Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Masih Numpuk, Wakil Rakyat Geram

Nuki Nugraha

Jumat, 19 Januari 2018 - 07:55 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Para wakil rakyat tersebut memastikan kebenaran, terkait ramainya pemberitaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang menumpuk di salah satu bangunan di dalam kawasan RSUD Sayang.

Pantauan di lapangan, rombongan wakil rakyat itu langsung menuju ke bangunan yang dimaksud. Bahkan salah seorang anggota komisi asal Partai Gerindra tampak mengonfirmasi beberapa petugas yang tengah berjaga di lokasi. Tak pelak, limbah medis B3 yang masih menumpuk membuat geram rombongan tersebut.

Melihat kondisi itu, Wakil Ketua komisi III DPRD Cianjur, Sahli Saidi mengungkapkan keprihatinannya. Menurut legislator dari Partai gerindra itu, seharusnya penumpukan limbah B3 ini tidak sampai terjadi. Pasalnya, limbah B3 mengandung zat berbahya dan bisa membawa dampak buruk bagi pasien.

"Seharusnya rumah sakit itu bersih, namun ini faktanya jauh dari yang diharapkan," ungkap Sahli saat melakukan sidak.

Sahli memperkirakan, jika melihat tingginya tumpukan limbah B3 yang ada, kemungkinan besar lebih dari sebulan tidak dibuang dan dibiarkan menumpuk. Padahal anggaran untuk pengelolaan limbah B3 sudah tersedia.

"Anggarannya kan sudah ada, kenapa limbah B3 bisa menumpuk? Inikan jadi pertanyaan besar, digunakan untuk apa anggaran yang sudah dialokasikan itu sebenarnya?" ujarnya.

Sahli menegaskan, sidak yang dilakukan Komisi III atas dasar ramainya pemberitaan limbah B3 tersebut. Selain itu sejumlah pengaduan dari masyarakat juga menjadi alasan utama.

“Di media massa sudah ramai diberitakan, pengaduan dari masyarakat juga kita terima. Makanya sidak kita lakukan,” tegasnya.

Sayang sidak yang dilakukan Komisi III ini tidak maksimal. Pasalnya, saat hendak meminta penjelasan langsung dari pihak RSUD terkait alasan penumpukan limbah B3 tersebut, pejabat di lingkungan RSUD tengah tidak berada di tempat.

Karena tak ada kabar juga dari pihak RSUD, sekitar pukul 12.00 Wib, enam orang anggota Komisi III itupun akhirnya memilih kembali dulu ke kantornya. Rencananya akan datang kembali ke RSUD pukul 14.00 Wib.

 "Tadinya kami ingin memastikan persoalan limbah B3 ini, sehingga dapat diketahui pangkal masalahnya. Apakah dari pihak rekanan atau dari RSUD itu sendiri, nanti kita dengar keterangan dari RSUD," tegas Sahli sambil berlalu ke arah mobil dinas dewan.

Memastikan jadi tidaknya rencana dewan kembali ke RSUD guna meminta penjelasan pejabat berwenang di sana, sekitar pukul 15.00 Wib, wartawan mencoba menghubungi Ketua Komisi III melalui layanan WA.

Ketua Komisi III Atep Hermawan menginformasikan, rencana kembali ke RSUD batal dilaksanakan. Kendati begitu, setelah melihat kondisi di lokasi, legislator Partai Golkar itu meminta pihak RSUD segera untuk mengatasai limbah B3 yang masih menumpuk tersebut.  

“Sebaiknya segera diatasi. Sayangnya kita belum bisa konfirmasi pihak RSUD terkait penyebab penumpukan limbah B3 itu,” kata Atep.

Disinggung soal kemungkinan komisi III akan melakukan pemanggilan terhadap pihak-pihak terkait, Atep mengaku sementara ini belum ada agenda melakukan langkah tersebut, dikarenakan harus dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan anggotanya.

“Sementara ini belum Kang, kita musyawarahan dulu dengan rekan di komisi III,” pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.