Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Angga Purwanda

Senin, 19 Februari 2018 - 01:13 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap kuat menahan dan mengikat tanah.

Komandan Korem 061/Suryakancana, Kolonel Inf Muhamad Hasan, penanaman kedua bibit pohon tersebut untuk mengantisipasi kembali terjadinya bencana longsor di kawasan itu. “Penanamannya sudah berlangsung. Seluruh tempat yang terdampak longsor sudah kami tanami rumput akar wangi atau vetifer ini di wilayah Puncak, khususnya di wilayah Koramil Cisarua, Koramil Citeureup, dan Koramil Cijeruk," kata Hasan, seusai menggelar silaturahmi dengan kalangan pers se-Wilayah II Bogor, di Markas Korem 061/Suryakancana, belum lama ini.

Hasan menambahkan berbagai benih pepohonan yang diberikan Pangdam III/Siliwangi beberapa waktu lalu, pun sudah disemai. Benihnya juga sudah ditanam di kawasan Cijeruk, utamanya di sekitar bantaran rel yang ambrol akibat bencana tanah longsor. "Semuanya hampir 50 ribu benih pohon sudah kita semai dan ditanam di beberapa tempat, terutama di Cijeruk dekat bantaran rel," jelasnya.

Hasan mengatakan jenis pohon akar wangi dan mani'i relatif kuat menahan dan mengikat tanah. Sehingga ketika turun hujan deras, setidaknya bisa mengurangi potensi tanah longsor. "Bisa menahan tanah dan tidak akan tergerus air," ujarnya.

Sementara itu untuk mengatasi permasalahan di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwilung, Hasan mengaku, Korem 061/Suryakancana juga ikut terlibat di dalamnya. Pembenahannya diawali dari hulu Sungai Ciliwung yang berada di Talaga Saat. "Kondisi di Situ Talaga Saat hampir 80% permukaannya tertutup gulma dan pohon-pohon air lainnya," tambah Hasan.

Pembenahan itu, lanjut Hasan, bukan dikatakan sebagai normalisasi. Tapi setidaknya membenahi agar hulu Sungai Ciliwung bisa betul-betul bersih. "Kalau normalisasi butuh peralatan dan biaya sangat besar. Tapi upaya ini setidaknya akan membuka mata bahwa ada infrastruktur alam yang terbengkalai. Itu kan daerah penampungan air," tegas Hasan.

Hasan mengaku sudah berkoordinasi dengan hampir 61 komunitas pecinta alam dan lingkungan untuk bersama-sama membersihkan permukaan Situ Talaga Saat. Nantinya di tempat itu akan ditebar benih ikan dan menanam pohon.

"Hulunya dulu kita bersihkan. Seperti halnya di Citarum, yang pertama kali dinormalkan di Danau Cisanti sebagai hulu. Di sana sudah ditanam berapa juta pohon," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…