Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Bupati Dianggap Jalankan Politisasi Agama

Ada Intimidasi dalam Surat Imbauan Ashar Mengaji dan Shalat Berjamaah

Gie

Jumat, 09 Februari 2018 - 08:00 WIB

Karikatur: Nandang S/BC
Karikatur: Nandang S/BC
A A A

Beritacianjur.com - HEBOH, surat imbauan pelaksanaan ‘Ashar Mengaji’ dan ‘Salat Subuh Berjamaah’ bagi para kepala desa, yang disertai dengan kalimat yang dianggap adanya unsur intimidasi, beredar di jejaring sosial.

Surat bernomor 451.11/61/II/Ks/2018 yang dikeluarkan pada 1 Februari 2018 dengan ditandatangani Camat Cianjur, Yudi Suhartoyo tersebut, disayangkan para kepala desa dan sejumlah pihak.

Dalam paragraf pertama, para kepala desa di Kecamatan Cianjur diinstruksikan melaksanakan program Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, terkait ashar mengaji dan salah subuh berjamaah, dengan juga mengajak para perangkat desanya.

Namun pada perangraf kedua, disebutkan jika prestasi kehadiran pada kedua kegiatan keagamaan tersebut di bawah 50 persen, para kepala desa dan perangkatnya dianggap kurang komitmen terhadap program bupati. Bahkan diungkapkan hal tersebut juga akan berpengaruh pada rekomendasi pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Ketua Aliansi Rakyat Sugih Mukti untuk Cianjur (Ayat Suci), Ridwan Mubarak sangat menyayangkan dengan adanya surat tersebut. Ia menegaskan, terkait DD dan ADD tidak perlu adanya intimidasi administrasi kaitan dengan rekomendasi pencairan. Pasalnya, DD dan ADD merupakan kewenangan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)

“DD dan ADD seutuhnya hak masyarakat, bukan hak kepala desa dan perangkatnya. Sebagaimana amanat Menteri Keuangan Sri Mulyani, bahwa DD dititipkan untuk pemberdayaan masyarakat. Jika terjadi penyalahgunaan DD dan ADD, baru kepala desa yang bertanggung jawab,“ jelasnya kepada Berita Cianjur, Kamis (8/2/2018).

Berkaca pada kejadian tersebut, Ridwan melihat adanya upaya Bupati Cianjur untuk melanggengkan kerakusan politik dinasti di tatar santri, dengan mendominasi Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) Cianjur.

“Ingat, April 2019 ada pileg dan pilpres, serta pilkada 2021. Karenanya dengan sekuat tenaga IRM (Irvan Rivano Muchtar) dan rezim koplaknya dengan sekuat tenaga akan terus berupaya menyandera, mengkerangkeng aparat desa dan ARWT, sebagai sapi perah kepentingan politiknya, satu di antaranya melalui subuh berjamaah dan ashar mengaji ini,“ ungkapnya.

Adanya unsur intimidasi dalam program ‘Ashar Mengaji’ dan ‘Salat Subuh Berjamaah’ ini, Ridwan menilai politisasi agama tengah dijalankan oleh IRM dan rezimnya. Menurutnya, visi ‘Cianjur Lebih Maju dan Agamis’ ternyata tidak berbanding lurus dengan kualitas kehidupan rakyat dan birokrasi. “Program ini seperti benar tapi salah, ya inilah yang dimaksud politisasi agama,“ ucapnya.

Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin, sambung Ridwan, dengan tegas menyatakan, seburuk-buruknya manusia di bumi ini adalah yang menjual agama dan menjual tuhan untuk kepentingan dunia.

“Rezim IRM di Cianjur tegah mempraktikkan itu, menghalalkan segala cara demi hegemoni dinasti. Jelas, ini ancaman terhadap demokrasi Cianjur ke depan. Politik dinasti di Cianjur membajak demokrasi. Pilihannya ada dua terhadap rezim seperti ini, melawan atau kafir,“ tegasnya.

“Bupati dan rezimnya saat ini tengah memerankan diri sebagai kaum penindas. Terbukti dari kebijakan-kebijakannya yang tidak pro rakyat, memiskinkan dan merepotkan rakyat Cianjur,“ sambungnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Sekretaris Daerah Cianjur, Aban Sobandi enggan berkomentar banyak. “Abdi moal seueur komentar heula Kang, abdina bade tataros heula (Saya tidak akan banyak komentar dulu, mau bertanya terlebih dahulu, red),“ singkatnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.