Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Peredaran Narkoba di Cianjur Diduga Dikendalikan dari Dalam Lapas

Kapolres:Sejumlah Tersangka Mengaku Mendapatkan Narkoba dari Napi

Angga Purwanda

Rabu, 28 Februari 2018 - 20:47 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - SATUAN Reserse Narkoba Polres Cianjur untuk kesekian kalinya mengungkap peredaran narkoba yang diduga dikendalikan dari dalam jeruji penjara.

Kini empat orang pengedar dan penyalahguna narkoba jenis sabu-sabu dan daun ganja kering berhasil diciduk jajaran Sat Res Narkoba Polres Cianjur, di tempat dan waktu berbeda.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH, didampingi Kasat Res Narkoba, AKP Indra Sani, mengatakan, pengungkapan peredaran dan penyalahgunaan narkoba itu berkat informasi masyarakat yang aktif terlibat dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan barang haram itu.

“Bulan ini kami berhasil menangkap empat orang pengedar dan penyalahguna narkoba. Dari tangan para tersangka tersebut, ikut diamankan narkoba jenis daun ganja kering seberat lebih kurang 400 gram, dan sabu-sabu seberat 43,36 gram,” kata Soliyah, kepada wartawan, Rabu (28/2/2018).

Keempat tersangka masing-masing berinisial UM. Tersangka ditangkap pada 13 Februari di rumahnya di Kecamatan Cikalongkulon dengan barang bukti dua paket ganja kering seberat 342,30 gram dan 27,98 gram. Penangkapan kedua dilakukan terhadap AL pada 22 Februari dengan barang bukti paket ganja kering seberat 26,57 gram yang tersimpan di saku celananya.

"Pada 19 Februari anggota kami juga menangkap tersangka AF alias Badut yang memiliki paket sabu-sabu seberat 35,37 gram. Barang bukti itu merupakan hasil penggeledahan di rumah tersangka di Cipanas. Terakhir kami menangkap tersangka berinisial RD pada 24 Februari dengan barang bukti sabu-sabu seberat 7,99 gram," ujar Soliyah.

Soliyah menyebutkan salah seorang tersangka mengaku mendapatkan barang haram itu dari seseorang yang berada di dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas). Namun tersangka tak menyebutkan identitas oknum di dalam lapas itu. "Nomor telepon tersangka diperoleh dari Facebook," sebutnya.

Soliyah mengaku akan mendalami indikasi dikendalikannya peredaran narkoba dari dalam lapas dengan cara menyelidikinya. Nanti jajaran Satuan Narkoba berencana melakukan penggeledahan dan razia di dalam lapas.

"Sudah beberapa tersangka yang kami tangkap mengaku dikendalikan dari dalam lapas. Nanti kami akan koordinasi dengan kalapas untuk menindaklanjutinya," tegasnya.

Keempat tersangka dijerat pasal 114 ayat 1 juncto pasal 111 Undang-Undang Nomor 35/2009 tentang Narkotika dan Pasal 114 ayat 2 subsidair Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35/2009 tentang Narkotika. "Ancaman hukumanya di atas lima tahun," tandasnya.

Sebelumnya, narapidana di Lapas Kelas II B Kabupaten Cianjur, diduga masih mengendalikan narkoba. Indikasi itu terungkap setelah Satuan Narkoba Polres Cianjur menangkap tiga tersangka jaringan narkoba dengan barang bukti sabu-sabu seberat hampir 52,21 gram."Dari pengakuan tersangka, informasinya memang ada yang mengendalikan (dari lapas). Jadi, nomor handphone yang didapat dari yang memberikan informasi keberadaaan sabu-sabu itu dulunya kenalan di lapas. Siapa yang mengendalikan dari lapas, masih dalam penyelidikan," kata Kapolres Cianjur AKBP, Soliyah didampingi Kasatnarkoba AKP, Indra Sani. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 4 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 4 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 6 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 6 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Aktualita 23/04/2018 08:00 WIB

Mimpi Besar Bupati yang Kontroversial

PEMINDAHAN ibu kota Cianjur ke wilayah Kecamatan Campaka rupanya merupakan rencana besar Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, setelah beberapa bulan berhasil menduduki tahta pemerintahan Kabupaten Cianjur.…

Aktualita 23/04/2018 07:55 WIB

Dunia Terbalik Ala Pemkab Cianjur

SETELAH heboh dengan Megaproyek Campaka yang melabrak aturan dan untuk pertama kalinya terjadi banjir di kawasan perkotaan, kini masyarakat Cianjur kembali dibuat heboh dengan adanya pemandangan pesawahan…

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…