Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

52,21 gram Sabu-Sabu Diamankan, Diduga Dikendalikan Dari Dalam Lapas

Angga Purwanda

Minggu, 11 Februari 2018 - 22:52 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - TIGA orang pengedar dan pengguna narkoba beserta barang bukti 52,21 gram sabu-sabu berhasil diamankan jajaran Sat Res Narkoba Polres Cianjur. Diduga barang haram itu dikendalikan oleh narapidana di Lapas Kelas IIB Kabupaten Cianjur.

Pengungkapan dan penangkapan ketiga orang tersangka itu berawal dari informasi masyarakat yang yang curiga dengan aktivitas salah seorang tersangka berinisial G (21) yang diketahui sering memiliki dan menyimpan serta memperjualbelikan narkoba jenis sabu-sabu.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH didamping Kasat Res Narkoba, AKP Indra Sani, mengatakan, dari hasil pemeriksaan dan pengakuan tersangka narkoba jenis sabu-sabu itu dikendalikan oleh narapidana yang kini mendekam di Lapas Kelas IIB Cianjur.

“Pengakuan tersangka, peredaran barang haram (Sabu-sabu, red) itumemang ada yang mengendalikan (dari lapas). Jadi, nomor handphone yang didapat dari yang memberikan informasi keberadaaan sabu-sabu itu dulunya kenalan di lapas. Siapa yang mengendalikan dari lapas, masih dalam penyelidikan," kata Soliyah, kepada wartawan.

Soliyah menyebutkan, awalnya Sat Res Narkoba Polres Cianjur menangkap tersangka berinisial G, Rabu (7/2/2018) sekitar pukul 23.30 WIB di sebuah lokasi pemakaman umum dengan barang bukti sabu-sabu seberat 32,08 gram yang tersimpan di dalam sebuah bungkus rokok.

Setelah berhasil menangkap tersangka G, sebut Soliyah, jajarannya melakukan pengembangan terkait awal barang haram itu. “Dari hasil interogasi tersangka G, barang haram tersebut didapat dari rekannya berinisial I (32). Jajaran langsung melakukan pengejaran dan penangkapan tersangka I di rumahnya, sekitar pukul 23.45 WIB dan mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 20,08 gram yang tersimpan dibawah sprei kasur di kamar tersangka,” jelasnya.

“Saat penangkapan tersangka berinisial I, petugas juga ikut menangkap rekan tersangka berinisial D (30) yang saat itu sedang mengkonsumi sabu-sabu, petugasnya juga mengamankan barang bukti 0,15 gram yang ada diatas karpet rumah tersangka I,” tambah Soliyah.11

Soliyah menyebutkan, dua dari tiga tersangka merupakan residivis yang sebelumnya sudah pernah disel dalam kasus serupa. Ia mengatakan ketiga tersangka masih berada dalam satu jaringan. "Mereka masih satu jaringan;" tegasnya.

Ketiga tersangka dijerat pasal 114 ayat 2 junctp pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35/2009 tentang Narkotika. Ancamannya di atas 5 tahun penjara. "Ini penangkapan cukup besar. Tapi kami tak bisa berbangga hati. Kami akan terus memberantas narkoba di Cianjur," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…

Aktualita 19/02/2018 08:05 WIB

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 19/02/2018 08:00 WIB

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.