillah yang meringis kesakitan setelah dilanggar Alfin digantikan Airlangga Sutjipto. Billy juga ditarik keluar dan digantikan Indra Mustaffa.

Persib terancam oleh tendangan Patrich Wanggai, namun tendangannya masih melenceng. Di menit-menit akhir, Persib mendapatkan peluang dari tendangan bebas Supardi Nasir Bujang di sisi kiri. Namun, mistar gawang menggagalkan gol kedua Maung Bandung. Hingga pertandingan berakhir keunggulan Persib 1-0 atas Sriwijaya FC pun tak berubah.

Pelatih Persib Bandung Roberto Carlos Mario Gomez mengapresiasi dan memuji penampilan para pemainnya. Namun meski menang, Gomez menilai masih ada sejumlah kekurangan yang harus dibenahi agar tampil lebih baik di laga berikutnya.

"Ini kemenangan yang sangat penting bagi kami. Tapi yang lebih penting dari itu adalah kami berhasil menunjukkan kerja sama, bermain bersama-sama. Kami mampu menunjukkan permainan sebagai tim kuat," ujar Gomez saat konferensi pers usai pertandingan.

Gomez mengingatkan kepada para pemainnya bahwa lawan Sriwijaya baru laga perdana. Perjalanan Persib di Piala Presiden 2018 maupun di musim kompetisi 2018 secara keseluruhan, baru dimulai. 

Gomez berharap berharap para pemain bisa segera memperbaiki sejumlah kekurangan yang tampak di pertandingan perdana ini. "Kami harus bisa meningkatkan pola permainan saat menguasai bola atau tanpa bola. Saya akui kami masih terlalu cepat kehilangan bola di pertandingan ini. Namun masih ada waktu untuk memperbaiki itu," pungkasnya.

Sementara pada laga lainnya di Grup A yang disebut-sebut grup ‘neraka’, PSMS Medan menang 2-1 atas PSM Makassar di laga kedua grup Piala Presiden 2018. Berkat hasil itu, skuad asuhan Djadjang Nurdjaman bersaing dengan Persib Bandung di puncak klasemen grup "neraka" Piala Presiden.

PSMS Medan sempat tertinggal 0-1 sebelum membalikkan skor menjadi 2-1 atas Juku Eja. Gol salto Guy Junior itu memanfaat clearence tak sempurna bek PSMS Medan mengubah skor jadi 1-0.

Keunggulan PSM Makassar hanya bertahan hingga menit 38. Sepakan Suhandi yang dibelokkan pemain PSM Makassar, Elopere, menyamakan skor jadi 1-1.

Pada menit 66, PSMS Medan berbalik unggul berkat gol Antoni Putro. Memanfaatkan kesalahan Steven Paulle, Antoni Putro melepaskan tendangan menyusur tanah ke pojok gawang PSM Makassar.(*)

Susunan Pemain:

Persib (4-4-1-1): M. Natshir; Supardi (C), Bojan Malisic, Ahmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Billy Keraf (Indra Mustaffa), Michael Essien (Hariono), Eka Ramdani (Dedi Kusnandar), Puja Abdillah (Airlangga Sucipto); Oh In Kyun; Ezechiel N’Douassel.

Pelatih: Roberto Carlos Mario Gomez

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam; Marco Meraudje (Alfin Tuasalamony), Mahamadou Ndiaye, Bio Paulin, Novan Setya; Yu Hyun-koo (Zulfiandi), Syahrian Abimanyu (Yogi Rahadian), Adam Alis; Nur Iskandar (Patrich Wanggai), Makan Konate, Alberto Goncalves.

Pelatih: Rahmad Darmawan

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…

Cianjur Euy 19/02/2018 21:10 WIB

Jalur Puncak Terisolasi, Perekonomian Masyarakat Turun 70 Persen

TINGKAT perekonomian di kawasan Jalur Puncak-Bogor turun hingga 70 persen, sejak jalur itu ditutup. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Asep…

Cianjur Euy 19/02/2018 17:14 WIB

Personel Polres Cianjur Jalani Pemeriksaan Kesehatan Berkala

RATUSAN personel Polres Cianjur mengikuti pemeriksaan kesehatan yang digelar Biddokkes Polda Jawa Barat, di Aula Primkopol, Mapolres Cianjur, Senin (19/2/2018).

Aktualita 19/02/2018 08:05 WIB

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 19/02/2018 08:00 WIB

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.