Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Jelang Penerapan Trayek Baru, Angkum Wajib Uji KIR

Angga Purwanda

Rabu, 17 Januari 2018 - 21:12 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bertindak tegas dengan melakukan pemeriksaan dan uji KIR angkutan umum (Angkum) jelang penerapan rekayasa lalulintas dan trayek angkum baru, yang akan dilaksanakan mulai 27 Januari mendatang.

Kepala Dishub Kabupaten Cianjur, Rahmat Hartono, mengungkapkan, dari jumlah angkum yang beroperasi di Cianjur sekitar 30 persennya diperkirakan sudah habis KIR.

"Mereka yang mengajukan untuk segera uji KIR, padahal trayek angkutan tersebut dinilai sulit untuk diarahkan. Tetapi dalam momentum ini, malah mereka dengan sadar ingin di uji KIR," ungkap Rahmat, kepada wartawan, Rabu (17/1/2018).

Uji KIR tersebut, jelas Rahmat, bakal diikuti oleh seluruh angkum dari berbagai trayek. Hal tersebut bakal terus dilaksanakan hingga seluruh angkum selesai dilakukan uji KIR. " Setiap harinya kemungkinan lebih dari satu trayek yang datang untuk diuji," jelasnya.

Rahmat mengatakan, kesadaran uji KIR lantaran menghadapi penerapan trayek yang baru, dianggap membantu Dishub untuk menyadarkan pemilik angkum agar sadar rutin uji KIR. Pasalnya, tercatat ada 30 persen angkum dari total 1.400 unit angkum yang belum uji KIR.

"Masih cukup banyak yang belum diuji kir. Momentum ini jadi sarana Dishub menyadarkan pemilik angkutan agar tertib KIR. Tapi diahrapkan tidak hanya saat ada rekayasa trayek baru, tapi ke depannya juga rutin diperiksa," kata dia.

Dishub, lanjut Rahmat, memberikan kebijakan khusus pada angkum di Cianjur, dimana pelaksanaan uji KIR akan dipercepat dan dipermudah. "Khusus untuk angkum, bisa diperiksa saat pagi dan bukunya diambil saat jam istirahat, jadi tidak menyita waktu mereka untuk bekerja. Sebab banyak yang berdalih tidak sempat uji kir akibat tidak ada waktu dan harus bekerja," tuturnya.

Di sisi lain, Rahmat menuturkan, jika angkum yang mengikuti uji KIR tersebut, sekaligus dipasangi stiker di trayek yang baru. "Meski penerapannya pada 27 Januari 2018, sekarang sudah mulai dipasang. Jadi yang uji KIR langsung dipasang, supaya jadi informasi ke penumpang dan warga Cianjur," tutur dia.

Selain itu, dalam waktu dekat, angkum tersebut bakal diubah catnya dengan disesuaikan trayek yang baru. Ditargetkan sebelum 26 Januari 2018, persiapan tersebut sudah rampung. "Pokoknya saat launching, semua sudah siap. Makanya dikebut mulai dari hari ini," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…

Aktualita 19/02/2018 08:05 WIB

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 19/02/2018 08:00 WIB

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.