Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

Angga Purwanda

Rabu, 14 Februari 2018 - 21:35 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan yang melintas.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, peristiwa longsor di sejumlah titik di jalur puncak I menjadi gambaran jika perlu ada jalur alternatif. Dengan begitu, ketika jalur utama tidak bisa diakses, tidak akan ada masalah penutupan arus atau tertutupnya akses menuju Cianjur dari Bogor, Jakarta, dan sekitarnya.

"Dari peristiwa kemarin, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pusat kembali membahas percepatan pembangunan jalur puncak II. Jadi langkah poisitif agar banyak akses menuju Cianjur dan mengantisipasi ketika terjadi bencana yang menutup jalan," kata Herman, kepada wartawan, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya, pertemuan tersebut Pemkabn Cianjur diwakili oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cianjur. Namun, selain Cianjur, Pemerintah Bogor juga turut hadir untuk sama-sama bersinergis mempercepat pembangunan jalur tersebut.

"Untuk pastinya kapan mulai dilaksanakan atau dilanjut, belum ada informasi. Saya masih menunggu dari PUPR dan Bappeda, karena pertemuannya baru sekitar dua hari lalu. Tapi kami apresiasi kembalinya upaya pembangunan jalur tersebut," katanya.

Herman menambahkan, saat ini kondisi jalur puncak I memang sudah dinilai kuarng memadai, sebab volume kendaraan yang terus bertambah sementara lebar jalan yang sempit. Selain itu, kondisi tanah di sepanjang jalur tersebut labil, sehingga bisa sewaktu-waktu terjadi longsoran yang memutus akses dari kedua arus. "Makanya perlu ada jalan alternatif, ketika jalur utama terganggu, bisa dioptimalkan jalur puncak II," ungkapnya.

Sementara itu, Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur turut mendukung dilanjutkannya pembangunan jalur puncak II. Rencananya, Komisi III bakal meminta hasil kajian kondisi geografis dan faktor terjadinya bencana di jalur itu beberapa waktu lalu.

"hasil kajian itu akan kami jadikan dasar atau alasan penguat untuk segera melanjutkan pembangunan jalur alternatif itu," ucap Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur, Atep Hermawan.

Atep menyebutkan, Komisi III tidak akan mundur selangkahpun untuk terus mendukung pembangunan jalur alternatif, sebab banyak hal positif yang diterima dengan dilaksanakannya pembangunan tersebut. "Kami akan suarakan pembangunan tersebut, meskipun keputusan ada di pusat, tapi kami minta harapan pembangunan jalur tersebut bisa didengar dan dilaksanakan," ucapnya.

Perlu diketahui, sebelumnya, pembangunan jalur alternatif Puncak II tidak jadi dilaksanakan, sebab pemerintah RI hanya akan mempelebar sisi jalan, dengan panjang dua meter kiri kanan jalan. Beberapa faktor, yang di antaranya urusan pembebasan dan kawasan hijau menjadi alasan tidak jadinya pembangunan jalur alternatif tersebut. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…