Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Aksi Maling Zaman Now

Peralatan Kerja Aparat Desa Jadi Incaran

Nuki Nugraha

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:54 WIB

Foto: Dokumen/BC
Foto: Dokumen/BC
A A A

Beritacianjur.com - AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Beberapa kantor desa berhasil dibobol, sejumlah asset milik desa yang tersimpan di kantorpun tak luput kena jarah, digasak habis.

Namun yang jadi anehnya, setiap kawanan maling beraksi, peralatan kerja aparat desa kerap jadi sasaran diantaranya seperti selain laptop ataupun printer yaitu Hardisk Komputer.

Seperti halnya pencurian di desa Nanggalamekar beberapa waktu lalu. Kawanan maling berhasil menggasak belasan unit peralatan kerja aparat desa, bahkan dua unit laptop diantarnya diketahui pegangan Kepala Desa dan Kaur Pemerintahan.

"Dua unit laptop yang dicuri saat itu pegaangan pa Kades sama Kaur Pemerintahan,"kataTegar, Kaur Umum Desa Nanggalamekar saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Dikatakan Tegar, dengan tidak adanya peralatan kerja, dirasakan cukup berimbas terhadap pelayanan kepada masyarakat. Dimana yang biasanya bisa cepat dilakukan menjadi agak terlambat, karena peralatan yang biasa dipakai tidak ada.

"Printer yang dilengkapi scan salah satunya. Gara gara dicuri layanan jadi agak terganggu. Kalau mau diganti angarannya tidak ada, harganya cukup lumayan juga,"ucapnya.

Disinggung soal seberapa penting data yang ada di dalam laptop dan hardisk yang dicuri, Tegar menuturkan kalau data yang tersimpan disana bisa dibilang cukup penting.

"Saya kira kemungkinan datanya ada yang penting juga, tapi lebih jelasnya bisa langsung ditanya ke pemegangnya,"jelasnya.

Sementara itu aktivis asal Cianjur Hendrik mengingatkan sebaiknya data data penting terkait desa dibuatkan backupnya, sehingga kalaupun ada sesuatu hal buruk yang terjadi tidak perlu khawatir, karena data mempunyai salinannnya.

"Iya heran juga ini sama maling zaman now, saya perhatikam ko suka banget nyosor hardisk. Apa emang tau kalau djdalamnya ada data data penting kali yah,"ujar Hendrik. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…

Aktualita 19/02/2018 08:05 WIB

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 19/02/2018 08:00 WIB

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.