Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Wabup: Segera Laporkan Penderita Gangguan Jiwa

Pemkab Cianjur Akan Gratiskan Biaya Pengobatan Para Penderita

Angga Purwanda

Senin, 12 Februari 2018 - 22:50 WIB

Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman saat mengunjungi Panti Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Senin (12/2/2018).
Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman saat mengunjungi Panti Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Senin (12/2/2018).
A A A

Beritacianjur.com - WAKIL Bupati Cianjur, Herman Suherman mengimbau masyarakat untuk melaporkan penderita gangguan jiwa agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang layak.

Sebab, jelas Herman, banyak masyarakat Cianjur yang menderita gangguan jiwa dan tidak mendapatkan penanganan dan perawatan yang layak. Bahkan, tidak sedikit yang mendapatkan perlakuan tidak manusiawi, seperti di pasung, di rantai, dan di kurung di alam kamar yang gelap.

“Jika memang ada keluarga atau tetangganya yang di pasung atau menderita gangguan jiwa jangan di diamkan segera bawa ke fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit. Semua biayanya akan kami gratiskan,” jelas Herman, saat ditemui di Pendopo Kabupaten Cianjur, Senin (12/2/2018).

Herman menyebutkan, pihaknya juga akan segera memanggil Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur untuk membahas persoalan terkait penanganan penderita gangguan jiwa di Kabupaten Cianjur.

“Kami sangat mengapresiasi Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) yang fokus menangani para penderita gangguang jiwa di panti yang mereka sediakan. Kami juga akan koordinasi dengan pimpinan (Bupati, red) agar dapat membantu komunitas tersebut,” ucapnya.

Herman menambahkan, pemkab juga akan membantu pembebasan para penderita gangguan jiwa yang dipasung oleh keluarganya dan melakukan edukasi sehingga tindakan pemasungan tidak dilakukan lagi.

Sementara itu, Relawan KSJ, Yuli Hendrika Sugiharti, mengungkapkan, perlu ada komitmen dari pemerintah dalam menangani persoalan penanganan penderita gangguan jiwa di Kabupaten Cianjur.

Yuli mengharapkan, fasilitas kesehatan, seperti dari puskesmas dan rumah sakit dapat menangani kasus darurat kejiwaan yang ada di setiap wilayahnya.

“Cianjur memang harus memiliki pusat pelayanan kesehatan jiwa. Sebab, penderita gangguan jiwa di Cianjur cukup banyak, mulai dari kategori biasa hingga berat,” ungkap Yuli.

Selain itu, Yuli menuturkan, diperlukan perubahan pola pandang masyarakat terhadap para penderita gangguan jiwa.“Selama pemahaman masyarakat masih minim terhadap penyakit gangguan jiwa, maka akan banyak ditemui kasus-kasus, seperti pemasungan yang dialami para penderita tersebut, karena mereka (penderita, red) dianggap merepotkan orang lain, atau sebagai aib keluarga,” tuturnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…

Aktualita 12/07/2018 07:00 WIB

Bukti Kuat untuk Aparat

PENGAKUAN dan penjelasan dugaan kuat pelanggaran pada Megaproyek Campaka terus bermunculan. Mulai dari masyarakat, aktivis, wakil rakyat hingga pakar hukum. Lalu, mengapa aparat penegak hukum belum bertindak?

Cianjur Euy 11/07/2018 21:36 WIB

Pemkab Cianjur Siap Antisipasi Kekeringan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur menyiapkan langkah antisipasi terjadinya dampak kekeringan yang diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang.