Rabu, 21 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Kapolres Cianjur Didesak Tindak Tegas Anggota Arogan

Kapolres Cianjur Didesa Tindak Tegas Anggota Arogan

Angga Purwanda

Selasa, 13 Februari 2018 - 21:55 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - RATUSAN massa yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Integritas Polri menggelar aksi unjukrasa ke Kantor DPRD Kabupaten Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Selasa (13/2/2018) siang.

Aksi unjukrasa yang rencananya akan dilakukan di Halaman Mapolres Cianjur itu digelar untuk menuntut oknum perwira polisi di lingkungan Polres Cianjur yang diduga telah melakukan pelanggaran dalam melaksanakan tugas kepolisian (Penangkapan, red).

Dibawah guyuran hujan dan pengawalan ketat kepolisian massa aksi satu persatu menyampaikan orasi di depan gedung perwakilan rakyat itu. Juru bicara Masyarakat Peduli Integritas Polisi, Yana Nurzaman, mengatakan, pihaknya meminta Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH untuk lebih menekankan para anggota dan atau staffnya dalam melakukan tugas dan kewajibannya tidak menggunakan cara-cara yang arogan dan kasar serta senantiasa menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

Sebab, jelas Yana, salah seorang oknum perwira polisi itu dinilai telah melakukan pelanggaran dalam menjalankan tugasnya dan kelakuannya itu bukan yang kali pertama dilakukannya.

“Kami mendesak Kapolres Cianjur untuk segera memberikan tindakan yang tegas kepada oknum anggota dan jajaran dibawahnya yang terbukti arogan dan kasar juga terkesan "NgaJAGO" saat menjalankan tugasnya,” jelas Yana, kepada wartawan, disela-sela aksi, Selasa (13/2/2018).

Yana menyebutkan, seharusnya dalam upaya penegakkan hukum demi terciptanya ketertiban umum, masyarakat butuh Polri yang profesional, kuat, bersih, dan tegas serta memiliki integritas yang teruji. Sehingga dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya tidak lagi menampilkan sosok yang arogan dan kasar, tetap menjunjung tinggi HAM.

“Masyarakat sebenarnya cinta Polri dan sampai kapanpun akan tetap cinta Polri. Buruknya citra Polri di mata masyarakat akibat ulah oknum-oknum anggota Polri itu sendiri, masyarakat bukannya benci kepada Polri secara institusi, tetapi benci terhadap kelakuan oknum-oknumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH melalui Kabag Ops, Kompol Warsito, menjelaskan, terkait dugaan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum perwira di lingkungan Polres Cianjur, pihaknya telah melakukan investigasi dan pemeriksaan terhadap anggota.

Warsito menuturkan, apa yang disampaikan para massa aksi akan dijadikan bahan evaluasi untuk mengantisipasi kejadian serupa kembali terulang. “Saat ini kasusnya sudah ditangani Propam Polres Cianjur. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari pelapor (Korban, red), karena yang bersangkutan baru hari ini bisa ditemui,” jelas Warsito.

Warsito mengatakan, pihaknya tidak akan main-main dalam menangani kasus itu. “Investigasi dari jajaran Propam tengah berjalan, mudah-mudahan segera terungkap apa yang sebenarnya terjadi dalam kejadian malam itu,” katanya.

Warsito menambahkan, ada dua pelanggaran di kepolisian, yaitu pelanggaran kode etik dan disiplin. “Tentunya kami akan memberikan tindakan tegas bagi anggota yang memang terbukti bersalah, sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukannya,” ucapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 6 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Diduga Serobot Lahan Kritis

PERKANTORAN baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka, diduga menyerobot lahan yang diperuntukkan kegiatan program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM). Benarkah?

Aktualita 20/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat yang Mana?

SETELAH diduga mencatut nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kini kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka yang belum berizin, diklaim dibangun atas permintaan masyarakat Cianjur. Masyarakat yang…

Aktualita 19/02/2018 08:05 WIB

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 19/02/2018 08:00 WIB

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 19/02/2018 01:15 WIB

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 19/02/2018 01:13 WIB

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 19/02/2018 01:12 WIB

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.