Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Kapolres Cianjur Didesak Tindak Tegas Anggota Arogan

Kapolres Cianjur Didesa Tindak Tegas Anggota Arogan

Angga Purwanda

Selasa, 13 Februari 2018 - 21:55 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - RATUSAN massa yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Integritas Polri menggelar aksi unjukrasa ke Kantor DPRD Kabupaten Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Selasa (13/2/2018) siang.

Aksi unjukrasa yang rencananya akan dilakukan di Halaman Mapolres Cianjur itu digelar untuk menuntut oknum perwira polisi di lingkungan Polres Cianjur yang diduga telah melakukan pelanggaran dalam melaksanakan tugas kepolisian (Penangkapan, red).

Dibawah guyuran hujan dan pengawalan ketat kepolisian massa aksi satu persatu menyampaikan orasi di depan gedung perwakilan rakyat itu. Juru bicara Masyarakat Peduli Integritas Polisi, Yana Nurzaman, mengatakan, pihaknya meminta Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH untuk lebih menekankan para anggota dan atau staffnya dalam melakukan tugas dan kewajibannya tidak menggunakan cara-cara yang arogan dan kasar serta senantiasa menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

Sebab, jelas Yana, salah seorang oknum perwira polisi itu dinilai telah melakukan pelanggaran dalam menjalankan tugasnya dan kelakuannya itu bukan yang kali pertama dilakukannya.

“Kami mendesak Kapolres Cianjur untuk segera memberikan tindakan yang tegas kepada oknum anggota dan jajaran dibawahnya yang terbukti arogan dan kasar juga terkesan "NgaJAGO" saat menjalankan tugasnya,” jelas Yana, kepada wartawan, disela-sela aksi, Selasa (13/2/2018).

Yana menyebutkan, seharusnya dalam upaya penegakkan hukum demi terciptanya ketertiban umum, masyarakat butuh Polri yang profesional, kuat, bersih, dan tegas serta memiliki integritas yang teruji. Sehingga dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya tidak lagi menampilkan sosok yang arogan dan kasar, tetap menjunjung tinggi HAM.

“Masyarakat sebenarnya cinta Polri dan sampai kapanpun akan tetap cinta Polri. Buruknya citra Polri di mata masyarakat akibat ulah oknum-oknum anggota Polri itu sendiri, masyarakat bukannya benci kepada Polri secara institusi, tetapi benci terhadap kelakuan oknum-oknumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH melalui Kabag Ops, Kompol Warsito, menjelaskan, terkait dugaan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum perwira di lingkungan Polres Cianjur, pihaknya telah melakukan investigasi dan pemeriksaan terhadap anggota.

Warsito menuturkan, apa yang disampaikan para massa aksi akan dijadikan bahan evaluasi untuk mengantisipasi kejadian serupa kembali terulang. “Saat ini kasusnya sudah ditangani Propam Polres Cianjur. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari pelapor (Korban, red), karena yang bersangkutan baru hari ini bisa ditemui,” jelas Warsito.

Warsito mengatakan, pihaknya tidak akan main-main dalam menangani kasus itu. “Investigasi dari jajaran Propam tengah berjalan, mudah-mudahan segera terungkap apa yang sebenarnya terjadi dalam kejadian malam itu,” katanya.

Warsito menambahkan, ada dua pelanggaran di kepolisian, yaitu pelanggaran kode etik dan disiplin. “Tentunya kami akan memberikan tindakan tegas bagi anggota yang memang terbukti bersalah, sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukannya,” ucapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…