Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Kepala Desa: Itu Hambat Pencairan dan Menetang Regulasi

Jika Tak Jalankan Program Bupati, Akan Berpengaruh pada Rekomendasi Pencairan Dana Desa

Angga Purwanda

Jumat, 09 Februari 2018 - 08:05 WIB

foto: Istimewa
foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - SURAT imbauan pelaksanaan ‘Ashar Mengaji’ dan ‘Salat Subuh Berjamaah’ yang disertai dengan kalimat yang dianggap adanya unsur intimidasi, disayangkan para kepala desa di Cianjur.

Kepala Desa Nagrak, Dadan Buldan menyayangkan keluarnya surat edaran tersebut. Bukan terkait imbauan kegiatan kegamaan, namun ia sangat menyayangkan adanya poin yang menyinggung pencairan DD dan ADD. Hal tersebut dinilainya seolah menghambat pencairan dan menentang regulasi tentang desa.

"Jujur kami menyayangkan adanya surat tersebut, kan bisa diobrolkan, kan sering ada rapat dengan kecamatan, tinggal dibicarakan di forum. Jangan sampai lah mencantumkan terkait pencairan DD dan ADD, karena kedua hal itu ada undang-undangnya," kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler, kemarin (8/2/2018).

Dadan menambahkan, untuk program bupati terkait salat subuh berjamaah dan ashar mengaji, para kepala desa juga turut mengikuti. Namun persentasenya dianggap tidak sesuai harapan dari Camat. Meski begitu, dia menilai tidak seharusnya mengeluarkan surat tersebut.

"Kami laksanakan program itu, mungkin tidak memenuhi harapan camat. Mungkin kalau sesuai harapan, jadi pujian untuk camat. Tapi baiknya kalau mau mendorong agar sesuai harapan, dikomunikasikan di forum," tegasnya.

Sementara itu, Camat Cianjur, Yudi Suhartoyo menjelaskan, surat tersebut bukan merupakan bentuk intimidasi, tetapi sebatas saran agar melaksanakan dan mendukung program pemerintah di tingkat kabupaten.

Di samping itu, dia menjelaskan jika selama ini dalam penggunaan DD dan ADD kerap terjadi penyimpangan di lapangan. Diharapkan dengan salat berjamaah, mengaji dan berdoa bersama, tindakan yang menjadi penyimpangan bisa ditahan atau ditekan.

"Rekomendasi camat itu ada sarat sesuai aturan serta saran, surat itu merupakan bentuk saran. Kalau yang memang punya niatan buruk pasti menganggap surat saran itu sebagai beban, tetapi kalau pikirannya positif pasti jadi berpandangan baik, dimana kegiatannya bisa jadi upaya mencegah penyelewengan. Kembali lagi ke pribadinya. Saya pun berharap jangan sampai surat ini jadi salah persepsi," pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…

Cianjur Euy 19/02/2018 21:10 WIB

Jalur Puncak Terisolasi, Perekonomian Masyarakat Turun 70 Persen

TINGKAT perekonomian di kawasan Jalur Puncak-Bogor turun hingga 70 persen, sejak jalur itu ditutup. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Asep…

Cianjur Euy 19/02/2018 17:14 WIB

Personel Polres Cianjur Jalani Pemeriksaan Kesehatan Berkala

RATUSAN personel Polres Cianjur mengikuti pemeriksaan kesehatan yang digelar Biddokkes Polda Jawa Barat, di Aula Primkopol, Mapolres Cianjur, Senin (19/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.