Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Tak Puas Hasil Pilkada, Massa Ontrog KPU

Angga Purwanda

Rabu, 28 Februari 2018 - 20:49 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - SIMPATISAN salah satu pasangan calon Pilkada serentak ontrog Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur. Ratusan massa itu memprotes hasil pemungutan suara.

Awalnya, aksi yang dikawal kepolisian dari Polres Cianjur itu berjalan tertib. Namun, merasa aspirasinya tidak ditanggapi massa berubah menjadi anarkis. Tak mau aksi anarkis massa meluas, jajaran Polres Cianjur mencoba menghalau para pendemo dengan menerjunkan Personel Pengendali Massa (Dalmas) lanjutan.

Massa bisa dibubarkan ketika mobil water canon turun tangan. Sejumlah provokator diamankan tim khusus (Timsus) dan massa yang terluka dibawa mobil ambulans ke rumah sakit.

Situasi itu merupakan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam apel kesiapan pengamanan pilkada serentak sekaligus Satgas Tripatra di Lapang Prawatasari, Joglo, Rabu (28/2/2018) pagi.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH mengatakan, kegiatan itu merupakan persiapan penagamanan dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar dalam waktu dekat.

“Kegiatan ini juga untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa TNI dan Polri siap mengamankan jalannya pilkada. Ini skenarionya sudah sesuai SOP. Sekaligus juga melaksanakan Tripatra yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Brimbo," kata Soliyah, kepada wartawan, usai kegiatan, Rabu (28/2/2018).

Untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan, lanjut Soliyah, dari sekarang Polri dan TNI patroli bersama dan cipta kondisi. Termasuk Satgas Nusantara dari Bhabinkamtibmas yang melaksanakan kegiatan bersama masyarakat. "Misalnya melaksanakan salat Subuh bersama. Sekarang sudah masuk dalam tahap kampanye, kami siap mengawal dan mengamakan kampanye," tuturnya.

Soliyah mengimbau masyarakat agar selalu menjaga diri sendiri dan tidak mudah terprovokasi isu-isu tak benar. Jika mendapatkan isu dan informasi yang belum pasti, Soliyah menyarankan agar konfirmasi terlebih dulu ke aparat kepolisian di polsek terdekat atau kepada bhabinkamtibmas. "Dikhawatirkan ada kelompok-kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi hingga menjadi tak kondusif. Intinya kita TNI dan Polri memiliki persamaan persepsi untuk selalu mengawal semua kegiatan pesta demokrasi ini," tegasnya.  

Untuk kerawanan wilayah, Soliyah mengaku, masih memetakannya. Tapi ia menjamin semua TPS di Kabupaten Cianjur aman dan kondusif. "Kita nanti akan siapkan pengamanan dengan menempatkan personel di setiap TPS saat pemungutan suara hingga selesai penghitungan suara. Insya Allah di Cianjur tidak ada TPS yang rawan konflik," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…