Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Rerouting Diterapkan, Terminal Bayangan Bermunculan

Wabup Akan Terus Evaluasi Kebijakan Rerouting dan Satu Arah

Angga Purwanda

Rabu, 31 Januari 2018 - 21:33 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - BELUM genap sepekan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memberlakukanrerouting angkutan umum (Angkum, red) dan satu arah di sejumlah ruas jalan dalam kota. Namun, sejumlah terminal bayangan mulai menghiasi beberapa ruas jalan.

Dari pantauan, sejumlah ruas jalan yang dijadikan terminal bayangan oleh para pengemudi angkum, seperti di ruas Jalan Prof Moch Yamien, Jalan KH Abdulah bin Nuh (BLK), dan Jalan Ir H Djuanda.

Ucok (37), seorang warga Jalan Prof Moch Yamien, mengungkapkan, keberadaan terminal bayangan memperparah kemacetan arus lalulintas di ruas jalan itu.

Padahal, jelas Ucok, penerapan rerouting dan sistem satu arah oleh Pemkab Cianjur awalnya untuk mengatasi persoalan kemacetan lalulintas yang terjadi ruas-ruas jalan dalam kota Cianjur.

“Harus ada ketegasan dari petugas, agar terminal bayangan yang mulai bermunculan tersebut segera ditertibkan. Sehingga, rencana pemerintah untuk mengatasi persoalan kemacetan dapat berjalan baik,” ungkap Ucok, kepada wartawan, Rabu (31/1/2018).

Senada, Dewi Anzani (26), warga Kecamatan Karangtengah, mengatakan, selain menyelesaikan persoalan terminal bayangan. Pemkab Cianjur juga diminta untuk menyediakan atau menghadirkan pelayanan dan fasilitas transportasi umum yang aman dan nyaman.

"Saat ini masih banyak sarana transportasi umum yang jauh dari kata layak, padahal sarana tersebut sangat dibutuhkan, khususnya masyarakat golongan ekonomi menengah," kata Dewi.

Dewi menyebutkan, sepengetahuannya tak hanya persoalan sarana transportasi umum. Tapi, saat ini masih tidak tertatanya lokasi terminal yang ada di Cianjur.

"Kondisi terminal yang ada, seperti terminal Rawabango sangat tidak refresentatif, sehingga penumpang lebih memilih menunggu bus atau angkum di luar terminal. Dan ini yang menyebabkan munculnya terminal-terminal bayangan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman, menuturkan pihaknya akan terus melakukan evaluasi terkait penerapan kebijakan rerouting dan satu arah di beberapa ruas jalan dalam kota Cianjur.

“Tidak ada terminal bayangan, yang ada hanya angkum yang menunggu penumpang saja. Kami akan terus lakukan evaluasi terkait penerapan kebijakan tersebut,” tutur orang nomor dua di Kabupaten Cianjur itu.

Herman mengakui, dalam penerapan kebijakan itu masih banyak keterbatasan, di antaranya minimnya sosialisasi dan petugas di lapangan . “Kami akui, keterbatasan petugas menjadi persoalan. Tapi untuk dapat menyosialisasikan kebijakan tersebut kami akan berdayakan para rukun tetangga (RT) untuk terlibat langsung, sehingga masyarakat benar-benar memahami,” ucapnya. (*)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…

Aktualita 12/07/2018 07:00 WIB

Bukti Kuat untuk Aparat

PENGAKUAN dan penjelasan dugaan kuat pelanggaran pada Megaproyek Campaka terus bermunculan. Mulai dari masyarakat, aktivis, wakil rakyat hingga pakar hukum. Lalu, mengapa aparat penegak hukum belum bertindak?

Cianjur Euy 11/07/2018 21:36 WIB

Pemkab Cianjur Siap Antisipasi Kekeringan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur menyiapkan langkah antisipasi terjadinya dampak kekeringan yang diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang.