Rabu, 25 April 2018 | Cianjur, Indonesia

KPU Cianjur Ajukan Simulasi Dapil ke KPU RI

Angga Purwanda

Rabu, 24 Januari 2018 - 21:12 WIB

KPU Cianjur Ajukan Simulasi Dapil ke KPU RI
KPU Cianjur Ajukan Simulasi Dapil ke KPU RI
A A A

Beritacianjur.com - SIMULASI terkait daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Legislatif (pileg) 2019 akan diusulkan KPU Kabupaten Cianjur ke KPU RI. Uji publik pun segera dilakukan untuk menindaklanjuti simulasi tersebut.

Komisioner Bidang Teknis KPU Kabupaten Cianjur, Kusnadi, mengatakan, tiga usulan simulasi dapil di Cianjur sebelumnya sudah dibahas dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu. Kemudian kembali dibahas bersama perwakilan dari masing-masing partai politik untuk mendapatkan masukan.

"Hari ini untuk tindaklanjuti hasil rakor beberapa waktu lalu. Kali ini pihak-phak yang berkepentingan atau partai politik terkait tiga usulan yang sudah dibuat," katanya Kusnadi, kepada wartawan, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya, dalam simulasi pertama, dapil tetap sama dengan pelaksanaan Pileg 2014, termasuk kecamatan untuk setiap dapilnya. Tetapi ada perubahan jumlah kursi untuk dapil 1 yang semula 10 kursi menjadi 9 kursi dan dapil 4 dari yang semula 8 kursi menjadi 9 kursi. "Untuk dapil dua, tiga, dan lima masih sama dengan jumlah kursi yang sebelumnya," ucapnya.

Kusnadi menambahkan, untuk usulan kedua, jumlah dapil akan sama sebanyak lima dapil, namun dengan pemetaan kecamatan yang berbeda.

Sementara usulan ketiga jumlah dapil bakal ditambah menjadi enam dapil. "Jumlah kursi untuk setiap dapilnya sudah dikaji juga dan dimasukan di lampiran yang diusulkan," kata dia.

Menurut dia, setelah pengusulan, pihaknya akan menunggu keputusan dari KPU RI untuk memastikan dapil yang dipilih. "Ketentuannya dari tiga usulan akan dipilih satu yang nantinya diterapkan. Tiga usulan itu juga sudah disetujui oleh masing-masing parpol yang ikut dalam rapat hari ini," katanya.

Dia menambahkan, pedoman teknis terkait dapil juga sudah muncul. Rencananya akan dijadwalkan uji publik dari penyusunan dapil pada 7 Februari sampai 13 Februari.  "Pedoman tersebut muncul setelah rakor digelar, makanya baru kami akan jalankan dalam waktu dekat. Uji publiknya cukup panjang, mulai 7 Februari 2017," tutupnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 1 jam yang lalu Advertorial

Alfamart Gelar Pemberdayaan Wanita Melalui Pelatihan

Memperingati Hari Kartini, Toko Modern Alfamart menggelar kegiatan pemberdayaan wanita berupa pelatihan pengolahan bonggol pisang menjadi produk bernilai ekonomis di Balai Desa Sukaratu, Kecamatan Gekbrong,…

Aktualita 17 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 17 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 19 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 19 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Aktualita 23/04/2018 08:00 WIB

Mimpi Besar Bupati yang Kontroversial

PEMINDAHAN ibu kota Cianjur ke wilayah Kecamatan Campaka rupanya merupakan rencana besar Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, setelah beberapa bulan berhasil menduduki tahta pemerintahan Kabupaten Cianjur.…

Aktualita 23/04/2018 07:55 WIB

Dunia Terbalik Ala Pemkab Cianjur

SETELAH heboh dengan Megaproyek Campaka yang melabrak aturan dan untuk pertama kalinya terjadi banjir di kawasan perkotaan, kini masyarakat Cianjur kembali dibuat heboh dengan adanya pemandangan pesawahan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.