Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

52,21 gram Sabu-Sabu Diamankan, Diduga Dikendalikan Dari Dalam Lapas

Angga Purwanda

Minggu, 11 Februari 2018 - 22:52 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - TIGA orang pengedar dan pengguna narkoba beserta barang bukti 52,21 gram sabu-sabu berhasil diamankan jajaran Sat Res Narkoba Polres Cianjur. Diduga barang haram itu dikendalikan oleh narapidana di Lapas Kelas IIB Kabupaten Cianjur.

Pengungkapan dan penangkapan ketiga orang tersangka itu berawal dari informasi masyarakat yang yang curiga dengan aktivitas salah seorang tersangka berinisial G (21) yang diketahui sering memiliki dan menyimpan serta memperjualbelikan narkoba jenis sabu-sabu.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH didamping Kasat Res Narkoba, AKP Indra Sani, mengatakan, dari hasil pemeriksaan dan pengakuan tersangka narkoba jenis sabu-sabu itu dikendalikan oleh narapidana yang kini mendekam di Lapas Kelas IIB Cianjur.

“Pengakuan tersangka, peredaran barang haram (Sabu-sabu, red) itumemang ada yang mengendalikan (dari lapas). Jadi, nomor handphone yang didapat dari yang memberikan informasi keberadaaan sabu-sabu itu dulunya kenalan di lapas. Siapa yang mengendalikan dari lapas, masih dalam penyelidikan," kata Soliyah, kepada wartawan.

Soliyah menyebutkan, awalnya Sat Res Narkoba Polres Cianjur menangkap tersangka berinisial G, Rabu (7/2/2018) sekitar pukul 23.30 WIB di sebuah lokasi pemakaman umum dengan barang bukti sabu-sabu seberat 32,08 gram yang tersimpan di dalam sebuah bungkus rokok.

Setelah berhasil menangkap tersangka G, sebut Soliyah, jajarannya melakukan pengembangan terkait awal barang haram itu. “Dari hasil interogasi tersangka G, barang haram tersebut didapat dari rekannya berinisial I (32). Jajaran langsung melakukan pengejaran dan penangkapan tersangka I di rumahnya, sekitar pukul 23.45 WIB dan mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 20,08 gram yang tersimpan dibawah sprei kasur di kamar tersangka,” jelasnya.

“Saat penangkapan tersangka berinisial I, petugas juga ikut menangkap rekan tersangka berinisial D (30) yang saat itu sedang mengkonsumi sabu-sabu, petugasnya juga mengamankan barang bukti 0,15 gram yang ada diatas karpet rumah tersangka I,” tambah Soliyah.11

Soliyah menyebutkan, dua dari tiga tersangka merupakan residivis yang sebelumnya sudah pernah disel dalam kasus serupa. Ia mengatakan ketiga tersangka masih berada dalam satu jaringan. "Mereka masih satu jaringan;" tegasnya.

Ketiga tersangka dijerat pasal 114 ayat 2 junctp pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35/2009 tentang Narkotika. Ancamannya di atas 5 tahun penjara. "Ini penangkapan cukup besar. Tapi kami tak bisa berbangga hati. Kami akan terus memberantas narkoba di Cianjur," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 13 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 13 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 15 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Aktualita 23/04/2018 08:00 WIB

Mimpi Besar Bupati yang Kontroversial

PEMINDAHAN ibu kota Cianjur ke wilayah Kecamatan Campaka rupanya merupakan rencana besar Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, setelah beberapa bulan berhasil menduduki tahta pemerintahan Kabupaten Cianjur.…

Aktualita 23/04/2018 07:55 WIB

Dunia Terbalik Ala Pemkab Cianjur

SETELAH heboh dengan Megaproyek Campaka yang melabrak aturan dan untuk pertama kalinya terjadi banjir di kawasan perkotaan, kini masyarakat Cianjur kembali dibuat heboh dengan adanya pemandangan pesawahan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 22/04/2018 20:05 WIB

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.