Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Berjuang Meski Tipis Peluang

Buru Banyak Gol, Berharap Medan Kalah Tipis dari Sriwijaya FC

Gie/bbs

Jumat, 26 Januari 2018 - 06:00 WIB

foto:net
foto:net
A A A

Beritacianjur.com - NASIB Persib pada Piala Presiden 2018 akan ditentukan hari ini (26/1/2018), kala melakoni laga terakhir Grup A menjamu PSM Makassar, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Namun, kemenangan atas PSM Makassar bukan satu-satunya syarat Persib untuk meraih tiket 8 besar. Pasalnya, peluang Persib lolos dari fase grup juga ditentukan dari hasil laga lainnya di grup A, yakni laga PSMS Medan kontra Sriwijaya FC.

Menanggapi soal tipisnya peluang Persib, sang pelatih Roberto Carlos Mario Gomez tak mau ambil pusing. Ia hanya fokus mencanangkan target kemenangan.

Pelatih asal Argentina itu menginstrukan para pemainnya untuk memaksimalkan peluang sekecil apapun agar bisa meraih kemenangan.

"Besok, kita punya pertandingan penting. Saya sudah sampaikan kepada semua pemain, kita hanya butuh satu kata, menang. Apakah kemenangan itu cukup untuk lolos ke perempat final atau tidak, yang penting kita menang dulu," tegas Gomez.

Ya, Persib memang harus berjuang ekstrakeras untuk meraih kemenangan. Sebab, empat pemain harus absen, yaitu kiper I Made Wirawan (sakit), Michael Essien (cedera), Ezechiel N'Douassel dan Bojan Malisic (akumulasi kartu kuning).

Untuk meraih kemenangan, Persib membutuhkan gol. Karena Ezechiel absen, Gomez pun menyiapkan Airlangga sebagai finisher. Gomez berharap, Airlangga bisa mencetak gol pertamanya untuk Persib.

‎"Saya harap Airlangga mencetak gol. Itu penting baginya dan juga untuk kemenangan tim besok," tegasnya.

Namun, Gomez tak mau bertumpu pada Airlangga. Ia juga meminta seluruh pemain memaksimalkan setiap peluang mencetak gol.

"Untuk mencetak gol, semua pemain bisa melakukannya. Febri (Hariyadi) dan Victor (Igbonefo) juga bisa. Di pertandingan besok (hari ini, red), kita tak boleh kehilangan peluang lagi. Karena itu akan menyulitkan kita meraih kemenangan," bebernya.

Hingga menyelesaikan dua pertandingan, Persib berada di peringkat ketiga klasemen Grup A dengan raihan tiga poin. Nilai yang dikumpulkan Persib sama dengan Sriwijaya FC yang berada di ranking 2 karena unggul selisih gol. Sementara, dua kekalahan PSM Makassar di babak penyisihan Grup A ini menempatkannya di dasar klasemen.

Dari kubu PSM, pelatih Robert Rene Albert mengaku sudah mempersiapkan tim yang lebih baik untuk pertandingan kontra Persib. Karena peluang sudah habis, Alberts akan memaksimalkan kesempatan mengasah pemain muda dalam mengatasi teror penonton.

‎"Penting bagi fans, kami tidak memainkan turnamen kompetitif di pramusim. Ini hanya sebagai bentuk kewajiban kami sebagai klub di negeri ini. Sehingga, kami hanya ingin melihat sejauh mana progres kami untuk kompetisi dan bukan untuk mencari hasil," katanya.
 
"Untuk sekadar berlatih, pertandingan besok sangat bagus untuk kita. Karena di sini punya animo suporter yang bagus untuk pemain muda kita. Selain itu, hal ini juga bagus buat striker baru kami (Bruce Djite) yang belum terlalu mengenal suasana sepakbola Indonesia," tutupnya.(gie/bbs)

Utak-atik Peluang:

  • Laga terakhir di fase grup besok memang benar-benar sangat menentukan. Tiga tim, yakni Persib, PSMS Medan dan Sriwijaya FC masih berpeluang berebut tiket ke babak delapan besar.
  • Peluang terbesar dipegang PSMS Medan yang kokoh di puncak klasemen, hasil dari dua kemenangannya melawan PSM Makassar dan Persib.
  • Skuad asuhan Djadjang Nurdjaman itu hanya butuh hasil imbang pada laga terakhir menghadapi Sriwijaya FC. Jika seri, alhasil Medan membukukan poin tujuh.
  • Bahkan jika mengalami kekalahan pun, PSMS Medan masih berpeluang lolos karena memiliki modal selisih gol 3. Seperti diketahui, selisih gol merupakan cara kedua untuk menentukan posisi di klasemem andai 2 tim atau lebih meraih nilai yang sama.
  • Namun, PSMS Medan juga bisa saja tersinggir dari grup A jika menelan kekalahan besar pada laga terakhir dan Persib Bandung menang besar di laga pamungkas.
  • Bagi Sriwijaya FC, tim asuhan Rahmad Darmawan ini membutuhkan kemenangan untuk lolos ke fase berikut. Menang tipis 1-0 atas PSMS Medan, misalnya, cukup aman untuk mengantarkan Sriwijaya FC sebagai juara grup A.
  • Hasil itu akan membuat Laskar Wong Kito akan unggul selisih gol (3) atas PSMS Medan (2), dengan catatan Persib Bandung tak menang dengan selisih 4 gol atau lebih.
  • Sementara bagi Persib, kekalahan 0-2 dari PSMS Medan memang membuat langkah Maung Bandung ini cukup berat untuk lolos ke fase berikutnya. Peluangnya tipis, karena selain tergantung usaha sendiri, Pangeran Biru juga sangat tergantung pada laga lain di grup neraka ini.
  • Untuk bisa lolos dan menjadi juara grup A, Persib Bandung minimal menang dengan selisih minimal 4 gol untuk menjadi juara grup A. Syarat lainnya, Sriwijaya FC hanya menang tipis 1-0 atas PSMS Medan.
  • Namun harapan Persib tersebut akan sirna jika PSMS Medan bisa menundukkan Sriwijaya FC. Alhasil, Persib tinggal menunggu keajaiban sebagai satu dari 3 runner up terbaik yang akan dipilih, untuk melengkapi kontestan delapan besar. Penentuan 3 runner up terbaik ini ditentukan setelah seluruh babak penyisihan berakhir.

Prediksi Susunan Pemain:

Persib Bandung: M Natsir; Henhen, Tony Sucipto, Igbonefo, Ahmad Jufriyanto, Atep, Eka Ramdhani, Hariono, Oh In Kyun, Febri Hariadi, Erlangga.

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Wasiat Hasbullah, Ardan Aras, Steven Paulle, Hasyim Kipuw, Asnawi Mangkualam Bahar, Muh Arfan, Rasyid Bakri, Heri Susanto, Arsyad Yudgiantoro, Bruce Djite.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 15 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Bisnis Line 11 jam yang lalu

Sabore Kitchen Gelar Seminar 'Digital Marketing'

REVOLUSI digital, perkembangannya sekarang sudah hadir di semua lini. Mulai dari segmen retail, perbankan, media, otomotif hingga segmen kuliner sudah sentuh era digitalisasi. Berangkat dari fakta yang…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.