Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Persoalan Sampah, Pemerintah dan Warga Saling Tuding

Misbah Hidayat

Senin, 07 September 2015 - 07:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Sejumlah pihak menilai, minimnya kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah yang baik dan benar tidak terlepas dari minimnya pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Disatu sisi, pemerintah daerah melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab. Cianjur menuding, masih banyaknya sampah yang dibuang tidak pada tempatnya akibat rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

Menurut Sekretaris Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, A Kholik, pemerintah terkait perlu melakukan langkah-langkah nyata dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah, salahsatunya melalui pembekalan pengetahuan.

"Misalnya kaitan dengan bank sampah. Ini harus terus digelorakan. Kami sendiri tengah gencar menggagas program ini,” tutur Kholik kepada "BC", Minggu (6/9).

Terpisah, Kepala Seksi Angkutan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kab. Cianjur, Azani Anthonida mengatakan, sejauh ini kesadaran masyarakat Cianjur terhadap sampah masih rendah.

"Akibatnya, dengan jumlah armada yang terbatas yang tidak bisa mengangkut semua sampah yang ada di masyarakat," katanya.

Pihaknya berharap, masyarakat mengubah pola pikir terhadap sampah dengan cara membuat bank sampah guna mengurangi jumlah sampah yang terdapat di masyarakat. "Kami siap memfasilitasi masyarakat yang punya kemauan untuk mengelola sampah dengan cara memberikan pemahaman pengelolaan sampah," ungkapnya. (fir)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 10 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 10 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Polres Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Kerawanan Terorisme

KEPOLSIAN Resor (Polres) Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur. Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, kepada…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Peringati HJK 2017 Kodim 0608 Cianjur Gelar Kegiatan Sosial

KOMANDO Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur melaksanakan berbagai kegaiatan sosial untuk memperingati Hari Juang Kartika 2017.

Aktualita 13/12/2017 07:23 WIB

Waduh, Jumlah Penderita Difteri Terus Bertambah

PENYAKIT difteri masih menghantui warga Cianjur. Terbaru, dua orang remaja harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi Anggrek, RSUD Sayang Cianjur, setelah dinyatakan positif difteri.