Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Jabat Plt Kepala BPBP, Sekdis Pertanian Jabar: Pemberhentian Kepala Lama Karena Ada Temuan Permasalahan

Nuki Nugraha

Kamis, 15 Februari 2018 - 07:55 WIB

Gudang BPBP
Gudang BPBP
A A A

Beritacianjur.com - Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Mengisi kekosongan jabatan, pucuk pimpinan balai milik Pemerintah Provinsi Jabar itu sementara waktu dijabat oleh Sekertaris Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Jabar, Ibrahim Sjaf.

Kepastian lengsernya Iwan dari jabatan Kepala BPBP terungkap pada saat wartawan mengonfirmasi Ibrahim Syaf, saat melakukan kunjungan ke kantor Balai Pelatihan Pertanian, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, kemarin.

Orang nomor dua di lingkungan Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Jabar itu mengatakan, bahwa kepala balai yang lama (Iwan, red) memang diberhentikan, dikarenakan ada beberapa persoalan dalam pengelolaan balai, bahkan hingga menjadi temuan pihak Inspektorat Daerah (Irda) Pemprov Jabar.

“Kepala balai yang lama memang diberhentikan (nonjob). Pergantian ini berdasarkan penilaian juga hasil pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat tempo hari, di mana adanya beberapa temuan dalam pengelolaan BPBP selama kepemimpinan Pa Iwan. Selain itu yang bersangkutan juga sudah membuat surat permohonan pengunduran diri,” beber Ibrahim.

Menurutnya, ini sebagai salah satu reward dan punishment yang diterapkan di lingkungan dinas. Sekaligus juga sebagai upaya perbaikan semua lini dinas ke depan. Artinya, sambung dia, semua pegawai di lingkungan dinas pertanian harus nyaman dalam bekerja sehingga pelayanan kepada masyakrat bisa lebih maksimal.

“Kalau di dalam pegawai bekerja tidak nyaman, ya bagaimana bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” imbuhnya.

Disinggung soal antisipasi kemungkinan adanya temuan lagi, Ibrahim mengatakan, saat ini dinas sudah membentuk sebuah tim internal dengan istilah Sistem Pengendalian Internal, yang nantinya bertugas selama 1 bulan sekali melakukan pengawasan.

“Selain itu, nanti setiap balai diharuskan mengekspos semua potensi yang ada, sehingga bisa lebih terprediksi. Ini kita lakukan supaya kinerja dinas pertanian bisa lebih baik ke depan,” katanya.

Sementara itu, kabar terkait lengsernya Iwan Cahmawan dari jabatan Kepala BPBP disambut gembira Forum Perjuangan Buruh Tani Cianjur (FPBTC). Ketua FPBTC, Hendra Malik mengatakan, lengsernya Iwan merupakan jawaban hasil dari perjuangan FPBTC bersama para petani yang saat itu merasa dirugikan atas kebijakan yang diterapkan BPBP.

Menurut pentolan aktivis buruh tani ini, tahun 2018 seharusnya bisa menjadi tahun yang baik bagi para petani yang selama ini menggarap di lahan perusahaan jawatan (perjan). Pasalnya menurut dia, sekarang ini merupakan awal dari kemerdekaan para buruh tani penggarap. Artinya ke depan petani harus lebih paham tentang aturan main dan harus lebih sejahtera

“Mewakili seluruh buruh tani (penggarap, red), kita sangat senang sekali dengan adanya perubahan struktural di lingkungan BPBP. Semoga saja ini menjadi awal yang baik bagi semua pihak,” kata Hendra seraya berharap ke depan sosialisasi, pelatihan, dan pembinaan kepada petani bisa dilakukan maksimal sehingga dapat menghasilkan para buruh tani yang handal. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…