Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Pembagian Insentif Guru Honor Diduga Jadi Ajang Kampanye

Nuki/Angga Purwanda

Jumat, 23 Februari 2018 - 07:55 WIB

INI DIA - Salah satu bakal calon legislatif yang menghadiri kegiatan pembagian insentif bagi guru honorer K2, di Gedung PGRI Karangtengah, Kamis (22/2/2018). (foto: Angga Purwanda/BC)
INI DIA - Salah satu bakal calon legislatif yang menghadiri kegiatan pembagian insentif bagi guru honorer K2, di Gedung PGRI Karangtengah, Kamis (22/2/2018). (foto: Angga Purwanda/BC)
A A A

Beritacianjur.com - PEMBAGIAN insentif dari Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar untuk guru honorer K2 se-Kecamatan Karangtengah, terindikasi ditumpangi kepentingan politik.

Pasalnya, selain dihadiri pengurus PGRI, UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) TK dan SD Karangtengah serta aktivis pendidikan, kegiatan tersebut pun dihadiri dan diduga dijadikan ajang kampanye, oleh sejumlah bakal calon legislatif (bacaleg) dari partai yang diketuai mantan Bupati Cianjur, salah satunya Deni Abdul Holik.

Berdasarkan informasi, kegiatan yang digelar di Gedung PGRI Karangtengah, Kamis (22/2/2018) itu, dalam rangka pembagian insentif sebesar Rp200 ribu per orang.

Mengetahui kegiatan di lingkungan pendidikan terindikasi ditumpangi kepentingan politik, Dewan Pendidikan Cianjur, Awaludin mengaku sangat menyayangkan kejadian tersebut.

Menurutnya, sebaiknya institusi pendidikan steril dari politik praktis. Kecuali jika bentuknya pendidikan politik, sambung dia, baru bisa ditolelir. "Sangat disayangkan Kang. Sebaiknya pendidikan steril dari kepentingan politik," tegas Awaludin saat dihubungi, Kamis (22/2/2018).

Sementara itu, Ketua Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Cianjur, Rudi Agan menilai, keikutsertaan seorang bacaleg dalam setiap kegiatan yang digelar pemerintah jelas tidak elok. Apalagi jika yang bersangkutan tidak memiliki korelasi dengan kegiatan yang diselenggarakan itu.

“Cukup aneh, sebab yang kita kenal yang bersangkutan merupakan seorang pewarta. Kapasitas bacaleg di kegiatan tersebut apa? Jelas itu kan acara para guru, sampai pakai seragam PGRI pula,” ungkapnya saat dihubungi wartawan, Kamis (22/2/2018).

Rudi menyebutkan, seharusnya petinggi partai dari bacaleg itu dapat memberikan tindakan tegas. Sebab, hal tersebut sangat tidak mendidik dan memalukan partai.

“Kecuali, ketua partainya merestui setiap upaya yang dilakukan bacaleg, sekalipun yang dilakukan kadernya salah. Bagaimana pendidikan politik di Cianjur akan berjalan baik dan benar?” ucapnya.

Rudi menambahkan, kejadian itu juga harus menjadi perhatian bagi para pengawas pemilu, agar setiap calon legislatif dapat bersaing dengan benar tanpa melakukan kecurang-kecurangan yang terorganisir dan masif.

“Jangan sampai ajang pesta demokrasi yang dihelat justru melahirkan pemimpin atau wakil rakyat yang memiliki mental licik,” pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Si Maung 6 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 6 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 22/04/2018 20:05 WIB

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…