Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Kepala Desa: Itu Hambat Pencairan dan Menetang Regulasi

Jika Tak Jalankan Program Bupati, Akan Berpengaruh pada Rekomendasi Pencairan Dana Desa

Angga Purwanda

Jumat, 09 Februari 2018 - 08:05 WIB

foto: Istimewa
foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - SURAT imbauan pelaksanaan ‘Ashar Mengaji’ dan ‘Salat Subuh Berjamaah’ yang disertai dengan kalimat yang dianggap adanya unsur intimidasi, disayangkan para kepala desa di Cianjur.

Kepala Desa Nagrak, Dadan Buldan menyayangkan keluarnya surat edaran tersebut. Bukan terkait imbauan kegiatan kegamaan, namun ia sangat menyayangkan adanya poin yang menyinggung pencairan DD dan ADD. Hal tersebut dinilainya seolah menghambat pencairan dan menentang regulasi tentang desa.

"Jujur kami menyayangkan adanya surat tersebut, kan bisa diobrolkan, kan sering ada rapat dengan kecamatan, tinggal dibicarakan di forum. Jangan sampai lah mencantumkan terkait pencairan DD dan ADD, karena kedua hal itu ada undang-undangnya," kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler, kemarin (8/2/2018).

Dadan menambahkan, untuk program bupati terkait salat subuh berjamaah dan ashar mengaji, para kepala desa juga turut mengikuti. Namun persentasenya dianggap tidak sesuai harapan dari Camat. Meski begitu, dia menilai tidak seharusnya mengeluarkan surat tersebut.

"Kami laksanakan program itu, mungkin tidak memenuhi harapan camat. Mungkin kalau sesuai harapan, jadi pujian untuk camat. Tapi baiknya kalau mau mendorong agar sesuai harapan, dikomunikasikan di forum," tegasnya.

Sementara itu, Camat Cianjur, Yudi Suhartoyo menjelaskan, surat tersebut bukan merupakan bentuk intimidasi, tetapi sebatas saran agar melaksanakan dan mendukung program pemerintah di tingkat kabupaten.

Di samping itu, dia menjelaskan jika selama ini dalam penggunaan DD dan ADD kerap terjadi penyimpangan di lapangan. Diharapkan dengan salat berjamaah, mengaji dan berdoa bersama, tindakan yang menjadi penyimpangan bisa ditahan atau ditekan.

"Rekomendasi camat itu ada sarat sesuai aturan serta saran, surat itu merupakan bentuk saran. Kalau yang memang punya niatan buruk pasti menganggap surat saran itu sebagai beban, tetapi kalau pikirannya positif pasti jadi berpandangan baik, dimana kegiatannya bisa jadi upaya mencegah penyelewengan. Kembali lagi ke pribadinya. Saya pun berharap jangan sampai surat ini jadi salah persepsi," pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 24 menit yang lalu

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 25 menit yang lalu

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 26 menit yang lalu

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 15 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:46 WIB

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:45 WIB

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.