Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

Angga Purwanda

Minggu, 21 Januari 2018 - 21:52 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait pemindahan dan alih fungsi bangunan tersebut.

Pengamat Pemerintahan dari Yayasan Cianjur Global Institute (YCGI), Ridwan Mubarok, mengatakan, penyegelan tersebut didasari adanya komitmen yang sudah dibuat antara Pemkab dengan keturunan dari Siti Jenab.

Di samping itu, Pemkab Cianjur melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menghancurkan kawasan yang memiliki nilai sejarah, dimana titik awal pendidikan di Cianjur, terutama untuk kaum perempuan dibuat.

"Ada komitmen yang sudah dibuat, yakni tidak membongkar bangunan. Apalagi gedung tersebut bernilai sejarah, meskipun di luar 10 cagar budaya yang sudah ditetapkan. Harusnya dijaga, bukan dirobohkan sebagai lahan parkir," tutur dia saat dihubungi wartawan, belum lama ini.

Kawasan yang sudah ada lebih dari satu abad itupun, jelas Ridwan merupakan wakaf untuk kegiatan pendidikan. Maka dari itu, meskipun tidak lagi sebagai gedung SD, fungsinya harus tetap untuk pendidikan.

"Tidak bisa untuk sarana yang bersifat komersil. Tentu ini sudah menyalahi segala sesuatunya. Bahkan rencananya kami akan aksi terkait alih fungsi gedung bersejarah ini dan beberapa kebijakan lainnya pada 22 Januari 2018," tuturnya.

Sejarawan Cianjur, Pepet Johar, mengapresiasi gerakan warga untuk menyelesaikan gedung, setelah adanya dugaan pelanggaran dari komitmen yang telah terbentuk beberapa waktu lalu.

Dia berharap, reaksi dan aksi dari warga terus mendorong adanya kepedulian terhadap sejarah, serta terjadi pelebaran sejarah yang lebih. 

"bagus kalau memang ada kepedulian, sebab selama ini hanya sedikit yang memperhatikan urusan sejarah dan tempat bernilai sejarah.  Ini harus jadi perhatian pemkab juga, untuk sama sama melestarikan tempat yang bersejarah," tegasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…