Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Awal Tahun Jumlah LSL Meningkat

Temuan LSL Terbanyak Terjadi di Bulan November 2017, Sebanyak 150 Orang

Angga Purwanda

Kamis, 25 Januari 2018 - 20:59 WIB

Awal Tahun Jumlah LSL Meningkat
Awal Tahun Jumlah LSL Meningkat
A A A

Beritacianjur.com - JUMLAH laki-laki seks laki-laki (LSL) di Kabupaten Cianjur di awal tahun 2018 bertambah signifikan. Bahkan, kini tercatat 40 LSL atau gay baru di Cianjur.

Koordinator Lapangan Komunitas Lensa Cianjur, Tedi Rustandi, mengatakan dalam rentang waktu 4 sampai 12 Januari 2018, pihaknya melakukan pendataan terhadap 10 LSL baru di Tatar Santri. “Kami terus mengupdate keberadaan mereka (LSL, red). Hingga 24 Januari 2018 mencapai lebih kurang 40 orang atau bertambah lebih kurang 30 LSL baru,” kata Tedi, kepada wartawan, Kamis (25/1/2018).

Jumlah itu dipastikan terus bertambah, menurut Tedi, pertambahan yang dignifikan tersebut memang bisa saja terjadi setiap bulannya. Dia pun mengibaratkan jumlah gay seperti fenomena gunung es, dimana yang meski cukup banyak yang terdata, jumlah yang tak terungkap dimungkinkan jauh lebih banyak.

“Jumlahnya dipastikan bertambah, karena ini seperti fenomena gunung es, yang muncul ke permukaan hanya sedikit, sementara yang tidak terungkap masih sangat banyak. Karena mereka masih ada yang tertutup,” tuturnya.

Tedi mengungkapkan, peningkatan tertinggi terjadi pada 2017, tepatnya pada November. Tercatat ada 150 orang LSL baru di bulan tersebut. Padahal sebelumnya temuan baru hanya 20 sampai 30 orang per bulan.

"Jika diakumulasikan, totalnya kini sekitar 1.675 orang. Dimana pada 2017 ada 1.635 orang dan di tahun ini ada temuan baru sebanyak 40 orang," ungkap dia.

Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Cianjur, Hilman, mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait mengupayakan penanganan terhadap LSL yang telah terdata. Di antaranya dengan melakukan tes kesehatan, guna memastikan LSL tersebut terjangkit HIV/AIDS atau tidak.

"Kami bagi tugas dengan LSM, mereka mendata LSL. Karena yang bisa masuk ke lingkungan LSL hanya mereka yang juga LSL. Setelah itu kami arahkan untuk tes dan menyadarkan mereka agar bisa berubah," kata Hilman.

Bahkan, Hilman mendapatkan informasi jika empat dari lima LSL atau gay yang diamankan Polres Cianjur setelah menggelar pesta seks di Cipanas beberapa waktu lalu, merupakan LSL lama yang telah terdata sejak 2017 lalu. "Seluruhnya yang warga Cianjur itu sudah masuk dalam data pada 2017. Semuanya diarahkan untuk tes kesehatan dan diberi pembinaan," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, mengaku prihatin dengan pertumbuhan LGBT, khususnya LSL di Cianjur. Apalagi setelah adanya temuan pesta seks sesama jenis yang melibatkan pelajar. "Jujur saya prihatin, apalagi dengan banyak yang temuan gay di Cianjur, terutama yang kasus kemarin. Ada juga yang berstatus pelajar," tutur Herman.

Herman, menuturkan, pihaknya sudah sudah lakukan tes darah kepada 700 orang dari komunitas tersebut. Sebanyak 10 persen dinyatakan positif HIV. "Ini menjadi beban kami sehingga kami terus gencar sosialisasi," katanya.

Dia mengatakan sosialisasi tak bisa dilakukan pemerintah saja tapi semua pihak termasuk media. Menurutnya pada umumnya siswa belum mengerti tentang LGBT karena mereka awam tentang LGBT. "Ini yang bahaya mereka awam dan tak mengerti, ada yang mengaku keren masuk komunitas tersebut padahal kan berbahaya," ujarnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…

Aktualita 19/02/2018 08:05 WIB

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 19/02/2018 08:00 WIB

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.