Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

MTs Islamiyah Sayang, Terapkan Model Belajar E-Learning

Susi Susilawati

Senin, 07 September 2015 - 07:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – MTs Islamiyah Sayang, Cianjur, Jawa Barat menjadi salahsatu sekolah di Cianjur yang mulai menerapkan konsep e-learning dalam proses belajar mengajarnya.

Wakil Kepala Bidang Humas MTs Islamiyah Sayang, Asep Moh. Muhsin mengatakan, penggunaan e-learning di sekolah merupakan sebuah keharusan mengingat pembelajaran yang tidak didukung oleh model pembelajaran IT akan menyebabkan siswa bosan belajar, jenuh dan pastinya ketinggalan zaman.

“Jangan sampai memposisikan sekolah sebagai tempat yang menjenuhkan atau tempat yang menakutkan bagi siswa. Apalagi bila ditambah dengan kondisi beberapa guru yang kurang mengikuti perkembangan dunia persekolahan modern,” tutur Asep kepada “BC”, Minggu (6/9).

Menurutnya, model pembelajaran berbasis teknologi sering dianggap hal yang aneh dan membebani guru. Mereka beranggapan mengajar harus sesuai dengan  materi yang ada di dalam kurikulum.

Hal itu, menurutnya, tidak salah kendati seorang guru menurut Asep tentunya harus bisa mengikuti perkembangan dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas. Sehingga tidak membuat siswa berupaya melarikan diri karena jenuh.

“Kegiatan yang seringkali menjengkelkan bagi guru di dalam kelas, adalah siswa yang kurang memperhatikan, membuat kegaduhan, membolos, berkelahi, bully antarsesama dan sebagainya. Kondisi ini diperparah lagi dengan lamanya waktu duduk di kelas yang penuh dengan sekat di empat sisi,” ungkapnya.

Terpisah, seorang guru MTs Al-Kautsar, Elsye Sulistyowati menilai, pengaplikasian el-learning perlu dukungan dari sekolah, mulai dari saran dan prasarananya.  “Kalau menyesuaikan perkembangan zaman memang sudah seharusnya menggunakan e-learning. Guru-guru pun memang saat ini dituntut untuk melek IT. Tapi kalau tidak ada sosialisasi penerapan e-learning atau soal pengoperasian IT, tentu akan mempersulit, terutama bagi guru-guru yang sudah lama,” paparnya. (fir)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Babinsa Dilingkungan Kodim 0608 Cianjur Ikuti Tes Urine

Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan ASN di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur mengikuti tes urine di Aula Makodin, Jalan Siliwangi, Senin (11/12/2017).

Aktualita 14 jam yang lalu

Usai Periksa BPBP, Mobil Irda Dicegat

USAI melakukan pemeriksaan terhadap Balai Pengembangan Benih Padi (Cihea), tiba-tiba kendaraan yang ditumpangi tim Inspektorat Daerah (Irda) Jabar dicegat aktivis buruh tani. Ada apa?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Berlangsung hingga Februari 2018, Waspadai Cuaca Ekstrem

AWAS! Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2018. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad…

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Ini Nasib Buruh PT Ikon Garmindo

 BISA merasakan manisnya upah hasil keringat bekerja, sepertinya menjadi hal yang paling sulit bisa dirasakan ratusan buruh PT Ikon Garmindo, pabrik milik pengusaha asal Korea di Cianjur yang saat ini…

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Pemda Kesulitan Atasi Lonjakan Harga Elpiji Bersubsidi

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan mengatasi lonjakan harga elpiji bersubsidi (Gas ukuran 3 Kg) yang saat ini tengah terjadi di wilayah Cianjur.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Das Citarum Segera Dibersihkan

GIAT kerjabakti membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam waktu dekat akan digelar pihak TNI, menyusul adanya intruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…