Selasa, 14 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia
Advertorial

Paguyuban Baladewa : Musik dan Budaya Menyatukan Nusantara

Rizky

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:57 WIB

foto:Rizky/BC
foto:Rizky/BC
A A A

Beritacianjur.com - Komunitas napak tilas dan kesenian sunda buhun, yang tergabung dalam wadah Kesenian Paguyuban Baladewa, menggelar parhelatan latihan bersama pada Selasa (20/02), kemarin. Latihan dalam rangka meningkatkan jalinan silaturahmi antar anggota diikuti oleh berbagai anggota dari seluruh pelosok di Indonesia. Bertempat di Padepokan Paguyuban Baladewa, Lembang, Bandung.

"Melalui musik dan budaya, menyatukan nusantara. Itu tema yang kami gelorakan. Berbeda beda budaya, berbeda beda kesenian, tapi kita adalah Indonesia. Itu yang menyatukan semuanya, walaupun fokus yang kami kembangkan adalah kesenian sunda buhun, tapi performa kesenian dari daerah lain juga bergabung di paguyuban ini," papar Ketua Paguyuban Baladewa, H. Prabu Baladewa.

Paguyuban yang sudah memiliki usia tujuh tahuh tahun ini, memiliki anggota yang berasal dari daerah luar pulau jawa seperti Papua, Makassar dan Sulawesi. Selain pertunjukkan kesenian musik dari berbagai daerah, performa beladiri pencak silat dikolaborasikan dengan alunan dawai kecapi dan gendang berhasil 'membius' anggota paguyuban lainnya. Pasalnya, atraksi beladiri lebih memukau lagi dengan penampilan debus sunda buhun.

"Komunitas dan paguyuban ini kami besarkan dengan konsep kekeluargaan, tujuan utamanya untuk melestarikan budaya kami agar tidak punah dan mampu diwariskan hingga ke anak cucu," pungkasnya.

Senada dengan Ketua Paguyuban, Syamsudin selaku anggota yang berasal dari daerah Jayapura , Papua mengatakan bahwa kehadirannya di tanah pasundan ini, disambut dengan penuh kekeluagaan oleh anggota paguyuban yang lain. Nuansa yang ramah, menjadikan ia betah dan semangat untuk bergabung dan mempelajari budaya kesenian sunda di Paguyuban Baladewa.

"Saya dan kawan kawan dari Papua, baru bergabung dua hari di Paguyuban ini, rencananya akan mengikuti beberapa program yang diajarkan oleh Paguyuban," jelasnya.

Masih di tempat yang sama, Yusuf selaku anggota Paguyuban menerangkan kesan dan pesannya selama bergabung di padepokan, ia telah mempelajari berbagai keilmuan dan seni budaya dari berbagai daerah. Utamanya kesenian sunda buhun. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 10 jam yang lalu

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…