Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

Angga Purwanda

Senin, 22 Januari 2018 - 21:29 WIB

Foto: Ilustrasi/Net
Foto: Ilustrasi/Net
A A A

Beritacianjur.com - MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyanto, cuaca buruk, seperti hujan deras dan angin kencang yang terus melanda Cianjur berpotensi menimbulkan bencana. Sejumlah bencana yang dapat terjadi, seperti banjir dan longsor. Namun di beberapa lokasi, angin kencang membuat rumah rusak lantaran pohon tumbang.

“Tentunya terus kami imbau, terutama masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana. Untuk bencana banjir dan tanah longsor kami belum mendapat laporan, tapi untuk pohon tumbang karena angin kencang sudah terjadi di beberapa wilayah, seperti Cianjur selatan dan Pacet,” kata Sugeng, kepada wartawan, Senin (22/1/2018).

Meski begitu, lanjut dia, masyarakat di kawasan bencana harus terus waspada. Mengingat status siaga banjir dan longsor baru berakhir pada 31 Maret 2018. Dengan begitu, kemungkinan munculnya bencana banjir dan longsor tetap bisa terjadi.

Terlebih, berdasarkan data yang diperoleh, selama tujuh tahun terakhir, total bencana banjir, longsor, pergerakan tanah, dan angin puting beliung mencapai  puluhan sampai lebih dari 100 kasus per tahun.

Pada 2010, misalnya, terjadi 55 bencana alam sepanjang tahun akibat kondisi cuaca dan letak geografis. Didominasi oleh tanah longsor, banjir, dan angin puting beliung di kawasan selatan Cianjur. Bencana paling sedikit terjadi pada 2013, dimana hanya ada 35 bencana alam.

Sementara itu, pada 2016 bencana paling banyak terjadi, dengan 102 bencana alam didominasi pergerakan tanah, longsor, dan banjir. Mayoritas terjadi di kawasan selatan dan utara Cianjur.

"Makanya semua pihak harus terus waspada. Khusus untuk di wilayah perkotaan, rawan pohon tumbang di jalan protokol. Tapi kami sudah komunikasikan dengan Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup untuk memangkas pohon yang sudah tua," kata dia.

Di samping itu, tambah Sugeng, pihaknya mengawasi secara intensif daerah yang mulai muncul retakan tanah. Pasalnya, hujan deras dikhawatirkan membuat retakan tersebut menjadi longsoran. "Petugas dan relawan di setiap daerah kami siagakan untuk antisipasi dini bencana, terutama untuk pergerakan tanah dan longsor," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 4 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 4 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 6 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 6 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Aktualita 23/04/2018 08:00 WIB

Mimpi Besar Bupati yang Kontroversial

PEMINDAHAN ibu kota Cianjur ke wilayah Kecamatan Campaka rupanya merupakan rencana besar Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, setelah beberapa bulan berhasil menduduki tahta pemerintahan Kabupaten Cianjur.…

Aktualita 23/04/2018 07:55 WIB

Dunia Terbalik Ala Pemkab Cianjur

SETELAH heboh dengan Megaproyek Campaka yang melabrak aturan dan untuk pertama kalinya terjadi banjir di kawasan perkotaan, kini masyarakat Cianjur kembali dibuat heboh dengan adanya pemandangan pesawahan…

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…