Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

Tim Asuhan Djanur Saingi Persib di Puncak

Gie/Angga/bbs

Rabu, 17 Januari 2018 - 07:55 WIB

foto:net
foto:net
A A A

Beritacianjur.com - PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Di hadapan Presiden Jokowi, tim berjuluk Pangeran Biru itu mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Selasa (16/1/2018).

Pada laga kemarin, Pertandingan babak pertama berjalan dalam tempo sedang dengan penguasaan bola berimbang. Sriwijaya FC mengambil inisiatif serangan melalui Muhammad Nur Iskandar yang bergerak dari sayap kiri. Namun duet Achmad Jufriyanto dan Bojan Malisic masih terlalu tangguh untuk bisa ditembus. Persib mendapat peluang dari tendangan sudut pertama yang dieksekusi Oh In-Kyun. Namun peluang itu gagal berbuah gol.

Selanjutnya, Persib mulai menguasai permainan. Aksi Puja Abdillah dan Fulgensius Billy Paji Keraf mewarnai dominasi Persib atas tim tamu.

Pada menit 11, striker Sriwijaya FC, Alberto Gonzalves mengancam lewat tendangan voli di dalam kotak penalti. Tapi, arahnya masih melenceng‎ ke sisi kanan gawang Muhammad Natshir. Pada menit 26, ‎Novan Setyo Sasongko diganjar kartu kuning usai melanggar Billy.

Persib semakin gencar melancarkan serangan. Ezechiel N'Douassel mendapat peluang terbaik di menit ke-31 setelah melewati kawalan Bio Paulin Pierre dan Mamadou Ndiaye. Tapi, tendangan Ezechiel masih melebar. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persib menekan melalui set-piece Michael Essien di depan kotak penalti, namun masih bisa dihalau Teja Paku Alam.

Stadion GBLA akhirnya bergemuruh setelah tendangan Oh In-Kyun merobek gawang Teja Paku Alam pada menit ke-55‎.

‎Pergantian pemain pertama di laga ini dilakukan Sriwijaya FC pada menit ke-63. Pelatih Rahmad Darmawan memasukkan Alfin Tuasalamony dan Yogi Rahadian menggantikan Marckho Sandi Merauje dan Syahrian Abimanyu

Sementara Persib menarik Eka Ramdani dan Michael Essien pada menit 71 dan memasukan Hariono dan Dedi Kusnadar. Selanjutnya, Puja Abdillah yang meringis kesakitan setelah dilanggar Alfin digantikan Airlangga Sutjipto. Billy juga ditarik keluar dan digantikan Indra Mustaffa.

Persib terancam oleh tendangan Patrich Wanggai, namun tendangannya masih melenceng. Di menit-menit akhir, Persib mendapatkan peluang dari tendangan bebas Supardi Nasir Bujang di sisi kiri. Namun, mistar gawang menggagalkan gol kedua Maung Bandung. Hingga pertandingan berakhir keunggulan Persib 1-0 atas Sriwijaya FC pun tak berubah.

Pelatih Persib Bandung Roberto Carlos Mario Gomez mengapresiasi dan memuji penampilan para pemainnya. Namun meski menang, Gomez menilai masih ada sejumlah kekurangan yang harus dibenahi agar tampil lebih baik di laga berikutnya.

"Ini kemenangan yang sangat penting bagi kami. Tapi yang lebih penting dari itu adalah kami berhasil menunjukkan kerja sama, bermain bersama-sama. Kami mampu menunjukkan permainan sebagai tim kuat," ujar Gomez saat konferensi pers usai pertandingan.

Gomez mengingatkan kepada para pemainnya bahwa lawan Sriwijaya baru laga perdana. Perjalanan Persib di Piala Presiden 2018 maupun di musim kompetisi 2018 secara keseluruhan, baru dimulai. 

Gomez berharap berharap para pemain bisa segera memperbaiki sejumlah kekurangan yang tampak di pertandingan perdana ini. "Kami harus bisa meningkatkan pola permainan saat menguasai bola atau tanpa bola. Saya akui kami masih terlalu cepat kehilangan bola di pertandingan ini. Namun masih ada waktu untuk memperbaiki itu," pungkasnya.

Sementara pada laga lainnya di Grup A yang disebut-sebut grup ‘neraka’, PSMS Medan menang 2-1 atas PSM Makassar di laga kedua grup Piala Presiden 2018. Berkat hasil itu, skuad asuhan Djadjang Nurdjaman bersaing dengan Persib Bandung di puncak klasemen grup "neraka" Piala Presiden.

PSMS Medan sempat tertinggal 0-1 sebelum membalikkan skor menjadi 2-1 atas Juku Eja. Gol salto Guy Junior itu memanfaat clearence tak sempurna bek PSMS Medan mengubah skor jadi 1-0.

Keunggulan PSM Makassar hanya bertahan hingga menit 38. Sepakan Suhandi yang dibelokkan pemain PSM Makassar, Elopere, menyamakan skor jadi 1-1.

Pada menit 66, PSMS Medan berbalik unggul berkat gol Antoni Putro. Memanfaatkan kesalahan Steven Paulle, Antoni Putro melepaskan tendangan menyusur tanah ke pojok gawang PSM Makassar.(*)

Susunan Pemain:

Persib (4-4-1-1): M. Natshir; Supardi (C), Bojan Malisic, Ahmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Billy Keraf (Indra Mustaffa), Michael Essien (Hariono), Eka Ramdani (Dedi Kusnandar), Puja Abdillah (Airlangga Sucipto); Oh In Kyun; Ezechiel N’Douassel.

Pelatih: Roberto Carlos Mario Gomez

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam; Marco Meraudje (Alfin Tuasalamony), Mahamadou Ndiaye, Bio Paulin, Novan Setya; Yu Hyun-koo (Zulfiandi), Syahrian Abimanyu (Yogi Rahadian), Adam Alis; Nur Iskandar (Patrich Wanggai), Makan Konate, Alberto Goncalves.

Pelatih: Rahmad Darmawan

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 35 menit yang lalu

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 36 menit yang lalu

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 37 menit yang lalu

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…

Aktualita 13 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 14 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 15 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:46 WIB

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:45 WIB

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…