Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Rerouting Diterapkan, Terminal Bayangan Bermunculan

Wabup Akan Terus Evaluasi Kebijakan Rerouting dan Satu Arah

Angga Purwanda

Rabu, 31 Januari 2018 - 21:33 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - BELUM genap sepekan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memberlakukanrerouting angkutan umum (Angkum, red) dan satu arah di sejumlah ruas jalan dalam kota. Namun, sejumlah terminal bayangan mulai menghiasi beberapa ruas jalan.

Dari pantauan, sejumlah ruas jalan yang dijadikan terminal bayangan oleh para pengemudi angkum, seperti di ruas Jalan Prof Moch Yamien, Jalan KH Abdulah bin Nuh (BLK), dan Jalan Ir H Djuanda.

Ucok (37), seorang warga Jalan Prof Moch Yamien, mengungkapkan, keberadaan terminal bayangan memperparah kemacetan arus lalulintas di ruas jalan itu.

Padahal, jelas Ucok, penerapan rerouting dan sistem satu arah oleh Pemkab Cianjur awalnya untuk mengatasi persoalan kemacetan lalulintas yang terjadi ruas-ruas jalan dalam kota Cianjur.

“Harus ada ketegasan dari petugas, agar terminal bayangan yang mulai bermunculan tersebut segera ditertibkan. Sehingga, rencana pemerintah untuk mengatasi persoalan kemacetan dapat berjalan baik,” ungkap Ucok, kepada wartawan, Rabu (31/1/2018).

Senada, Dewi Anzani (26), warga Kecamatan Karangtengah, mengatakan, selain menyelesaikan persoalan terminal bayangan. Pemkab Cianjur juga diminta untuk menyediakan atau menghadirkan pelayanan dan fasilitas transportasi umum yang aman dan nyaman.

"Saat ini masih banyak sarana transportasi umum yang jauh dari kata layak, padahal sarana tersebut sangat dibutuhkan, khususnya masyarakat golongan ekonomi menengah," kata Dewi.

Dewi menyebutkan, sepengetahuannya tak hanya persoalan sarana transportasi umum. Tapi, saat ini masih tidak tertatanya lokasi terminal yang ada di Cianjur.

"Kondisi terminal yang ada, seperti terminal Rawabango sangat tidak refresentatif, sehingga penumpang lebih memilih menunggu bus atau angkum di luar terminal. Dan ini yang menyebabkan munculnya terminal-terminal bayangan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman, menuturkan pihaknya akan terus melakukan evaluasi terkait penerapan kebijakan rerouting dan satu arah di beberapa ruas jalan dalam kota Cianjur.

“Tidak ada terminal bayangan, yang ada hanya angkum yang menunggu penumpang saja. Kami akan terus lakukan evaluasi terkait penerapan kebijakan tersebut,” tutur orang nomor dua di Kabupaten Cianjur itu.

Herman mengakui, dalam penerapan kebijakan itu masih banyak keterbatasan, di antaranya minimnya sosialisasi dan petugas di lapangan . “Kami akui, keterbatasan petugas menjadi persoalan. Tapi untuk dapat menyosialisasikan kebijakan tersebut kami akan berdayakan para rukun tetangga (RT) untuk terlibat langsung, sehingga masyarakat benar-benar memahami,” ucapnya. (*)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 14 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 16 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Aktualita 23/04/2018 08:00 WIB

Mimpi Besar Bupati yang Kontroversial

PEMINDAHAN ibu kota Cianjur ke wilayah Kecamatan Campaka rupanya merupakan rencana besar Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, setelah beberapa bulan berhasil menduduki tahta pemerintahan Kabupaten Cianjur.…

Aktualita 23/04/2018 07:55 WIB

Dunia Terbalik Ala Pemkab Cianjur

SETELAH heboh dengan Megaproyek Campaka yang melabrak aturan dan untuk pertama kalinya terjadi banjir di kawasan perkotaan, kini masyarakat Cianjur kembali dibuat heboh dengan adanya pemandangan pesawahan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 22/04/2018 20:05 WIB

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.