Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa Mengguncang, Ribuan Siswa Berhamburan, 8 Orang Alami Luka, Sejumlah Bangunan Rusak

Angga Purwanda

Rabu, 24 Januari 2018 - 08:05 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Akun twitter resmi BMKG merilis pusat gempa siang kemarin ada di daerah Lebak, provinsi Banten, dengan kekuatan 6,4 skala richter. Durasi gempa yang terjadi pada pukul 13.34 WIB tersebut, terasa cukup lama sekitar 40 detik.

Di Cianjur, Tanggeung menjadi kecamatan yang terdampak paling parah. Saat terjadi guncangan, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Tanggeung, Abdurahman mengatakan, ribuan siswa SMKN 1 Tanggeung berhamburan ke luar dari sekolah dua lantai tersebut.

Sebanyak 1250 siswa, sambung dia, berusaha ke luar secara bersamaan dan membuat beberapa orang siswa tertahan, karena akses jalan ke luar terhambat.

"Sebagian besar korban yang tertimpa atap bangunan adalah siswa yang kelasnya berada di lantai dua. Mereka belum sempat keluar, tiba-tiba ruangan ambruk saat gempa," ujarnya kepada wartawan, Selasa (23/1/2018).   

Menurut Abdurahman, enam orang siswa alami luka berat dan dua lainnya luka ringan di bagian kepala. Hingga saat ini, diketahui belum ada laporan susulan terkait dampak lain dari gempa di wilayah itu.

Abdurahman mengatakan, saat ini pihak sekolah akan mengupayakan perbaikan atap sekolah yang ambruk. Petugas juga terus melakukan monitoring untuk melihat dampak gempa lainnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mencatat sebanyak delapan bangunan mengalami kerusakan. Bangunan tersebut terdiri dari sekolah, rumah dan gedung perkantoran di sejumlah wilayah Cianjur bagian selatan.

Sekretaris BPBD Cianjur, Sugeng Supriatno mengatakan, bangunan terdampak itu berada di Kecamatan Tanggeung dengan 1 sekolah rusak ringan, 1 rumah rusak berat dan 2 rumah rusak sedang.

"Kemudian 1 unit rumah rusak ringan di Kecamatan Takokak, 1 puskesmas rusak ringan di Kecamatan Pasirkuda, gedung kecamatan rusak ringan di Kecamatan Sukaresmi, serta 1 rumah rusak ringan di Kecamatan Cibinong," jelasnya.

Sugeng menambahkan, gempa tersebut sempat membuat warga hingga pegawai pemerintahan panik. Oleh karena itu, petugas BPBD pun segera melakukan monitoring ke setiap wilayah yang rawan pergerakan tanah dan longsor.

"Dikhawatirkan gempa yang terjadi berdampak pada kawasan yang labil. Apalagi, Cianjur itu kontur tanahnya labil dan ditakutkan terdampak gempa," tutupnya.

Tak hanya di Cianjur dan di Provinsi Banten, sejumlah wilayah di DKI dan Jawa Barat pun terdampak gempa.

Menurut pantauan Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC), gempa dirasakan meluas oleh warga di Jakarta. Namun, EMSC juga menerima sejumlah laporan dari saksi mata yang berada di Pelabuhanratu, Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya, Purwokerto, hingga Yogyakarta.

Berdasarkan pengamatan Berita Cianjur di media sosial, gempa dikabarkan terasa juga hingga ke Bogor, Bekasi, dan Depok.(*)

Tag

  1. Gempa

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 29 menit yang lalu

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 30 menit yang lalu

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 31 menit yang lalu

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 15 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:46 WIB

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:45 WIB

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.