Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Wabup: Segera Laporkan Penderita Gangguan Jiwa

Pemkab Cianjur Akan Gratiskan Biaya Pengobatan Para Penderita

Angga Purwanda

Senin, 12 Februari 2018 - 22:50 WIB

Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman saat mengunjungi Panti Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Senin (12/2/2018).
Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman saat mengunjungi Panti Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Senin (12/2/2018).
A A A

Beritacianjur.com - WAKIL Bupati Cianjur, Herman Suherman mengimbau masyarakat untuk melaporkan penderita gangguan jiwa agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang layak.

Sebab, jelas Herman, banyak masyarakat Cianjur yang menderita gangguan jiwa dan tidak mendapatkan penanganan dan perawatan yang layak. Bahkan, tidak sedikit yang mendapatkan perlakuan tidak manusiawi, seperti di pasung, di rantai, dan di kurung di alam kamar yang gelap.

“Jika memang ada keluarga atau tetangganya yang di pasung atau menderita gangguan jiwa jangan di diamkan segera bawa ke fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit. Semua biayanya akan kami gratiskan,” jelas Herman, saat ditemui di Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin (12/2/2018).

Herman menyebutkan, pihaknya juga akan segera memanggil Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur untuk membahas persoalan terkait penanganan penderita gangguan jiwa di Kabupaten Cianjur.

“Kami sangat mengapresiasi Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) yang fokus menangani para penderita gangguang jiwa di panti yang mereka sediakan. Kami juga akan koordinasi dengan pimpinan (Bupati, red) agar dapat membantu komunitas tersebut,” ucapnya.

Herman menambahkan, pemkab juga akan membantu pembebasan para penderita gangguan jiwa yang dipasung oleh keluarganya dan melakukan edukasi sehingga tindakan pemasungan tidak dilakukan lagi.

Sementara itu, Relawan KSJ, Yuli Hendrika Sugiharti, mengungkapkan, perlu ada komitmen dari pemerintah dalam menangani persoalan penanganan penderita gangguan jiwa di Kabupaten Cianjur.

Yuli mengharapkan, fasilitas kesehatan, seperti dari puskesmas dan rumah sakit dapat menangani kasus darurat kejiwaan yang ada di setiap wilayahnya.

“Cianjur memang harus memiliki pusat pelayanan kesehatan jiwa. Sebab, penderita gangguan jiwa di Cianjur cukup banyak, mulai dari kategori biasa hingga berat,” ungkap Yuli.

Selain itu, Yuli menuturkan, diperlukan perubahan pola pandang masyarakat terhadap para penderita gangguan jiwa.“Selama pemahaman masyarakat masih minim terhadap penyakit gangguan jiwa, maka akan banyak ditemui kasus-kasus, seperti pemasungan yang dialami para penderita tersebut, karena mereka (penderita, red) dianggap merepotkan orang lain, atau sebagai aib keluarga,” tuturnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…

Aktualita 19/02/2018 08:05 WIB

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 19/02/2018 08:00 WIB

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.